Nah ini, Lima Manfaat Kesehatan Buah Blackberry yang Belum Kamu Ketahui Ternyata buah beri hitam atau blackberry memiliki segudang manfaat kesehatan (foto: pixabay/ajale)

BUAH beri hitam atau yang lebih dikenal dengan sebutan blackberry, kini bisa dengan mudah kita temukan di berbagai supermarket lokal. buah yang di gadang-gadang sebagai buah super ini, seharusnya lebih sering kita konsumsi.

Tubuhmu akan berterimakasih. Kenapa? Itu karena kandungan gizi yang terdapat dalam buah blackberry sangat mengesankan. Berikut lima manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan, ditambah beberapa cara sederhana untuk menambahkan buah blackberry, baik yang segar maupun beku, ke dalam pola makan kamu.

1. Blackberry kaya akan kandungan vitamin C

kandungan vitamin c blackberry
Beri hitam memiliki kandungan vitamin C yang tinggi (foto: pixabay/pixel2013)

Kamu akan mendapatkan sekitar setengah dari target harian yang disarankan untuk vitamin C dalam secangkir buah blackberry.

Selain mendukung kekebalan dan kulit yang sehat, antioksidan kuat dalam buah ini diperlukan untuk perbaikan DNA, dan produksi kolagen serta serotonin, senyawa organik yang bisa meningkatkan kebahagiaanmu.

2. Blackberry mendukung tulang yang sehat

Blackberrry mendukung kesehatan tulang
Ternyata blackberry juga mendukung kesehatan tulang (foto: pixabay/pasja1000)

Satu cangkir buah blackberry mengemas lebih dari sepertiga dari dosis harian untuk vitamin K, yang membantu darah menggumpal, dan sangat penting untuk tulang kamu.

Vitamin K diperlukan untuk pembentukan tulang, dan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin K terkait dengan peningkatan risiko patah tulang dan osteoporosis. Unsur kimia bernama mangan di dalam blackberry juga mendukung kesehatan tulang, serta produksi kolagen untuk kulit dan sendi yang sehat.

3. Blackberry memiliki serat yang tinggi

buah dengan kandungan serat tinggi
Buah super dengan kandungan serat yang tinggi (foto: pixabay/pexels)

Satu cangkir buah blackberry setidaknya menyediakan sekitar 60 kalori, bersama dengan hampir 8 gram serat. Itu sekitar sepertiga dari jumlah serat yang harus Anda makan dalam sehari.

Semua serat itu akan membantu meningkatkan rasa kenyang, mengekang kolesterol, sampai membantu penurunan berat badan. Buah super ini juga akan meningkatkan kesehatan pencernaan kamu.

Blackberry adalah prebiotik, yang berarti buah itu memberi makan bakteri ramah di usus kamu yang telah dikaitkan dengan daya tahan tubuh, suasana hati, dan efek anti-inflamasi.

4. Blackberry bisa melindungi kesehatan otak

blackberry baik untuk kesehatan otak
Buah super pelindung kesehatan otak (foto: pixabay/Daria-Yakovela)

Antioksidan dalam semua buah beri, termasuk blackberry, telah terbukti membantu mengurangi peradangan otak, dan mengubah cara neuron berkomunikasi.

Hasil-hasil ini membantu menangkal kehilangan memori yang berkaitan dengan usia, melindungi koordinasi motorik, dan menangkal penurunan kognitif.

5. Blackberry membantu mengontrol gula darah

Mengontrol Gula darah
Selain serat dan vitamin, blackberry bantu kontrol gula darah (foto: pixabay/Anemone123)

Blackberry mendapat peringkat rendah pada indeks glikemik, juga salah satu buah dengan kadar gula terendah, dengan hanya 7 gram per cangkir.

Kadar gula yang rendah dikombinasikan dengan kadar serat yang tinggi menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mengatur kadar gula darah dan insulin, khususnya bagi mereka yang punya riwayat diabetes.

Bagaimana untuk mengonsumsi lebih banyak buah blackberry

khasiat buah blackberry
Tambahkan blackberry ke berbagai jenis makanan (foto: pixabay/Free-Photos)

Kamu bisa menambahkan blackberry segar ke menu sehat seperti oatmeal, yogurt, dan salad buah. Buah kaya manfaat ini juga bisa menjadi topping lezat untuk hidangan penutup, seperti puding. Kamu juga bisa menambahkan sedikit buah blackberry yang di buat menjadi halus ke air minum, atau tambahkan dengan sedikit jahe segar dan madu untuk membuat saus sederhana.

Hanya menemukan blackberry beku di supermarket? Kamu bisa menjadikan buah super itu sebagai bahan untuk smothies. Untuk hidangan penutup yang simpel dan lezat, tumis blackberry beku dalam panci dengan api kecil, bersama dengan sedikit parutan jahe segar dan sirup maple, untuk menjadikannya sirop dan bisa kamu gunakan untuk berbagai dessert. (ADP)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH