Kesehatan

Ketahui Cara Perawatan Pasca Operasi Katarak

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 30 Juni 2023
Ketahui Cara Perawatan Pasca Operasi Katarak
Operasi dapat menyembuhkan katarak. (Foto: Unsplash/National Cancer Institute)

OPERASI merupakan satu-satunya solusi yang dapat mengatasi masalah katarak pasien. Apabila operasi tidak segera dilakukan, katarak akan semakin memburuk. Katarak yang dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan kebutaan.

Operasi katarak mengganti lensa mata yang keruh akibat katarak, dengan lensa buatan (intraokular) yang lebih jernih. Tingkat keberhasilan operasi katarak tergolong tinggi, artinya hampir semua pasien dapat melihat kembali secara normal pasca operasi.

Baca Juga:

Pertimbangkan 5 Hal ini Sebelum Pilih Rumah Sakit untuk Operasi Katarak

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh calon pasien dalam perawatan pasca operasinya untuk mencegah komplikasi.

Pakai obat tetes mata setelah operasi katarak. (Foto: Unsplash/Vanessa Bumbeers)

Menurut KMN Eyecare, durasi tindakan operasi katarak terbilang cukup singkat, sekitar 15-20 menit saja. Setelah itu, pasien akan diperbolehkan untuk pulang ke rumah pada hari yang sama.

Sementara itu, untuk waktu pemulihan pasca operasi hingga benar-benar sembuh total biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 8 minggu. Waktu pemulihan ini dapat berbeda-beda pada setiap individu.

Baca Juga:

Jaga Kesehatan Mata Anak dengan Metode 20:20

Selama waktu pemulihan, terdapat beberapa perawatan pasca operasi katarak yang perlu dilakukan agar proses penyembuhan berjalan optimal. Setelah operasi, pasien akan diberikan tetes mata antibiotik dan antiradang untuk membantu mencegah infeksi dan mengurangi peradangan pasca operasi.

Pasien dianjurkan untuk menggunakan obat tetes mata sesuai dengan petunjuk dokter. Perlu diperhatikan juga kebersihan tangan yang baik pada saat pemberian obat tetes mata dan menghindari sentuhan langsung dengan mata.

Jangan mengucek mata pada saat tidur. (Foto: Unsplash/Isabella Fischer)

Selain itu, pasien harus beristirahat dengan cukup dan menggunakan pelindung mata pada saat tidur. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir risiko mengucek mata secara tidak sengaja pada saat tidur atau bangun tidur.

Dokter juga menyarankan untuk menghindari aktivitas yang menimbulkan tekanan pada mata, seperti mengangkat barang yang berat atau olahraga fisik berat pasca operasi. Tekanan yang berlebihan pada mata dapat memperburuk kondisi mata.

Setelah operasi katarak, hal paling penting ialah pasien perlu memeriksakan mata pada hari H+1 dan jadwal-jadwal berikutnya secara teratur dan mengikuti rekomendasi dokter. Pada beberapa pasien, mungkin timbul rasa nyeri pasca operasi. Biasanya dokter akan menganjurkan untuk minum obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen. (ikh)

Baca Juga:

Dampak Mengonsumsi Makanan Manis Berlebihan Sebelum Tidur

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan