Ketahui Perilaku Alpha Pada Anjing Peliharaan Fakta Perilaku Alpha Pada Anjing (Foto: Pixabay/Capri23auto)

MEMILIKI hewan peliharaan anjing merupakan impian bagi hampir semua orang. Sikapnya yang lucu dan manja menjadi pelipur lara bagi kamu yang memang dog person. Seringkali ketika orang sudah memelihara satu anjing akan muncul keinginan untuk menambah jumlahnya. Tetapi apakah semudah itu untuk menyatukan anjing-anjing peliharaan di dalam satu rumah?

Perlu kamu ketahui bahwa anjing berjenis kelamin jantan akan menjadi alpha atau pemimpin di tengah-tengah kelompok. Melansir dari laman Thelabradorsite, biasanya salah satu di antara kumpulan anjing tersebut yang menjadi alpha adalah yang terkuat atau yang lebih dulu tinggal di rumah sehingga ia mendominasi seluruh anggota kelompok. Mereka bisa menjadi akrab apabila setiap kamu mengadopsi anjing usianya masih sekitar 2 bulan.

Baca juga:

Mengulas Salah Satu Anjing Termahal di Von Haus JHL, Harganya Miliaran Rupiah!

Lain cerita jika anjing jantan yang ada di rumah sudah berusia dewasa kemudian kamu mengadopsi anjing jantan lain yang sudah sama-sama dewasa. Mereka akan bertengkar demi memperebutkan status alpha tersebut! Kira-kira apa sih fakta perilaku anjing alpha yang perlu kamu ketahui?

1. Penjaga

Ketahui Perilaku Alpha Pada Anjing Peliharaan
Penjaga (Foto: Pixabay/Manfredrichter)

Pada dasarnya anjing jantan ketika dewasa akan mendominasi kelompoknya dan menjadi pemimpin apalagi jika ia merupakan anjing pertama yang ada di dalam rumah. Meskipun terkadang bersikap galak, sebenarnya pemimpin di dalam rumah memiliki naluri untuk menjaga rumah.

2. Menjadi Contoh Bagi Kelompok

Ketahui Perilaku Alpha Pada Anjing Peliharaan
Menjadi contoh bagi kelompok (Foto: Pixabay/AnjaGh)

Kamu perlu melatih alpha secara disiplin agar menjadi anjing yang tertib, baik dan bijaksana. Karena sang alpha merupakan contoh bagi anjing-anjing lain di dalam rumah. Jika alphanya nakal dan pemberontak, pengikutnya juga cenderung memiliki sikap yang sama.

3. Sulit Disatukan

Ketahui Perilaku Alpha Pada Anjing Peliharaan
Sulit disatukan (Foto: Pixabay/Counselling)

Jika anjing jantanmu atau si alpha sudah memasuki usia dewasa dan kamu memutuskan untuk mengadopsi anjing jantan lain yang berusia dewasa juga, jangan harap menyatukannya semudah jentikan jari. Menyatukan sesama anjing alpha membutuhkan tahap yang cukup lama dan melelahkan.

Tahap pertama di mulai dari perkenalan di taman dan diajak jalan bersama. Jangan memperkenalkan kedua alpha di dalam rumah karena alpha lama akan menganggap yang baru sebagai ancaman sehingga tanpa berpikir panjang langsung menyerang.

Baca juga:

Pencinta Anjing, Lakukan 3 Hal ini untuk Menjaga Rumah Bebas Kuman

4. Postur Tubuh

Ketahui Perilaku Alpha Pada Anjing Peliharaan
Postur tubuh (Foto: Pixabay/Uadrienn)

Kamu bisa mengenali indikasi ketika anjing merasa dirinya alpha melalui postur tubuhnya. Sang alpha cenderung lebih tenang dan terlihat bijaksana dengan postur tegap ketika tidak ada musuh di dekatnya.

Tetapi jika musuh datang, alpha akan mengangkat telinga dan ekornya tinggi-tinggi untuk menunjukkan bahwa dia adalah pemimpin.

5. Tidak Mau Digantikan

Ketahui Perilaku Alpha Pada Anjing Peliharaan
Tidak mau digantikan (Foto: Pixabay/StockSnap)

Alpha pada dasarnya tidak mau digantikan kecuali melalui proses natural seperti pertarungan di antara keduanya. Yang menang kemudian akan menjadi alpha baru. Tetapi sebenarnya kamu bisa kok menyatukannya selama terus berusaha dan pantang menyerah. Selain saling menyerang karena memperebutkan status alpha, mereka juga memperebutkan kasih sayangmu.

Dalam pikiran anjing akan muncul pertanyaan “majikanku pilih yang mana ya?”. Jadi jangan asal menambah anjing baru ya! Kamu memerlukan banyak pertimbangan dan riset mengenai sifat-sifat anjing terlebih dahulu serta menyiapkan banyak hal yang dibutuhkan dalam menyatukan kedua alpha. (mar)

Baca juga:

Anjing Cerminan Kesehatan Pemiliknya



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH