Pencinta Anjing, Lakukan 3 Hal ini untuk Menjaga Rumah Bebas Kuman Menjaga rumah bersih dari kuman penting untuk kamu dan peliharaan kamu. (foto: pixabay/pexels)

PUNYA hewan peliharaan bisa menyenangkan. Namun, hewan kesayangan kamu, seperti anjing, tidak serta-merta selalu bersih. Padahal nih, kebersihan yang baik amat penting untuk kamu dan anjing peliharaan kamu.

Meskipun demikian, sperti dilansir Health.com, kamu bisa melakukan rutinitas tertentu untuk menjauhkan alergen dan kuman dari hewan peliharaan dan keluar dari rumah kamu.


1. Siapkan pembersih kaki untuk anjing kamu

anjing
Selalu pastikan kaki anjingmu bersih. (foto: pixabay/ssmiling)


Lindungi anak anjing kamu dari iritasi potensial, seperti kotoran trotoar dan tanaman berbahaya, dengan membersihkan kaki dengan kain lap basah atau tisu bayi hipoalergenik.

2. Bersihkan tempat pembuangan kotoran anjing kamu

anjing
Selalu bersihkan tempat kotoran anjingmu.(foto:pixabay/jia3ep)

Selain bau, tempat pembuangan yang sudah lama didiamkan dapat menimbulkan bahaya kesehatan. "Meninggalkan sampah yang kotor terlalu lama dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan, yang dapat menjadi perhatian bagi kesehatan hewan peliharaan dan manusia," jelas Christine Cain, DVM, asisten profesor pada University of Pennsylvania School of Veterinary Medicine.

Ambil tempat sampah itu setidaknya sekali sehari dan bersihkan sepenuhnya sekali atau dua kali seminggu. Caranya, gosok dengan air dan sabun tanpa aroma atau soda kue, bilas dengan air yang sangat panas, keringkan, dan siap digunakan.

3. Jauhkan ketombe hewan

anjing
Jauhkan anjing dari tempat tidurmu. (foto: pixabay/pexels)


Protein hewan yang dikeluarkan dari kulit mereka dapat memicu reaksi alergi pada orang yang sensitif terhadapnya. "Jauhkan hewan peliharaan dari kamar tidur sehingga setidaknya ruangan tempat kamu tidur tetap bebas dari ketombe," saran David Rosenstreich, MD, direktur alergi dan imunologi. "Penjernih udara HEPA juga sangat efektif, terutama untuk hal-hal seperti ketombe kucing, yang sangat halus dan mengapung di udara," imbuhnya.(gsh)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH