Kuliah Sambil Jadi Relawan Bisa Kok Kuliah sambil jadi relawan membuat kamu bermanfaat untuk orang lain. (Foto: Unsplash/Mikhail Nilov)

KUPU-kupu itu cantik, bisa terbang pula. Tapi kalau kamu jadi kupu-kupu versi mahasiswa negeri aing, alias kuliah-pulang kuliah-pulang, rugi banget deh. Sebab, ada banyak kegiatan berfaedah yang bisa kamu lakukan selain menimba ilmu dari dosen.

Namun, di tengah pandemi ini tentu kamu tidak merasakan pengalaman belajar di kelas langsung demi mencegah penyebaran COVID-19. Otomatis kamu tidak jadi kupu-kupu karena pada dasarnya kamu memang sudah di rumah terus. Otomatis agenda mahasiswa kamu cuma kelas lewat zoom saja terus molor. Makin gabut dong ya.

Baca juga:

Bolos Sekolah Belum Tentu Anak Salah

Nah, biar profesi kamu sebagai mahasiswa lebih bermanfaat selama pandemi kenapa tidak jadi relawan saja. Banyak kegiatan sosial di masa pandemi ini, terutama untuk menyalurkan donasi kepada korban imbas COVID-19.

Selain bisa menjadi penyalur kebaikan, relawan juga bisa menjadi wadah untuk bersosialisasi. Melalui organisasi sosial tersebut tentu akan memberikan kamu banyak pengalaman dan pelajaran hidup.

Bisa banget kok kuliah sambil jadi relawan tanpa mengganggu pelajaran. Biar gak keteteran jadi relawan sekaligus kuliah di masa pandemi ini, aplikasi pendidikan ini punya tipsnya, antara lain:

1. Membuat skala prioritas

Utamakan kegiatan penting dulu. (Foto: Pexels/cottonbro)

Skala prioritas bisa membantu dalam mengorganisir tugas. Selain itu juga dapat mengantisipasi penundaan tugas yang terlalu banyak. Prioritas bisa ditentukan melalui pekerjaan yang penting dan mendesak, penting namun tidak mendesak, mendesak namun tidak penting, serta tidak penting dan tidak mendesak.

Setelah membagi prioritas tersebut nantinya akan lebih mudah menentukan pekerjaan mana yang bisa dikerjakan terlebih dahulu.

2. Membuat jadwal

Catat semua tugas secara rinci. (Foto: Unsplash/Renata-Adrienn)

Penting pula untuk mencatat tugas secara rinci sebagai relawan sekaligus mahasiswa. Catatan dan tenggat waktu yang dibuat akan memudahkan pengerjaan tugas tanpa ada satupun yang terlewat. Pembuatan jadwal tersebut bisa dilakukan pada buku jurnal maupun ponsel.

Baca juga:

Meja Sekolah Jadi Arena Psywar Anak Pagi Versus Siang

3. Hentikan kebiasaan menunda

Kerjakan semuanya, jangan ditunda. (Foto: Unsplash/Jordan Opel)

Kamu harus membuat komitmen untuk tidak menunda pekerjaan. Tanggung jawab kamu tidak hanya pada diri sendiri, namun juga pada tim relawan atau perusahaan. Penundaan pekerjaan tentu akan merusak rencana dan jadwal yang sudah dibuat.

Rencana dan jadwal yang berantakan nantinya akan memengaruhi hasil akhir atau mengganggu pekerjaan dari tim relawan lainnya. Maka dari itu, ada baiknya untuk mulai melakukan manajemen waktu diri sendiri.

4. Jalin komunikasi dengan tim relawan

Komunikasi harus terus terjaga. (Foto: Pexels/Pixabay)

Dalam kegiatan menjadi relawan perlu adanya komunikasi dengan tim mengenai tanggung jawab masing-masing. Komunikasi dengan leader divisi atau anggota tim mengenai jadwal pengerjaan tugas relawan serta tugas pribadi. Jangan sampai kegiatan pribadi mengganggu atau menghambat tugas teman lain di divisi tersebut.

Komunikasikan pula bila membutuhkan bantuan anggota lain di tim atau bahkan menawarkan bantuan teman satu tim, sehingga seluruh tugas divisi juga dapat terselesaikan dengan baik.

Kamu bisa menjadi relawan mulai dari memberi donasi atau menggalang dana melalui ruangpeduli.org untuk pendidikan Indonesia yang lebih berkualitas. Jangan lupa juga ya kalau ada kegiatan relawan yang mengharuskan kamu keluar rumah, selalu patuhi protokol kesehatan COVID-19. (ikh)

Baca juga:

PPDB Daring Meminimalisasi 'Bangku Kosong' Negeri Aing

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Batavia Diambil dari Nama Suku Germanik
Fun
Batavia Diambil dari Nama Suku Germanik

Batavia didirikan di pelabuhan bernama Jayakarta yang direbut dari kekuasaan Kesultanan Banten oleh Jan Pieterszoon Coen.

Sebar Foto Korban Kecelakaan di Media Sosial Bagian dari Gangguan Psikologis
Fun
Sebar Foto Korban Kecelakaan di Media Sosial Bagian dari Gangguan Psikologis

Foto-foto kecelakaan Vanessa Angel tersebar di sosial media.

Adapatasi 5 Cara Agar Hidup Lebih Bermakna di 2022
Fun
Adapatasi 5 Cara Agar Hidup Lebih Bermakna di 2022

Hidup bermakna bukan hanya untuk diri sendiri tapi untuk orang-orang di sekitar.

Mengintip 'Bocoran' Fitur iPhone 14
Fun
Mengintip 'Bocoran' Fitur iPhone 14

Ada beberapa fitur yang tak akan hadir di iPhone 14.

Tips Anti-Gagal Jalin Asmara Lewat Aplikasi Kencan Online
Hiburan & Gaya Hidup
Tips Anti-Gagal Jalin Asmara Lewat Aplikasi Kencan Online

Harus berhati-hati dalam mencari pasangan di aplikasi kencan online.

‘Aquaman 2’ Resmi Punya Judul Baru
ShowBiz
‘Aquaman 2’ Resmi Punya Judul Baru

Para pemeran akan kembali mengulangi perannya.

AMI Awards 2021 Siap Diramaikan Musisi Ternama Tanah Air
Fun
AMI Awards 2021 Siap Diramaikan Musisi Ternama Tanah Air

AMI Awards tayang 15 November pukul 18.00 WIB.

Pesohor Dunia yang Santuy Liburan di Indonesia
Fun
Pesohor Dunia yang Santuy Liburan di Indonesia

Indonesia punya keindahan alam yang enggak main-main!

Pacaran Sama Janda atau Duda? Begini Tipsnya Biar Enggak Canggung
Fun
Pacaran Sama Janda atau Duda? Begini Tipsnya Biar Enggak Canggung

Begini tipsnya agar tetap langgeng dan romantis.