Jangan Dibuang! Berikut Manfaat Kulit dan Biji Buah Tuk Kesehatan! Manfaatnya tidak hanya di dagingnya saja. (Pexels.Trang Doan)

KULIT, biji, dan serat buah sering dianggap tak bermanfaat. Tiap kali membersihkan buah, ketiga hal itu selalu berakhir di tempat sampah. Fokus utama kebanyakan orang selalu pada daging buah. Memang tak salah, selain enak untuk dikonsumsi, kandungan serat, vitamin, dan nutrisi memang ada pada daging buah.

Baca juga: Melon Kiwano, Buah yang Dipanen Thanos di Avengers: Endgame

Namun, pada bagian kulit, biji, dan serat bukan sama sekali tak bermanfaat. Di beberapa jenis buah, kandungan terbesar vitamin dan nutrisi justru ada pada bagian kulit, biji, dan serat. Penasaran? Simak ulasan berikut menurut lansiran Step to Health.


Kiwi

Kiwi
Kaya kandungan vitamin C. (Pexels.PhotoMIX Ltd)

Kiwi sangat kaya serat dan kandungan vitamin C-nya justru terdapat pada bagian kulit. Sebelum dikonsumsi, terlebih dahulu hilangkan bulu-bulu halus di kulit dengan cara menggosok menggunakan sendok, tissue, sikat kecil ataupun handuk bersih. Kulit kiwi juga dapat dikombinasikan pada smoothie setelah dibersihkan.



Semangka

Semangka
Bagian putih kulitnya kaya manfaat. (Pexels.Lisa Fotios)

Kulit semangka mengandung sejuta manfaat bagi tubuh, khususnya pada bagian berwarna putih. Bagian putih pada kulitnya terkandung asam amino citrulline memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, daya tahan tubuh, sirkulasi, dan aliran darah.



Baca juga: Buah Bintaro Beracun dan Ditakuti tikus


Nanas

Nanas
Bisa dipakai dalam campuran salad buah. (Pexels.Alizee Marchand)

Bagian inti dari nanas terkenal karena kaya akan vitamin dan mineral dan khasiatnya tak kalah besar dari dagingnya. Khasiatnya dapat mengurangi peradangan pada hidung dan sinus, sampai menekan radang sendi dan nyeri otot. Kamu perlu mengiris bagian inti dengan ukuran kecil bila ingin memanfaatkan bagian inti nanas. Setelah kamu gabungkan dengan beragam jenis buah lainnya sebagai menu salad.



Jagung

Jagung
Terkandung sifat antiseptik dan diuretik. (Pexels.mali maeder)

Helaian rambut terdapat pada jagung pun mengandung sifat antiseptik dan diuretik nan sangat berguna untuk menghalau infeksi terkait saluran kemih. Helaian rambut pada jagung dapat digunakan sebagai minuman teh.



Jeruk

Jeruk
Sebagai pelengkap bumbu masakan. (Pixabay)

Kulit jeruk mengandung konsentrasi senyawa flavonoid tertinggi. Memiliki kandungan naringenin yang sangat ampuh untuk memperbaiki kerusakan DNA sebagai penyebab berkembangnya kanker. Kulit jeruk dengan rasanya yang khas dapat dipilih sebagai pelengkap bumbu masakan.



Pisang

Pisang
Mengandung saponin. (Pexels.Juan Salamanca)

Bagian pisang mengandung beragam senyawa bioaktif seperti saponin berkhasiat memutihkan gigi ternyata terpadat pada kulit. Sebelum mengonsumsi kulit pisang, jangan lupa mencucinya sampai bersih terlebih dahulu agar terbebas dari pestisida secara maksimal. Mengolah kulit pisang dapat dilakukan dengan cara dihancurkan bersama dagingnya. (lgi)


Baca juga: Nah ini, Lima Manfaat Kesehatan Buah Blackberry yang Belum Kamu Ketahui


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH