Kesehatan Mental
Kecemasan Sosial, Fenomena yang Muncul Setelah Pandemi Hadapi kecemasan karena terus-terusan dirumah saat COVID-19. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

SETELAH setahun melakukan pertemuan lewat Zoom, jaga jarak sosial, dan berinteraksi lebih sering dengan Netflix daripada orang lain, kecemasan sosial menjadi isu besar di masa pandemi. Kecemasan sosial yang disebabkan lockdown mungkin menjadi rintangan besar berikutnya dalam masyarakat pasca pandemi kembali normal.

"Tingkat kecemasan selalu tinggi menurut laporan American Psychological Association's Stress in America 2021," ujar psikolog Charmain Jackman Ph.D., dikutip dari Bustle. Sebuah studi terhadap 200.000 orang di Eropa, yang diterbitkan dalam The Lancet pada Januari 2021 menemukan bahwa kecemasan dan kesepian mencapai puncak baru selama lockdown akibat COVID-19.

Baca juga:

Mengatasi Kecemasan Berlebih Selama Pandemi COVID-19, Begini Kiatnya!

Dan, sebuah penelitian kecil di AS terhadap 240 orang dewasa yang akan diterbitkan dalam Penelitian Psikiatri pada April 2021 menemukan bahwa gejala kecemasan sosial meningkat selama COVID, begitu pula perasaan terisolasi.

Kecemasan sosial berbeda dari kecemasan umum karena bersifat spesifik yakni kecemasan yang hanya timbul saat berinteraksi dengan orang lain. Jika pikiran tentang obrolan ringan, bertemu orang asing, mendapat perhatian dari orang lain atau dinilai oleh orang-orang di sekitar membuatmu tidak nyaman, kemungkinan kamu mengalami kecemasan sosial.

Jika kamu merasa sangat khawatir untuk bersosialisasi lagi, berikut beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Kenali Kecemasan kamu

Kenali kecemasanmu. (Sumber: Pexels/ekrulila)

Julia Jarrold LCSW, seorang terapis di penyedia kesehatan mental menyarankan untuk mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri tentang bagaimana perasaan kita jika harus bersosialisasi sekarang. Hal tersebut dilakukan untuk mengidentifikasi apa yang memicu perasaan cemas.

Selanjutnya, tentukan skenario yang membuatmu merasa khawatir seperti memikirkan percakapan yang canggung, bertanya kepada orang-orang tentang apakah mereka negatif COVID-19, kembalinya pesta yang ramai, dan hal lainnya. “Saat kamu mengetahui pemicunya, kamu dapat menggunakannya untuk bertukar pikiran tentang kegiatan sosial yang akan terasa lebih nyaman bagimu," ujarnya.

2. Santai saja

Santai saja menghadapinya. (Sumber: Freepik/Freepik)

Saat kamu mulai mendapatkan undangan untuk bergaul dengan orang-orang yang sudah divaksinasi, kamu mungkin merasa kewalahan. “Pertimbangkan berapa banyak acara yang dapat kamu toleransi dalam seminggu dan ikuti itu,” tutur Jackman.

Jackman menyarankan untuk memulai dengan orang yang paling dekat denganmu. Hal itu merupakan cara tepat untuk membangun staminamu. Pertemuan singkat dan rendahnya tekanan dapat membantu meredakan kekhawatiran. “Meskipun kamu mungkin merasakan tekanan ketika ada yang mengajak keluar, kamu bisa mengatur sendiri kapan harus santai,” ujarnya.

Baca juga:

Dark Chocolate, Resep Waras Anticemas di Masa Pandemi

3. Visualisasikan tempat yang menenangkan

Pikirkan tempat yang menenangkan. (Sumber: Freepik/alexeyzhilkin)

“Ketika dihinggapi kecemasan saat harus bersosialisasi dengan orang lain setelah diisolasi selama lockdown, latihan visualisasi dapat menenangkan,” ujar Mark Debus, pakar perilaku manusia.

Pejamkan mata, visualisasikan pemandangan atau tempat yang menurutmu menenangkan. Bisa pantai atau kamar masa kecilmu. Tetaplah di ruang itu sampai kamu merasakan detak jantung melambat dan tubuhmu rileks. Ada banyak meditasi yang dapat membantu hal ini, bahkan untuk beberapa menit.

4. Berlatih pernapasan santai

Latihan pernapasan. (Sumber: Freepik/alexeyzhilkin)

“Karena kita mengalami kecemasan pada tubuh dan pikiran, kelegaan nyata muncul ketika kita fokus pada relaksasi keduanya,” kata Debus. Dia merekomendasikan mempelajari beberapa teknik pernapasan yang menenangkan.

Keindahan dari pendekatan ini adalah kamu dapat mulai merasakan kelegaan yang nyata hanya dalam beberapa menit, bahkan dengan duduk di mobil. Kamu dapat melakukannya sebelum pergi ke kantor, pesta, atau pertemuan keluarga. (avia)

Baca juga:

Bekali Tubuh Perangi Virus Corona dengan 3 Zat Ini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Daftar Pemenang Melon Music Awards 2021
Hiburan & Gaya Hidup
Daftar Pemenang Melon Music Awards 2021

Melon Music Awards 2021 digelar pada 4 Desember 2021.

Solterra SUV, Mobil Listrik Pertama dari Subaru
Hiburan & Gaya Hidup
Solterra SUV, Mobil Listrik Pertama dari Subaru

Dikembangkan Subaru bersama Toyota.

Tayang 2023, Solidaritas Manusia Diuji di 'Squid Game Season 2'
ShowBiz
Tayang 2023, Solidaritas Manusia Diuji di 'Squid Game Season 2'

Squid Game Season 2 memasuki tahap pra produksi.

Mantapnya Berbuka Puasa dengan Mi Instan Cup Rasa Bakso Cabai Rawit
Fun
Mantapnya Berbuka Puasa dengan Mi Instan Cup Rasa Bakso Cabai Rawit

Buka puasa jadi lebih nikmat dengan mi instan cup.

Mudah Tergiur Promo Angka Kembar, Melupakan Menabung
Fun
Mudah Tergiur Promo Angka Kembar, Melupakan Menabung

Promo belanja pada angka kembar memang menggiurkan.

Cara Benar Mencuci Baseball Cap
Fun
Cara Benar Mencuci Baseball Cap

Cara tepat untuk membersihkan baseball cap dari noda kotoran dan keringat.

 'Ms Marvel' Tayang di Disney Plus Hotstar, Cek Fakta Menariknya
Hiburan & Gaya Hidup
'Ms Marvel' Tayang di Disney Plus Hotstar, Cek Fakta Menariknya

Serial 'Ms. Marvel' memasuki episode keempat.

Hadiah Pernikahan Paling Ajaib Selebritas Dunia
ShowBiz
Hadiah Pernikahan Paling Ajaib Selebritas Dunia

Uniknya hadiah pernikahan aktor Hollywood.

Alat Pemanen Air untuk Wilayah dengan Kondisi Kekurangan Air
Fun
Alat Pemanen Air untuk Wilayah dengan Kondisi Kekurangan Air

Panel yang bisa memanen air di daerah perkotaan.