Jaga Kesehatan Mata Anak dengan Metode 20:20 Terapkan metode 20:20 (Foto: Pixabay/Peggy_Marco)

Ada hal yang harus diterima oleh para orangtua di masa pandemi virus corona baru atau COVID-19. Mau tidak mau anak-anak akan lebih sering menggunakan gadget untuk kelas virtual ataupun sekadar bermain. Jika begitu, apa sih yang seharusnya orang tua lakukan?

Dilansir dari Antaranews.com, dokter spesialis mata Zoraya Ariefia Feranthy, SpM mengatakan untuk tetap menjaga kesehatan mata anak di masa seperti sekarang. Caranya sederhana yakni menerapkan metode 20:20 dibandingkan membatasi durasi pemakaian gadget per hari.

Baca juga:

Benarkan Mata Minus Tak Bisa Melahirkan Normal?

Terapkan metode 20:20 (Foto: Pixabay/picjumbo_com)
Terapkan metode 20:20 (Foto: Pixabay/picjumbo_com)

"20:20 maksudnya setiap 20 menit melihat layar atau buku, anak harus dihentikan untuk disuruh lihat obyek yang jauh atau di atas 6 meter dan 20 detik beristirahat. Memang repot sih tapi memang rules-nya begitu," kata Zoraya dalam Instagram Live hari Rabu (8/4).

Setelah 20 menit anak bermain gadget atau membaca buku, kamu bisa mengajak anak bermain sebentar dengan melihat objek di luar rumah seperti genteng dan pohon. Kamu juga bisa membuat peraturan ketika anak sedang bermain game. Setiap menyelesaikan satu level, maka harus beristirahat. Ini lebih baik dibandingkan memberi jatah waktu per hari.

Baca juga:

Buat Menu Makanan Sehatmu dengan Metode ABCDE

Bukan hanya orangtua, metode 20:20 ini juga harus diketahui oleh guru yang mengajar kelas virtual. Karena biasanya anak-anak akan lebih mematuhi perkataan gurunya dibandingkan orangtua.

Buat aturan untuk anak (Foto: Pixabay/StartupStockPhotos)
Buat aturan untuk anak (Foto: Pixabay/StartupStockPhotos)

"Ini bisa dijadikan saran pada saat e-learning, ibu gurunya bisa menyuruh untuk lihat ke jendela atau sudut yang paling jauh dari ruangan itu. Kalau dipandu sama ibu guru, anak-anak pasti nurut karena enggak mungkin sih untuk enggak pegang gadget," kata Zoraya.

Zoraya menjelaskan mata yang dipaksa melihat jarak dekat lebih dari 20 menit bis amenyebabkan mata minus. "Kalau untuk periode pendek enggak apa-apa tapi kalau lebih dari 20 menit, itu yang harus diwaspadai karena itu bisa menyebabkan mata minus," tutupnya. (Yni)

Baca juga:

Bekali Tubuh Perangi Virus Corona dengan 3 Zat Ini


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH