Kenali Sejumlah Hal Penting dalam Merawat Anak saat Pandemi ada sejumlah hal penting yang perlu diperhatikan dalam merawat anak (Foto: pixabay/stocksnap)

SAAT pandemi COVID-19, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh orangtua dalam merawat anak. Hal itu dikemukakan oleh pakar dari RSIA Tumbuh Kembang Depok. Hal pertama yakni adalah nutrisi.

Menurut dr. Miza Dito Afrizal, nutrisi merupakan kebutuhan anak agar tumbuh kembang anak bisa sesuai dengan usianya.

Baca Juga:

Orangtua Abai akan Anak, ini 4 Dampak Fatalnya

Adapun pemenuhan nutrisi anak pun bisa menajga kesehatan tubuh anak, yang perlu dijaga. Hal itu berguna agar tubuh selalu bugar, khususnya di masa pandemi rentan akan paparan virus.

Hal pertama yang perlu diperhatikan yakni nutrisi bagi anak (foto: pixabay/ritaE)

Selain nutrisi, hal kedua yang perlu diperhatikan yakni imunisasi. Karena berguna untuk kekuatan antibodi anak agar bekerja dengan baik, apabila tubuhnya diserang virus maupun bakteri.

Kemudian, hal ketiga yang harus diperhatikan yakni menjadi semangat penting pada masa pandemi COVID-19 yakni sosialiasi.

"Ini tidak ada panduannya, tapi setiap hari ada yang mengeluh akibat pandemi anak- anak dikhawatirkan tidak bisa bersosialiasi. Padahal kegiatan sosialisasi bisa digantikan oleh anggota keluarga yang ada di rumah," tutur Miza, seperti yang dikutip dari laman Antara.

Baca Juga:

Saran Ahli Gizi Agar Anak Gemar Makan Sayur

Selain itu, pada masa pandemi pun, untuk orangtua yang merupakan pekerja kantoran dan melakukan Work From Home (WFH), merupakan kesempatan untuk mendampingi anak bersosialisasi.

Orangtua sebaiknya jangan membiasakan mendiamkan si kecil (foto: pixabay/andrewangelov)

Sebagai orangtua, sebaiknya jangan membiasakan mendiamkan si kecil, saat ia harus berada di rumah saja, sementara orangtuanya bekerja. Karena kebiasaan membiarkan anak untuk main sendiri, tidak baik untuk perkembangan anak di masa mendatang.

Sebisa mungkin saat Work From Home, ayah atau bunda harus memberikan waktu untuk anak dan jadilah teman bagi anak, khususnya untuk anak-anak berusia 1-4 tahun. Karena anak-anak membutuhkan social experience saat nanti masa pandemi sudah selesai, mereka tahu seperti apa cara bersosialisasi dengan teman. (Ryn)

Baca Juga:

Tips Ampuh Membuat Konten Edukatif untuk Anak

Kanal