Ciri-ciri Orang yang Hendak Bersalin yang Jarang Diketahui Pahami tanda-tanda bersalin. (Foto: Pixabay/StockSnap)

BUNDA sedang menantikan harinya lahiran? Pastikan untuk menyiapkan banyak kebutuhan ya. Tidak semua ibu menghadapi persalinan dengan cara yang sama. Bisa jadi karena kondisi ksehatan janin yang berbeda-beda, atau lingkungan keluarga yang berbeda dalam memberikan edukasi kehamilan. Meskipun begitu, beberapa hal penting pastinya sudah siap untuk menyambut si kecil.

Melansir dari whattoecpect.com, ibu yang sedang hamil pertama kali pastinya diselimuti rasa khawatir. Menunggu hari sampai persalinan terasa sangat berat. Banyak persiapan yang harus dilakukan agar kenyamanan bayi dan ibu selepas masa persalinan terjaga. Bacaan referensi mengenai ciri-ciri akan melahirkan sudah habis terbaca. Tetapi sebenarnya ada ciri-ciri yang jarang orang ketahui.

Baca Juga:

Benarkah Gula Meningkatkan Risiko Diabetes?


1. Diare

hami
Perhatikan bila terjadi diare. (Foto: Pixabay/freestocks-photos)


Ketika mendekati masa persalinan, posisi bayi akan semakin turun mendekati serviks. Dalam posisi ini tubuh bayi akan menyenggol syaraf kemih dan rektum sehingga terjadi rangsangan terus menerus. Kamu akan mulas dan buang air besar terus menerus hingga diare. Kalau kamu belum merasakan kontraksi tetapi diare selama satu minggu penuh, bisa jadi bayimu sudah siap lahir.

2. Keputihan Berdarah

hamil
Hati-hati bila keluar lendir atau keputihan. (Foto: Pixabay/nguyentungson)


Keluar lendir atau keputihan dengan jumlah banyak merupakan hal yang umum terjadi menjelang persalinan. Tetapi kalau sampai dibarengi dengan bercak darah berarti miss v sudah mengalami bukaan awal. Flek darah bisa menjadi indikasi awal persalinan atau pertanda buruk. Sebaiknya kamu cepat-cepat kontrol ke dokter kandungan.

Baca Juga:

Tanaman Ini Baik untuk Kesehatan, Bahkan Melawan Penyakit Kritis


3. Nyeri Tulang

hamil
Bila badan pegal bisa jadi sebentar lagi bersalin. (Foto: Pixabay/pedroserapio)

Tulang semakin nyeri, pinggang pun semakin sakit. Tidak melakukan aktivitas apapun saja badan rasanya pegal. Bisa jadi sebenarnya tubuhmu sedang mempersiapkan area rahim untuk mengeluarkan bayi. Kalau sudah begini buru-buru datang ke rumah sakit ya!


4. Kontraksi Terus Menerus

hamil
Sering kontraksi bisa jadi sudah mendekati masa persalainan. (Foto: Pexels/Pixabay)


Isu seputar kontraksi memang agak rancu. Dunia kesehatan pun mengakui adanya kontraksi palsu yang sering dialami oleh ibu menjelang masa persalinan. Tetapi ada baiknya kamu tetap kontrol karena bisa jadi kontraksi tersebut benar-benar pertanda lahiran. Jangan sampai telat menangani proses persalinan ya karena akibatnya bisa fatal. (mar)


Baca Juga:

Pemilihan Waktu Tidur yang Tepat Bisa Membakar Lemak? Ini Penjelasannya


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH