Inspirasi

Jangan Cuci Peralatan Masak Berminyak dengan Air Panas

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Jumat, 03 September 2021
Jangan Cuci Peralatan Masak Berminyak dengan Air Panas
Jangan mencuci piring berminyak dengan air panas (Foto: Pixabay/rewrite27)

AIR panas dan sabun merupakan sejumlah hal yang kamu butuhkan untuk membersihkan sesuatu. Dalam beberapa kasus, air panas dan sabun sangat bagus, khususnya bila kamu berurusan dengan panci atau wajan berminyak.

Namun, menurut Doyle James, presiden Mr. Rooter Plumbing, punya pendapat berbeda. Menurutnya air dingin sebenarnya merupakan pilihan yang lebih baik untuk mencuci peralatan masakmu yang berminyak atau berlemak

Baca Juga:

Magdalena, Food Vlogger Jagoan Bagi UMKM Kuliner di Masa Pandemi

Hindari mencuci dengan air panas (Foto: Pixabay/free-photos)

Air panas melelehkan minyak, yang kemudian mengeras saat mendingin di pipa. Itu menyebabkan lemak menempel pada pipa dan bisa menyumbat jalan air.

Sementara menurut James, air dingin melakukan hal sebaliknya. Karena air dingin bisa membantu lemak tetap padat, hingga bisa mengalir dengan mudah dan efisien lewat pipa tanpa tersumbat.

"Ketika lemak, minyak dan lemak bertemu dengan air dingin. Maka akan cepat mengeras, dan prinsip-prinsip air serta gravitasi mengambil alih dan menghapusnya," jelas James, seperti yang dikutip dari laman lifehacker.

Melihat hal itu, mungkin banyak orang bertanya apakah bisa mencuci lemak dan minyak di saluran pembuangan dengan menggunakan air dingin? Jawabannya tidak.

Baca Juga:

GoFood dan TikTok Edukasi UMKM Kuliner Soal Pemasaran Digital

Mencuci dengan air panas bisa menimbulkan masalah (Foto: Pixabay/eak_kkk)

Karena kamu tetap harus menuangkan atau menghilangkan lemak serta minyak sebanyak mungkin, sebelum menggunakan sabun dan air apa pun, atau memasukan panci ke dalam mesin pencuci piring.

Bila lemak seperti mentega atau lemak babi yang dibekukan, bukan sebuah masalah besar. Namun banyak potongan-potongan kecil berminyak yang bisa menumpuk menjadi gundukan berminyak yang besar, dan tak bisa dipindahkan.

Hal itu tentunya sesuatu yang tidak diinginkan. Karena kamu harus merogoh kocek untuk membayar tukang yang memperbaiki pipa tersebut.

Karena itu, bersihkan panci kamu dan bersihkanlah dengan baik. Kemudian bersihkan semua lapisan tipis berminyak dengan air dingin dan banyak sabun. Hal itu bisa membuat minyak teremulsi dengan surfaktan, agar residunya tidak melapisi dan merusak pipa rumahmu. (Ryn)

Baca Juga:

Start Up Kuliner Bisa Bertahan di Tengah Pandemi

#Lipsus Bulan September #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan