Krisis Energi, Spanyol Batasi Temperatur AC Minimal 27 Derajat Spanyol terapkan kebijakan penggunaan energi. (Foto: Unsplash/Dan LeFebvre)
  1. SAAT ini negara-negara Eropa tengah bergulat dengan musim panas yang terik dan harga bahan energi yang meroket. Menanggapi isu krisis itu, Spanyol kini menjadi salah satu negara yang mengatur warganya untuk lebih bijak menggunakan AC atau pendingin ruangan, lapor The Verge.

Sebuah dekrit yang diterbitkan pada Selasa pagi dalam lembaran negara resmi dan dijadwalkan mulai berlaku minggu depan, mengamanatkan agar pendingin ruangan di tempat-tempat umum diatur minimal 27 derajat Celcius. Selain itu, dekrit meminta masyarakat agar menutup pintu secara rapat-rapat demi menjaga ruangan tetap dingin dan menyelamatkan energi.

Tempat-tempat umum yang diatur dalam dekrit tersebut antara lain perkantoran, pertokoan, bar, teater, bandara, dan stasiun kereta api. Keputusan tersebut juga kemudian diperpanjang sebagai rekomendasi untuk semua rumah tangga di Spanyol.

Aturan itu juga termasuk mempertahankan alat pemanas maksimal 19 derajat Celcius di musim dingin dan akan tetap berlaku setidaknya hingga November 2023.

Baca juga:

Dari Jepang hingga Spanyol, Berikut Sup Favorit di Seluruh Dunia

Krisis energi dorong pemerintah Spanyol buat kebijakan penggunaan energi. (Foto: Unsplash/Ashkan Forouzani)

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sánchez telah menyatakan secara terbuka bahwa negaranya sangat perlu menghemat energi, bahkan mendorong pekerja kantor untuk tidak menggunakan dasi agar tetap merasa sejuk tanpa menggunakan bantuan pendingin ruangan.

“Saya sudah meminta para menteri dan bos sektor publik dan swasta untuk tidak memakai dasi kecuali diperlukan,” katanya dalam konferensi pers pekan lalu.

Di samping saran ringan, negara-negara Eropa berusaha keras untuk mengurai dua masalah besar, yakni panas terik yang meningkatkan permintaan energi dan konflik politik yang memperumit pasokan energi. Negara-negara seperti Spanyol menghadapi tekanan yang meningkat untuk tidak bergantung pada gas yang dipasok oleh Rusia di tengah konflik Rusia dengan Ukraina.

Sebelum Spanyol, Yunani dan Italia telah mengumumkan langkah serupa bulan lalu untuk membatasi penggunaan energi yang sama saat mendinginkan ruangan umum, hingga mengharuskan AC disetel ke minimal 27 derajat Celcius atau lebih tinggi.

Baca juga:

Insinyur Spanyol ini Membuat Air Minum dari Udara

Isu iklim di Eropa meningkat drastis. (Foto: Unsplash/Dan LeFebvre)

Perancis telah memerintahkan tempat umum untuk menyetel termostat lebih tinggi di musim panas dan lebih rendah di musim dingin, dan akan mendenda tempat bisnis ber-AC €750 (Rp 11,4 juta) jika mereka membiarkan pintu terbuka.

Kota Hanover, Jerman, telah melarang penggunaan unit pendingin udara bergerak dan pemanas kipas di berbagai tempat selain di rumah sakit dan sekolah. Namun tidak semua orang setuju dengan kebijakan itu.

Pasalnya, Presiden wilayah Madrid Isabel Díaz Ayuso mengunggah cicitan, yang menyatakan bahwa Madrid tidak akan mematikan atau mengurangi pendingin ruangan mereka. Langkah itu dinilai menghasilkan ketidakamanan dan menakut-nakuti pariwisata hingga konsumsi. (waf)

Baca juga:

Menuju ‘New Normal’, Spanyol Terapkan Tahapan Transisi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Biarkan Dilan yang Menanggung Rindu
Fun
Kebiasaan Buruk Perempuan yang Bikin Laki-Laki Kabur
Fun
Kebiasaan Buruk Perempuan yang Bikin Laki-Laki Kabur

Biasa dilakukan perempuan yang membuat pria kesal.

'Teluk Alaska', Serial Percintaan Remaja Masa Kini
ShowBiz
Venture Builder Siap Bangun Startup Berbasis Teknologi
Fun
Venture Builder Siap Bangun Startup Berbasis Teknologi

Teknologi penting untuk memproyeksikan Indonesia di masa depan.

Susul Adele, Album Soundtrack 'Encanto' Rajai Billboard 200
ShowBiz
Susul Adele, Album Soundtrack 'Encanto' Rajai Billboard 200

Salah satu soundtrack Encanto adalah We Don't Talk About Bruno.

Perlengkapan New Normal Karya Anak Bangsa di GIIAS 2021
Hiburan & Gaya Hidup
Perlengkapan New Normal Karya Anak Bangsa di GIIAS 2021

Sebuah perusahaan rintisan anak bangsa dipercaya menjadi official Safefty Protocol Partner di GIIAS 2021.

Menciptakan Rumah yang Nyaman untuk Pasien Kanker
Fun
Menciptakan Rumah yang Nyaman untuk Pasien Kanker

Diagnosis dan pengobatan kanker dapat membebani pasien dan keluarga yang merawatnya.

Ponsel Android dengan Chipset Unisoc Jadi Sasaran Peretas
Fun
Ponsel Android dengan Chipset Unisoc Jadi Sasaran Peretas

Terdapat celah keamanan pada android dengan chipset unisoc.

2 Film Fajar Nugros Unjuk Gigi di BIFAN
ShowBiz
2 Film Fajar Nugros Unjuk Gigi di BIFAN

Fajar Nugros memberikan kontribusi baik bagi perfilman Indonesia.