Menuju ‘New Normal’, Spanyol Terapkan Tahapan Transisi

Leonard Leonard - Minggu, 17 Mei 2020
Menuju ‘New Normal’, Spanyol Terapkan Tahapan Transisi
(Foto: Unsplash/Thaddaeus Lim)

SETELAH tujuh minggu terkunci, Spanyol mulai 'fase nol' untuk kembali ke kehidupan normal. Minggu ini, pemerintah Spanyol mulai melonggarkan pembatasan dan mengizinkan warga pergi keluar. Itu merupakan bagian 'tahap nol' dari 'rencana untuk transisi ke new normal'. Demikian diwartakan The Local Spain.

Setiap fase dari rencana empat langkah akan berlangsung setidaknya dua minggu. Setelah itu pemerintah akan menentukan apakah negara dapat melanjutkan pelonggaran pembatasan. Jika setiap fase tetap berada pada jalurnya, new normal akan diterapkan pada akhir Juni.

Baca juga:

Paspor ‘New Normal’ bagi Penumpang Pesawat

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dalam pidato yang disiarkan televisi nasional, Selasa (12/5), mengatakan Spanyol akan menuju kenormalan baru secara bertahap dan berdasarkan provinsi atau pulau. Tidak akan ada pergerakan di antara provinsi atau pulau. "Pelonggaran akan bertahap, asimetris, dan terkoordinasi," ujarnya.

1
Warga diizinkan meninggalkan rumah sesuai jadwal tertentu. (Foto: Unsplash/Nick Karvounis)

Fase pertama dari rencana itu memperbolehkan warga meninggalkan rumah mereka, tetapi hanya sesuai dengan waktu yang dijadwalkan, tergantung pada usia mereka. Orang dewasa diizinkan keluar antara pukul 06.00 hingga 10.00 dan pukul 20.00 sampai 23.00. Warga lanjut usia atau sakit diperbolehkan di luar pada pukul 10.00 hingga 12.00 dan pukul 19.00 sampai pukul 20.00.

Sementara itu, anak-anak diizinkan di luar rumah mulai pukul 12.00 sampai pukul 19.00. Namun, mereka hanya diperbolehkan berada di luar selama 1 jam. Selain itu, mereka juga harus ditemani hanya satu orang dewasa yang berasal dari rumah mereka.

Sekitar 300 ribu pekerja 'kurang berpengaruh' diizinkan kembali ke pekerjaan mereka saat fase nol. Usaha kecil sudah mulai dibuka kembali dengan perjanjian. Restoran dibuka untuk take away dan pekerja konstruksi dan renovasi dapat kembali ke gedung mereka.

CNN menyebut atlet profesional juga diperbolehkan melanjutkan pelatihan mereka, meskipun pertandingan dan kompetisi publik masih dilakukan di luar kebiasaan. Bar, restoran, dan sebagian besar bisnis masih dilarang dibuka kembali.

Baca juga:

Pantai Los Angeles Kembali Dibuka, Boleh Olahraga Tapi Tidak Berjemur

2
Atlet profesional diizinkan berlatih.(Foto: Unsplash/Tom Brunberg)

Setelah fase nol, Spanyol akan menerapkan fase satu yang dijadwalkan mulai 11 Mei. Begitu fase itu dimulai, orang Spanyol akan dapat mengunjungi keluarga secara berkelompok hingga 10 orang.

Spanyol melaporkan lebih dari 219.300 kasus COVID-19 dan setidaknya 25.600 kematian, menurut Johns Hopkins University. Itu merupakan jumlah kasus tertinggi kedua setelah AS dengan tingkat kematian tertinggi di dunia.

Minggu ini, Italia juga mulai mengurangi pembatasan. Dalam fase pertama pencabutan pembatasan, warga Italia diizinkan mengunjungi anggota keluarga dan taman umum. (lgi)

Baca juga:

Prancis Mulai Melonggarkan Pembatasan

#MEInang #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Leonard

Bagikan