Buah Bintaro Beracun dan Ditakuti tikus Manfaat buah bintaro dapat memberikan keteduhan pada lngkungan. ( Foto: instagram@botanistindonesia)

NAMA Bintaro umumnya dikaitkan dengan kawasan permukiman di selatan Jakarta yang masuk dalam wilayah Tangerang Selatan. Pohon bintaro (Cerbera manghas) memang banyak ditemukan di kawasan ini sebelum berubah menjadi kawasan permukiman. Tidak banyak yang tahu tentang bintaro, namun jangan coba-coba mengonsumsi buahnya karena sangat beracun.

Buah ini sejenis tumbuhan pantai atau paya. Merupakan bagian dari ekosistem hutan mangrove, tanaman ini secara alami menyebar di daerah tropis Indo Pasifik. Daunnya memiliki kemiripan dengan daun mangga dan buah bintaro memiliki aroma wangi. Meskipun buahnya beracun namun pohonnya mampu memberikan keteduhan di sekelilingnya. Manfaat lainnya adalah buah ini dapat mengusir tikus.

Baca Juga:

5 Tanaman Ampuh untuk Mengusir Nyamuk, Kamu Sudah Coba?

bintaro
Pilih buah yang masih sangat muda agar bau racunnya semakin menyengat. (Foto: instagram@botanistindonesia

Ambil buah bintaro yang masih muda. Mengapa? Karena buah bintaro muda masih memiliki sifat racun yang menyegat. Tikus yang memiliki indera penciuman yang tinggi akan terpengaruh dengan bau racun menyengat yang dikeluarkan oleh bintaro.

Kemudian letakan buah bintaro itu di area dimana tikus tersebut bisa datang seperi di lobang kamar mandi, dapur, gudang atau tempat lainnya. Bau racun yang menyengat dari buah bintaro akan membuat tikus tak mau mendekati atau melewati tempat yang ada buah bintaro.

tikus
Taruh buah bintaro di area yang sering di datangi tikus. (Foto: Pixabay/alexasphotos)

Bila menemukan sarang atau lubang tikus jauh lebih baik lagi. Sebelumnya buah bintaro dipotong empat bagian, kemudian dijemur sampai kecokelatan. Lantas bawa buah bintaro itu di depan lubang tikus, kemudian bakarlah.

Asap pembakaran buah binatro itu akan mematikan tikus. Namun kamu juga harus hati-hati, pakailah masker penutup mulut dan hidung. Karena asapnya juga berbahaya bagi pernafasan manusia. (iel)

Baca Juga:

Wangi Semerbak, Bunga-Bunga ini Cocok sebagai Campuran Parfum



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH