Lima Cedera Paling Sering Menimpa Pegolf Pemula Salah mengayun pukulan menjadi penyebab paling umum pegolf pemula cedera. (Unsplash-Courtney Cook)

MENIKMATI sabana, ayunan tongkat, lontaran bola, dan hanya berinteraksi dengan segelintir orang membuat olahraga golf marak diminati di masa pandemi.

Olahraga nan mengambil inspirasi dari penggembala di Skotlandia menunggu kala senggang dengan memukul batu kecil dengan tokat mengarah lubang sarang kelinci tersebut sedang digemari di masa pandemi karena dilakukan di area terbuka luas sehingga memungkinkan para pemain melakukan jaga jarak.

Baca juga:

Menikmati Keindahan Pantai Sambil Bermain Golf di The Sanchaya

Golf, semula dicap sebagai olahraga high-class sekaligus medium bagi para pebisnis melancarkan agenda bisnis, mendadak populer sampai digemari anak-anak muda.

Meski begitu, bagi para pemula musti hati-hati saat akan mencoba bermain golf. Kamu tentu enggak harus menjadi pemain golf profesional untuk merasakan cedera, sebab bermain golg butuh tenaga, keterampilan, dan ketekunan ekstra.

Sebelum mencoba merumput mengayun pukulan, sebaiknya kenali lima cedera paling umum terjadi saat bemain golf seperti dikutip golfchannel.com, berikut.

1. Sakit Punggung

golf
Ayunan pukulan keliru memperparah cedera. (Unsplash-Erik Brolin)

Saat mengayunkan pukulan, pemain golf membutuhkan tumpuan kuat agar pukulan stabil. Rotasi ayunan dapat memberi tekanan cukup besar pada tulang belakang dan otot. Ditambah fakta pegolf menghabiskan empat hingga lima jam dalam posisi membungkuk, kemudian mengulangi gerakan serupa berkali-kali. Enggak heran jika bermain golf dapat menyebabkan ketegangan ringan di punggung, bahkan beberapa kasus sampai cedera parah.

Sebaiknya, sebelum memulai, perlu dilakukan peregangan dan penguatan punggung secara intensif untuk mengantisipasi terjadi ketegangan bahkan cedera punggung.

2. Inflamasi Tendon

Golf
Perlu peregangan ekstra sebelum mulai bermain golf. (Unsplash-Steven Shircliff)

Tendinitis atau iritasi dan radang jaringan tendon merupakan kondisi paling umum terjadi di bagian siku pada pegolf.

Kondisi cedera di bagian tendon luar biasa disebut "Tennis Elbow", sementara bila terjadi di bagian dalam disebut "Golfers Elbow". Cedera tersebut memang khas pegolf sehingga disematkan istilah tersebut.

Namun, para pegolf justru lebih sering mengalami "Tennis Elbow".

Baca juga:

Lapangan Golf Terbaik di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Risiko terkena tendinitis meningkat seiring bertambahnya usia ditambah lagi akan semakin tinggi potensinya terjadi pada orang dengan kegiatan rutin dan berulang di bagian tendon, seperti pegolf. Cedera sering diperburuk lantaran gerakan mengayun tidak tepat.

3. Nyeri Lutut

golf
Jika kesalahan dilakukan berulang akan menimbulkan cedera parah, (Unsplash-Mick de Paola)

Bukan cuma inflamsi tendon, akibat salah mengayun pukulan juga bisa mengakibatkan nyeri lutut. Ketegangan di bagian lutu akibat tak tepat menstabilkan perputaran sumbu pinggul saat awal ayunan pukulan bisa menyebabkan nyeri lutut.

Bahka, bila tekanan besar terjadi di area lutut bisa mengakibatkan ligamen robek.Penderita artritis mungkin mengalami lebih banyak masalah lutut. Pengobatan nyeri lutut sepenuhnya bergantung pada penyebab masalahnya. Jadi jika mengalami gejala di area lutut, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Peregangan, istirahat, dan kompres es untuk meredakan peradangan dapat membantu meringankan gejala.

4. Robekan Rotator

Golf
Sakit di bahu dan lengan atas biasa dirasakan pegolf pemula di awal bermain. (Unsplash-David Goldbury)

Bagi para pemain golf pemula, nyeri di bagian bahu atau lengan atas biasa dianggap sebagai 'salam kenal'. Namun, bila nyeri tersebut berlangsung terus-menerus dan mengganggu kegiatan atau gerak di bagian bahu atau lengan atas, berkemungkinan besar terjadi reobekan rotator.

Cedera pada rotator dapat terjadi karena kekuatan traumatis akibat ayunan saat memukul buruk, membentur akar atau batu, mengambil divot dalam, dan berlebihan. Pegolf dapat mengalami tendinitis, bursitis, dan robekan pada rotator karena gerakan berulang dari ayunan golf apalagi jika dilakukan dengan tidak benar. Cedera rotator biasanya ditanggulangi dengan obat anti inflamasi. Sebaiknya, pegolf pemula modifikasi ayunan pukulan dan dikombinasikan dengan pengkondisian kekuatan sehingga dapat mengurangi gejala dan mencegah cedera lebih lanjut.

5. Cedera Pergelangan Tangan

Golf
Sebaiknya didampingi pelatih agar meminimalisasi kesalahan bermain golf. (Unsplash-Luis Villasmil)

Gerakan ayunan pukulan saat bermain golf berulang-ulang, dan kecepatan tinggi dari ayunan dapat membuat pergelangan tangan berisiko tinggi mengalami cedera.

Nyeri di bagian atas pergelangan tangan sering terjadi saat ayunan pukulan ke atas, belakang, atau terjadi benturan.

Cedera pergelangan tangan paling umum saat bermain golf, meliputi tendinitis, atau pembengkakan pada tendon di pergelangan tangan. Banyak cedera pergelangan tangan, serta cedera terkait golf lainnya, dapat dicegah dengan program pengkondisian khusus golf pra-musim atau bagi para pemula harus diperbanyak pemanasan dan peregangan di area tersebut. Paling penting, belajar dengan pelatih terbaik. (*)

Baca Juga:

Nike Tebar Inspirasi Semangat Berolahraga Kembali Lewat Film 'You Can't Stop Us'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Gandeng Penulis Baru, Marvel Garap Deadpool 3
ShowBiz
Gandeng Penulis Baru, Marvel Garap Deadpool 3

Kemampuan Molyneux bersaudara tidak perlu diragukan lagi.

Microsoft dan Apple Kerja Bareng untuk Bikin Controller Xbox
Fun
Microsoft dan Apple Kerja Bareng untuk Bikin Controller Xbox

Akan tersedia bagi para pengguna dalam pembaruan yang akan datang.

Netflix Hadirkan 90 Film Pada Mei
Fun
Netflix Hadirkan 90 Film Pada Mei

Dari film orisinal Netflix, hingga dokumenter siap tayang di Netflix pada Mei.

Waktunya Berburu Denim di Wall Online Fades 2021
Fashion
Waktunya Berburu Denim di Wall Online Fades 2021

Menghadirkan item kolaborasi dan potongan harga menarik.

Museum Godzilla Pertama Dibuka di Jepang
Travel
Museum Godzilla Pertama Dibuka di Jepang

Bisa terbang di atas Godzilla.

Lakukan Teknik Pernapasan ini untuk Atasi Rasa Cemas
Fun
Lakukan Teknik Pernapasan ini untuk Atasi Rasa Cemas

manusia kini hidup pada masa di mana sangat normal untuk mengalami serangan depresi, kecemasan, dan stres.

Warna Metalik Tadashi Shoji di Pekan Mode New York
Fashion
Cyberpunk 2077 akan Kembali ke PlayStation Store
Fun
Cyberpunk 2077 akan Kembali ke PlayStation Store

Developer mengatakan bahwa banyak perbaikan dalam game ini.

Rossa Garap Single 'Wanita' Dengan Teknologi Canggih
ShowBiz
Rossa Garap Single 'Wanita' Dengan Teknologi Canggih

Single 'Wanita' akan hadir di Apple Music dengan menggunakan teknologi spatial audio

Kerap Dimanjakan, Anjing Bisa Alami Kecemasan
Fun
Kerap Dimanjakan, Anjing Bisa Alami Kecemasan

beberapa anjing memang menderita kecemasan.