KPU: Surat Suara Boleh Dibuka sebelum Masuk Bilik

Soffi Amira PutriSoffi Amira Putri - Senin, 12 Februari 2024
KPU: Surat Suara Boleh Dibuka sebelum Masuk Bilik
Pemilih bisa membuka surat suara sebelum masuk ke bilik. Foto: Dok/KPU RI

MerahPutih.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari, meminta pemilih yang mencoblos ke TPS pada 14 Februari 2024 agar membuka surat suara lebih dulu sebelum masuk bilik.

"Mestinya sebelum masuk, (surat suara) dibuka dulu di situ, boleh. Untuk melihat surat suaranya kondisi bagus atau tidak," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (12/2).

Baca juga:

Bawaslu dan KPU Kompak Usul Pencoblosan di Demak Ditunda karena Banjir

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika para pemilih mendapatkan surat suara dalam kondisi rusak, sehingga bisa langsung digantikan dengan surat suara yang baru.

"Karena di situ kalau kurang bagus kan dianggap rusak. Di situ diberi kesempatan untuk minta ganti," ujarnya.

Tidak hanya itu, bagi pemilih yang merasa salah mencoblos, maka juga memiliki kesempatan untuk menukar surat suaranya. Meski begitu, hal tersebut menyesuaikan kondisi di TPS.

Baca juga:

Cara Cek DPT Online, Bisa Tahu Lokasi TPS

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari (kiri), berbincang dengan Pj Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya (kanan), saat memeriksa surat suara Pemilu 2024 di Gudang Logistik KPU Kabupaten Badung, Bali, Kamis (11/1)
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari (kiri), berbincang dengan Pj Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya (kanan), saat memeriksa surat suara Pemilu 2024 di Gudang Logistik KPU Kabupaten Badung, Bali, Kamis (11/1). Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Jadi, Hasyim meminta masyarakat untuk memeriksa lebih dulu surat suara yang diterima sebelum masuk ke bilik.

"Kalau (kuantitas) surat suaranya tidak cukup, ya tidak bisa (minta ganti surat suara baru)," jelas Hasyim.

Hasyim juga menambahkan, KPU telah menyiapkan surat suara cadangan di setiap TPS dengan jumlah dua persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT).

"Surat suara cadangan ada dua persen dari jumlah DPT. Katakanlah DPT-nya 300, jadi cadangannya cuman enam lembar," tambahnya. (*)

Baca juga:

KPU Sebut ada Ribuan Surat Suara di Kuala Lumpur Diduga Sudah Dicoblos

#Pemilu 2024 #Surat Suara #KPU
Bagikan
Bagikan