Dari Jepang hingga Spanyol, Berikut Sup Favorit di Seluruh Dunia Bouillabaisse sup khas Prancis. (Foto: Pixabay/ailinder)

SUP merupakan makanan berkuah dari kaldu. Sajian yang biasanya berisi daging, sayuran, dan kacang-kacangan ini ditemukan hampir di seluruh dunia dengan berbagai kekhasannya masing-masing.

Sup juga sangat mudah dinikmati dengan berbagai cara. Apakah kamu suka disajikan panas atau dingin, itu sama-sama enak. Dikutip booking.com berikut daftar beberapa sup favorit di dunia.

1. Miso soup, Jepang

Miso soup makanan khas Jepang. (Foto: Pixabay/jyleen21)
Miso soup makanan khas Jepang. (Foto: Pixabay/jyleen21)

Sup miso adalah favorit lama di Jepang sejak zaman kuno. Miso (kacang kedelai fermentasi dan beras) diperkenalkan ke Jepang dari Tiongkok selama periode Asuka (538-710). Bahan dasar biasanya termasuk tahu, lobak, kentang, rumput laut wakame, pasta miso, dan dashi (bahan penting untuk masakan Jepang). Tetapi, resep tersebut bervariasi dari satu daerah ke daerah lain.

2. Bouillabaisse, Prancis

Bouillabaisse merupakan sup khas Prancis. (Foto: Pixabay/mp1746)
Bouillabaisse merupakan sup khas Prancis. (Foto: Pixabay/mp1746)

Di sepanjang Cote d'Azur, kamu akan menemukan bouillabaisse ke mana pun kamu pergi. Hidangan ikan yang dijadikan sup ini berasal dari Marseille. Konon sup ini berawal setelah nelayan lokal perlu menemukan cara untuk menggunakan rockfish yang mereka tidak dapat jual ke restoran atau di pasar.

Sup bouillabaisse terdiri dari kerang makanan laut, bawang putih, minyak zaitun, kunyit, kulit jeruk dan tomat, dengan porsi ikan putih, kerang, udang, dan kadang-kadang langoustine yang dirajam di atasnya. Terakhir ditambahkan saus rouille lada merah dan sebongkah roti kering.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: 6 Negara Ini Jadi Surga Kebab di Dunia, Termasuk Indonesia

3. Laksa, Malaysia

Laksa merupakan makanan yang ditemukan di Asia Tenggara. (Foto: Pixabay/melvinchia)
Laksa merupakan makanan yang ditemukan di Asia Tenggara. (Foto: Pixabay/melvinchia)

Kaksa sebetulnya dapat ditemukan di seluruh Asia Tenggara. Sup ini berasal dari budaya Peranakan dan kamu akan menemukannya dengan jenis yang banyak sekali. Masih-masing peracik dan wilayah bangga dengan resep mereka masing-masing.


4. Borscht, Ukraina

Borscht merupakan makanan sup khas Ukraina. (Foto: Pixabay/ivabalk)
Borscht merupakan makanan sup khas Ukraina. (Foto: Pixabay/ivabalk)

Borscht banyak dimakan di seluruh Eropa Timur. Borscht merupakan sup berbahan dasar bit yang terkenal dengan warnanya yang merah muda. Resep paling terkenal yaitu khas Ukraina, dibuat dari bagian tulang, bit asam (jus bit difermentasi), dan tumis sayuran. Hidangan ini juga ditambahkan bawang putih, bawang merah, ketumbar, cengkeh, cabe rawit, gula dan yoghurt atau krim asam (yang memberikan rona merah muda khasnya) dicampur dan direbus.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: 5 Alasan Medis Kenapa Kamu Sering Merasa Lelah Sepanjang Waktu


5. Clam chowder, AS

Cla chowder merupakan sup khas Amerika Serikat. (Foto: Pixabay/pixel1)
Cla chowder merupakan sup khas Amerika Serikat. (Foto: Pixabay/pixel1)

Clam chowder yang kental, lembut, dan enak tak diragukan lagi telah menjadi andalan di Amerika Serikat sejak 1700-an. Muncul di New England, sajian ini diperkirakan berasal dari pemukim Prancis, Nova Scotian, dan Inggris. Versi New England adalah sup kaldu krim terbuat dari bawang, kentang, kerang, dan pelimpah krim kental.

6. Gazpacho, Spanyol

Gazpacho merupakan sajian sup khas Spanyol. (Foto: Pixabay/tortic84)
Gazpacho merupakan sajian sup khas Spanyol. (Foto: Pixabay/tortic84)

Gazpacho adalah makanan pokok masakan Spanyol. Meskipun ada teori yang saling bertentangan mengenai dari mana asal muasalnya, konsensus umum bahwa sajian ini bermula di Andalusia, Spanyol. Tentara Romawi yang melakukan perjalanan umumnya membawa serta berbagai bahan yang membentuk susunan dasar gazpacho. Pengenalan tomat, mentimun, dan paprika di abad ke-19 membantu gazpacho berkembang menjadi seperti sekarang ini. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Khasiat Kurma untuk Kesehatan, dari Melindungi Otak hingga Vitalitas Pria

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH