Media Sosial

Jangan Sampai Terjebak, Ini Cara Jitu Hindari Predator di Aplikasi Kencan

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 19 Januari 2021
Jangan Sampai Terjebak, Ini Cara Jitu Hindari Predator di Aplikasi Kencan
Lakukan hal ini biar enggak terjebak dengan predator kencan online. (Foto: Pixabay/@amrothman)

BELAKANGAN isu predator seksual kembali ramai dibicarakan di media sosial. Pelaku memanfaatkan aplikasi kencan daring untuk mencari korban. Salah satunya yang sedang viral adalah kasus mengenai Mas 'aliskamugemash'.

Pria ini memiliki tiga nama, yaitu Dewa, Leonardus, dan Po untuk menipu korbannya. Setelah menjalankan aksinya selama beberapa tahun, kasusnya akhirnya terbongkar dan langsung ramai diperbincangkan. Ratusan orang bermunculan mengaku sebagai korban dari Mas 'aliskamugemash'.

Baca juga:

Jangan Tertipu, Begini Cara Mengetahui Niat Seseorang di Aplikasi Kencan Online

Oleh sebab itu, kita perlu waspada dan berhati-hati ketika menggunakan aplikasi kencan. Tujuannya agar kejadian predator semacam ini tidak kembali terulang. Seperti dilansir dari Independent UK, berikut cara-cara yang bisa kamu coba agar tidak terjebak.

1. Jaga percakapan tetap di aplikasi

Jangan Sampai Terjebak, Ini Cara Jitu Hindari Predator di Aplikasi Kencan
Jaga percakapan tetap di aplikasi kencan agar perilaku anehnya bisa dilacak. (Foto: Pixabay/@99mimimi)

Ketika berkenalan dengan seseorang melalui aplikasi kencan kamu tidak boleh gegabah. Soalnya mereka adalah stranger alias orang tak dikenal yang patut kamu waspadai. Untuk itu, pastikan menjaga percakapanmu di aplikasi atau situs kencan saja.

Nick Tsinosis, co-founder Scamalytics, perangkat lunak yang dibuat untuk mencegah penipuan menyebutkan bahwa sangat penting menjaga dialog tetap di aplikasi.

"Jika kamu menyimpan percakapan secara ketat, penipu kemungkinan tidak akan menargetkan kamu karena situs kencan bisa mendeteksi perilaku mereka," terangnya. Kalau kamu berpindah ke aplikasi pesan pribadi akan lebih mudah bagi mereka melakukan penipuan.

2. Blokir siapapun yang mencurigakan

Jangan Sampai Terjebak, Ini Cara Jitu Hindari Predator di Aplikasi Kencan
Blok siapapun yang mencurigakan ketika kamu sudah merasa tidak nyaman. (Foto: Unsplash/@Isaiah Rustad)

Jangan takut untuk memblokir orang yang menurutmu mencurigan. Apalagi jika kata-kata dan pesannya sudah aneh. Jika kamu berbaik hati dan terus melanjutkan percakapan, yang ada kamu malah akan terus terganggu. Lagipula tidak ada salahnya kok untuk berhati-hati. Dan mungkin memblokir mereka merupakan solusi terbaik.

Jika melihat kasus Mas 'aliskamugemash', beberapa korban mengatakan bahwa pesan yang disampaikannya terkesan aneh dan membahas hal privat. Ketika kamu sudah merasa tidak nyaman dengan perkataannya, lebih baik langsung diblokir saja.

Baca juga:

Millennials, Ini 3 Kebohongan Klise yang Sering Dilakukan di Kencan Online

3. Seliki teman kencanmu

Jangan Sampai Terjebak, Ini Cara Jitu Hindari Predator di Aplikasi Kencan
Selidiki media sosial teman kencanmu untuk memastikan dia benar-benar ada. (Foto: Pixabay/@USA-Reiseblogger)

Saat memutuskan menjajal aplikasi kencan, tidak ada salahnya memasang mode detektif. "Jangan takut untuk mencari informasi tentang seseorang yang kamu temui secara online.

Gunakan Google untuk memeriksa apakah foto yang digunakan milik orang lain atau bukan," saran Tsinosis. Jangan lupa periksa media sosial mereka dan pastikan mereka orang asli yang tidak bertujuan untuk menipu.

Ini bisa jadi cara yang baik untuk mengenali predator. Seperti misalnya dalam kasus Mas Dewa yang ternyata namanya memang sudaah viral di internet dan terkenal jelek. Jadi sebelum jatuh dalam perangkap, kamu sudah bisa keluar dulu.

4. Selalu bertemu di tempat publik

Jangan Sampai Terjebak, Ini Cara Jitu Hindari Predator di Aplikasi Kencan
Pastikan bertemu di tempat publik yang ramai. (Foto: Pexels/@Andrea Piacquadio)

Percakapan makin seru dan kamu memutuskan untuk bertemu? Tidak masalah tapi pastikan pilih lokasi bertemu di tempat publik ya. Dalam kasus Mas Dewa, dia kebanyakan selalu meminta korbannya bertemu di kosan miliknya di Mampang.

Ini jelas suatu hal yang salah, baru kenal kok sudah mengajak bertemu di tempat pribadi. Lebih baik kamu meminta teman kencanmu untuk bertemu di tempat yang ramai. Seharusnya predator jadi tidak akan berani macam-macam ketika berada di publik.

5. Jangan pulang bersama mereka pada kencan pertama

Jangan Sampai Terjebak, Ini Cara Jitu Hindari Predator di Aplikasi Kencan
Jangan mau diantarkan pulang karena doi akan mengetahui lokasi tempat tinggalmu. (Foto: Pixabay/@Free-Photos)

Setelah bertemu ternyata kamu dan doi 'nyambung'. Tapi ingat ya jangan pulang bersamanya atau diantar. Soalnya mereka jadi bisa mengetahui lokasi tempat tinggalmu. Ini bukan seperti film-film romantis yang biasa kamu tonton.

Tidak selamanya diantar ke rumah adalah suatu hal bijaksana sebab kita tidak pernah tahu apakah orang tersebut punya maksud tersembunyi atau tidak. Apalagi mereka ini adalah orang asing yang baru kamu temui. Daripada menyesal lebih baik berhati-hati, bukan? (Sam)

Baca juga:

Si Doi Ketahuan Main Aplikasi Kencan Online, Sah-Sah Saja?

#Kencan Online #Aplikasi Kencan #Kejahatan Seksual #Relasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan