Musik
Ketika Kuliner Negeri Aing Jadi Inspirasi Lagu Musisi Mancanegara Musisi mancanegara yang cinta dengan kuliner Indonesia. (Foto: J20)

INDONESIA, negeri ribuan pulau, ratusan suku, dan puluhan bahasa memiliki segudang rasa bila berbicara tentang kuliner. Mulai dari Sabang hingga Merauke, setiap kuliner memiliki ciri khas tersendiri karena menawarkan rasa yang berbeda di setiap gigitan.

Ternyata, makanan Indonesia tidak hanya menarik bagi lidah masyarakatnya sendiri, tetapi juga mancanegara. Saking lezatnya, cita rasa tersebut berhasil memberikan inspirasi bagi beberapa musisi untuk menciptakan lagu tentang kuliner Indonesia.

Baca juga:

Ketika Lapo Jadi Tempat Bernyanyi dan Berdebatnya Orang Batak

Semua berawal dari banyaknya turis yang datang berlibur ke Indonesia dan mencicipi kulinernya, setelah dicoba ternyata membuat para turis tersebut jatuh hati karena keunikan rasanya. Cuma dari negeri aing, kulinernya jadi inspirasi lagu untuk musisi macanegara. Berikut ulasannya:

1. J2O – Indomie

Siapa tidak kenal dengan merek mie instan satu ini? Dijamin tidak ada orang Indonesia yang belum pernah mencoba mie instan satu ini. Kini Indomie tidak hanya bisa berbangga di negeri sendiri, sebab rapper asal Amerika bernama J20 menciptakan lagu dengan judul merek tersebut. Ia juga membuat video kilp untuk melengkapi rasa cintanya kepada Indomie.

Bahkan, dalam liriknya J20 menuliskan, jika rasa Indomie lebih lezat dibandingkan dengan pizza. Hingga artikel ini tertulis video klip tersebut sudah ditonton oleh lebih dari 1 juta penonton.

2. FRANSOA – Aku Lapar

Seorang pria yang memiliki darah Perancis ini, memiliki nama asli Francois Xavier Renou. Bersama band-nya yang diberi nama Fransoa menciptakan berbagai lagu yang menggunakan lirik Bahasa Indonesia. Salah satu yang femonenal adalah lagu berjudul Aku Lapar.

Dibawakan dengan nuansa musik punk, lirik lagu ini menyebutkan lebih dari 40 macam kuliner khas Indonesia, mulai dari bakso, ayam goreng, karedok, papeda, kerupuk, rengsengan bumbu, semur, mie aceh, gado-gado, empal gepuk, pempek dan masih banyak lainnya.

Francois yang kini menetap di Indonesia mengaku senang membawakan lagu berbahasa Indonesia. Selain itu, ia juga pernah mendapat peran di film Udin Cari Alamat Palsu (2014) yang disutradarai oleh Chiska Doppert.

Baca juga:

Garpu 'Metal', Andalan Tukang Siomay Negeri Aing

3. Tante Lien - Geef Mij Maar Nasi Goreng

Louisa Johanna Theodora 'Wieteke' van Dort lahir di Surabaya 16 Mei 1943, ia merupakan seorang aktris, kabaretis, dan penyanyi dari Belanda. Wieteke dikenal dari berbagai program televisi untuk anak-anak, serta pembawa acara Late Lien Show yang akitif pada 1979 hingga 1988.

Wieteka lahir dan tinggal di Surabaya hingga menginjak usia 14, kemudian ia dan keluarga berlibur ke Belanda, namun tidak bisa kembali ke Indonesia karena kebijakan tertentu saat itu. Wieteka mengaku rindu dengan kuliner Indonesia, salah satunya Nasi Goreng.

Alasan tersebut yang membuat dirinya menciptakan lagu berjudul ‘Geef Mij Maar Nasi Goreng’ yang berarti ‘Beri Saja Aku Nasi Goreng’. Dalam lirik lagu ini, Wieteke juga menceritakan kerinduannya dengan lontong, sate babi, hingga camilan khas Indonesia.

4. Kvitland - Nasi Padang

Kelezatan Nasi Padang memang sudah mendunia, tidak sedikit turis yang datang ke Tanah Air dan langsung dibuat jatuh cinta oleh kuliner khas pulau Sumatera ini. Salah satunya adalah musisi bernama Kvitland asal Norwegia.

“Musim panas ini saya jalan-jalan ke Indonesia. Ketika di sana, saya jatuh cinta dengan negara yang indah dan beragam ini, namun tidak kalah pentingnya saya jatuh cinta dengan makanannya. Ketika kembali ke Norwegia, saya memutuskan untuk menjadikan lagu ini sebagai penghargaan untuk Indonesia dan Nasi Padang,” ungkap Kvitland dalam kanal YouTubenya.

5. The Incisors - Indonesia

Bukan hanya Wieteka yang menciptakan lagu tentang nasi goreng. Musisi luar negeri yang dikenal sebagai The Incisors menciptakan lagu berjudul Indonesia, dengan lirik yang menceritakan betapa cintanya dirinya dengan makanan tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, dalam lagu tersebut ia menyebutkan bahwa nasi goreng adalah makanan terenak di dunia. (far)

Baca juga:

Throwback Iklan-Iklan Kuliner 'Legend', Mana Jagoanmu?

Penulis : Febrian Adi Febrian Adi
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kastil Baru untuk Menghormati 13 Putri Disney
Travel
Kastil Baru untuk Menghormati 13 Putri Disney

Sebelumnya istana tersebut dibangun berdasarkan cerita Sleeping Beauty.

LCR Honda Siap Berlaga di Musim Balapan MotoGP 2021
Fun
LCR Honda Siap Berlaga di Musim Balapan MotoGP 2021

LCR Honda menetapkan diri tetap di MotoGP

Pangeran Harry dan Meghan Markle Berhenti Gunakan Media Sosial?
ShowBiz
Pangeran Harry dan Meghan Markle Berhenti Gunakan Media Sosial?

Mereka kecewa dengan "kebencian" yang beredar di media sosial.

Tipikal Anak Bukber di Tongkrongan
Fun
Tipikal Anak Bukber di Tongkrongan

Mereka membuat event bukber jadi 'ramai'.

Top 10 Survivor of The Year
Hiburan & Gaya Hidup
Top 10 Survivor of The Year

Semangat hidup kembali naik setelah ada apalagi banyak contoh nyata.

Film Jadul Keren yang Ternyata 'Bermasalah'
Fun
Film Jadul Keren yang Ternyata 'Bermasalah'

Mari kita lihat ada apa di balik film keren ini.

Mengenal Gippeumjo (Pasukan Kenikmatan) Milik Korea Utara
ShowBiz
Mengenal Gippeumjo (Pasukan Kenikmatan) Milik Korea Utara

Pasukan kenikmatan didirikan oleh kakek Kim Jong-un.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak di Masa Pandemi Covid-19
Hiburan & Gaya Hidup
Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak di Masa Pandemi Covid-19

Menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak tidak boleh terkendala dengan alasan pandemi Covid-19

Apakah Harbolnas Memberi Keuntungan Bagi UMKM?
Fun
Apakah Harbolnas Memberi Keuntungan Bagi UMKM?

Promo tersebut tentu memberikan keuntungan besar bagi UMKM

 Kebutuhan Dasar Universal Wajib Ada dalam Setiap Hubungan
Fun
Kebutuhan Dasar Universal Wajib Ada dalam Setiap Hubungan

Kebutuhan dasar universal yang wajib dimiliki setiap manusia.