Kesalahan Paling Umum Memelihara Hewan Menurut Dokter Hewan Kesehatan hewan peliharaan harus diperhatikan. (Pixabay/Lepale)

MEMASTIKAN hewan peliharaan menjalani hidup terbaik tidak selalu mudah.

Baca juga: Mengenal Parvo, Virus Mematikan yang Mengintai Anjing Kesayanganmu

Ada beberapa cara tanpa disadari bisa membuat hidup mereka sedikit lebih sulit atau bahkan membahayakan kesehatan hewan peliharaan.

Berikut, kesalahan umum sering dilakukan pemilik hewan peliharaan dan bagaimanacara memperbaikinya, menurut dokter hewan:

1. Jangan Memotong Bulu Kusut Telinga Hewan Peliharaan.

Pets
Sisir bulu hewan secara berkala untuk menghindari bulu kusut (Sumber: Insider)

Bulu di bagian telinga sulit disikat atau disisir. Kadang-kadang pemilik hewan peliharaan memutuskan untuk mengambil inisiatif dengan mengguntingnya. "Ini kesalahan. Sulit menentukan di mana gumpalan itu berakhir. Bisa saja kita tanpa sengaja memotong telinga mereka," ujar Christie Long, dokter hewan dan kepala kedokteran hewan di Modern Animal, dikutip Insider.


Cara terbaik untuk menangani bulu kusut dengan menggunakan sikat berbulu lembut untuk menyisir bulu telinga dengan lembut. Jika tidak memungkinkan percayakan perawatan ke salon hewan.


2. Mengajak Anak Anjing Bersosialisasi

Pets
Ajarkan sosialisasi hewan peliharaan agar perilaku hewan lebih terarah (Sumber: Insider)


Kamu mungkin tergoda untuk menyimpan anak bulu mu di rumah. Namun membiarkan anak anjing bertemu dengan orang dan hewan baru sangat penting bagi perkembangan mereka.


"Meskipun penting untuk menjauhkan anak anjing dari area yang sering dikunjungi oleh anjing dengan riwayat vaksinasi yang tidak diketahui, anak anjing perlu bertemu dengan orang dan anjing baru untuk menjadi yang benar," ujar Long. Jika tidak, anjing akan tumbuh menjadi hewan agresif atau justru penakut.

Baca juga: Mengenal Profesi Dog Handler, sang Pendamping Anjing saat Kompetisi


3. Tidak Memberi Kucing Mereka Cukup Pasir di Kotak Kotoran

Pets
Sediakan pasir yang cukup untuk kotoran kucing (Sumber: Insider)


Banyak pemilik kucing mungkin secara tidak sengaja berhemat pasir sehingga tidak menaruh jumlah cukup di kotak kotoran.


Para ahli menyarankan pemilik kucing memiliki kotak kotoran untuk setiap kucing dan satu kotak tambahan. Menurut Long jika kucing tidak menemukan kotak lain yang bersih mereka akan menemukan tempat bersih lainnya unyuk membuang kotoran. Itu bisa termasuk lantai atau barang-barang pribadimu.

4. Mengabaikan Muntah Kronis

Pets
Jangan abaikan hairball dan muntah pada kucing atau anjing (Sumber: Insider)


Beberapa orang mungkin tidak mencemaskan hewan peliharaan ketika muntah sekali, namun jika berkali-kali, sudah saatnya harus waspada. Tidak sedikit juga orang kurang peka saat anjing atau kucingnya mengonsumsi rumput untuk mengurangi hairball.


Mengabaikan muntah kronis pada hewan merupakan kesalahan besar. Dengan membawa hewan peliharaan ke dokter hewan, kamu bisa mengetahui cara menyesuaikan pola makan mereka untuk menghentikan muntah. Kamu juga bisa mendeteksi sejak dini apabila hewan memiliki kondisi medis yang lebih serius.


5. Melewatkan Vaksinasi Tahunan Hewan Peliharaan

Pets
Beri vaksin secara rutin (Sumber: Insider)


Dokter hewan Sara Ochoa mengatakan memperhatikan jadwal vaksin hewan peliharaan merupakan cara mudah untuk mencegah masalah medis mahal


"Vaksin membantu mencegah penyakit yang sangat umum terjadi pada hewan peliharaan," tuturnya. Dengan tidak memvaksinasi, Anda menempatkan hewan peliharaan Anda dan hewan peliharaan orang lain dalam risiko mengalami masalah. (Avia)

Baca juga: Air, Nutrisi Penting bagi Anjing


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH