Air, Nutrisi Penting bagi Anjing Tanpa air, organ tubuh anjing tidak dapat berfungsi baik. (Foto: Pixabay)

Diet seimbang bukanlah satu-satunya penunjang kesehatan anjing. Air minum pun amat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Tanpa air, organ tubuh anjing tidak dapat berfungsi baik.

Anjing yang kurang minum juga berpotensi mengalami dehidrasi. Agar anjing tetap sehat, Anda tak hanya memberikan diet sehat tapi juga harus memenuhi kebutuhan air minumnya.

Air yang dikonsumsi anjing membantu proses pencernaan makanan dan penyerapan nutiris. Air juga berguna untuk mendinginkan tubuh dan menjaga suhu tubuh tetap normal. Satu lagi, air berfungsi sebagai pelumas otot serta memudahkan gerakan. Artinya, jika asupan air pada anjing mencukupi, anjing Anda dapat berlari dengan mudah.

Sama halnya seperti manusia, air yang akan dikonsumsi anjing harus diperhatikan kebersihan dan kejernihannya. Aturannya adalah setiap hari anjing harus minum sekitar 1 ons air per 1 pounds berat badannya. Ada banyak faktor yang berpengaruh pada kebutuhan air minumnya. Dua di antaranya ialah temperatur udara dan gerakan yang dilakukannya.

Jika kurang dari jumlah tersebut, anjing akan dehidrasi, mengalami gangguan ginjal, metabolisme, bahkan kanker. Anda pasti tidak menyangka kalau seekor anjing bisa mengidap penyakit kanker, kan? Lantas, bagaimana cara mengecek dehidrasi pada anjing? Pegang bulu pada bagian bahunya. Tarik, lalu lepaskan. Amati apakah kulitnya cepat kembali ke tempat semula. Bila tidak, tandanya anjing Anda dehidrasi. Cara lain untuk mengecek ialah perhatikan mulutnya. Jika lidahnya terlihat kering atau pucat, artinya sakit.

Sahabat MerahPutih tentu tak ingin anjing Anda mengalami dehidrasi atau penyakit lain akibat kekurangan minum. Kalau begitu, jangan lupa beri 1 ons air untuk setiap 1 pounds bobot tubuhnya setiap hari.



Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH