Kebiasaan Cek Ponsel saat Bangun Tidur Ternyata Enggak Baik Kebiasaan yang Ternyata buruk bagi kesehatan. (Foto: Medium)

SEBAGIAN orang di dunia beranggapan bahwa ponsel adalah salah satu benda paling penting dalam hidup mereka. Bahkan tak heran ketika kita bangun tidur benda yang pertama kali dicari adalah ponsel. Entah itu untuk mematikan alarm, melihat jam, atau melihat pesan masuk dan kemudian membalasnya. Hal ini dilakukan mulai dari kalangan pelajar hingga para pekerja kantoran. Bisa jadi, kebiasaan tersebut dilakukan karena berhubungan dengan pekerjaan.

Ternyata di balik kebiasaan itu menyimpan dampak buruk bagi tubuh, otak, dan aktivitas sepanjang hari. Kehadiran ponsel bisa menjadikannya sebagai 'pelayanan' yang baik, tetapi juga bisa menjadi buruk. Terlepas dari manfaatnya, sebagian besar orang bahkan tidak memiliki kendali atas penggunaan ponsel mereka masing-masing yang berdampak pada kesehatan mental.

Baca juga:

Bangun Tidur Kepala Terasa Berat? Bisa Jadi Kamu Waswas

Dilansir dari laman Medium, sebuah studi dari International Data Corporation (IDC) mengatakan bahwa 80 persen pengguna ponsel akan memeriksa perangkat mereka selama 15 menit sejak bangun setiap pagi, dan itu menjadi masalah besar. Lalu, apa penyebabnya jika kita sering membuka ponsel setelah bangun tidur? Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan stres dan kecemasan

Kebiasaan Cek Ponsel saat Bangun Tidur Ternyata Enggak Baik
Dr. Nikole Benders-Hadi. (Foto: YouTube/KGUN9)

Ketika kamu bangun dan langsung melihat ponsel, tanpa disadari kamu akan tertekan ketika melihat pesan atau pemberitaan negatif lainnya yang ada di notif. Hal ini kemudian akan menyebakan munculnya stres dan rasa cemas.

Rangsangan eksternal yang diberikan ponsel tidak memberi waktu dan ruang untuk memulai hari dengan tenang. Menurut salah satu psikiater, Dr. Nikole Benders-Hadi, saat bangun tidur dan langsung memeriksa ponsel akan berpotensi meningkatkan stres dan membuatmu kewalahan.

Selain itu, sebuah penelitian dari University of Gothenburg di Swedia mengemukakan bahwa frekuensi tinggi dalalm ponsel terikat langsung dengan peningkatan depresi, baik pada pria maupun wanita.

Jadi, jika kamu tidak ingin seperti itu, berhentilah memeriksa ponsel saat bangun tidur. Sebaliknya, cobalah sesuatu yang membuat pikiranmu menjadi lebih rileks dan tenang di pagi hari.

Baca juga:

Parahnya Bahaya dari Tidur Kelamaan, Bikin Kamu Cepat-cepat Bangun

2. Banyak menyita waktu dan perhatian

Kebiasaan Cek Ponsel saat Bangun Tidur Ternyata Enggak Baik
Menyita perhatian untuk orang lain. (Foto: India)

Ketika memeriksa media sosial, e-mail, atau notifikasi lainnya langsung sesaat bangun tidur tanpa disadari itu akan banyak menyita waktu dan perhatianmu. Dengan kata lain, pikiranmu sibuk dengan agenda orang lain, bukan milikmu sendiri.

Kamu dipaksa untuk bereaksi terhadap aktivitas orang lain. Kamu juga akan membuang waktu beberapa menit hanya untuk bermain ponsel. Tanpa disadari, kamu harus bergegas untuk kembali bekerja.

Lakukan aktivitas lain yang dapat merangsang otak, seperti membaca, membuat jurnal, meditasi, atau meluangkan waktu untuk sarapan. Kegiatan tersebut akan membuat kita jauh dari stres dan lebih produktif sepanjang hari.

3. Mengganggu produktivitas

Kebiasaan Cek Ponsel saat Bangun Tidur Ternyata Enggak Baik
Hari-harimu menjadi kurang produktif. (Foto: Pixabay/nastya_gepp)

Pernahkah kamu melihat pesan negatif di ponsel saat bangun tidur? Dr. Nikole Benders-Hadi mengatakan bahwa informasi yang didapat ketika bangun tidur hanya dapat menganggu dan mengacaukan produktivitas sepanjang hari. Pikiranmu menjadi berat karena harus menyelesaikan pekerjaan hari ini.

Salah satu cara yang bisa mengurangi efek negatif ponsel saat bangun tidur adalah dengan mengaktifkan mode pesawat atau mematikan data seluler. Dengan begitu, ketika kamu melihat ponsel tidak ada pemberitahuan yang masuk. Kamu bisa menonaktifkannya kembali ketika kamu siap menjalani hari. (And)

Baca juga:

Kegiatan Sebelum Tidur yang Perlu Kamu Hindari agar Tubuh Tetap Fit



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH