Ini Perbedaan Antara Cappucino, Espresso, Latte, dan Mochaccino kopi-(Cover) Sajian kopi sangat beragam sesuai selera penikmatnya. (Foto: Pixabay/Christoph)

MENYERUPUT kopi adalah aktivitas yang menyenangkan dan tidak bisa dilewatkan begitu saja. Menyeruput kopi di pagi hari dipercaya dapat menambah energi untuk memulai aktivitas seharian dan meningkatkan daya kerja otak. Tak hanya itu, nongkrong sama teman rasanya kurang lengkap jika tidak ditemani oleh secangkir kopi.

Saat ini, banyak sekali jenis kopi yang ditawarkan di kedai kopi. Tidak hanya kopi hitam, tapijuga racikan lainnya seperti cappuccino, espresso, latte, dan mochaccino. Sajian kopi tersebut tentu memiliki tekstur dan rasa yang khas. Buat kamu yang ingin membeli kopi namun bingung untuk memesan, simak perbedaan jenis-jenis kopi tersebut.

Baca Juga:

Cupping Coffee Seni Mengenal Kopi

1. Espresso

kopi
Espresso adalah cita rasa kopi yang sebenarnya. (Foto: Pixabay/moritz320)

Kopi espresso dikenal sebagai kopi yang memiliki tekstur kental dan berwarna hitam pekat. Untuk penyajiannya juga tidak sembarang. Ada beberapa teknik khusus yang membuat cita rasa kopi espresso menjadi pas, salah satunya biji kopi yang dihaluskan terlebih dahulu menggunakan mesin espresso. Kopi ini biasanya tidak menggunakan cangkir besar, melainkan menggunakan cangkir yang kecil berukuran 25-30ml atau disebut juga dengan shot. Takaran porsi untuk kopi ini adalah ristretto, single shot, lungo, dan double shot.

2. Cappucino

kopi
Cappucino, sajian kopi yang bisa diterima di lidah semua orang. (Foto: Pixabay/boaphotostudio

Cappucino merupakan jenis kopi yang berasal dari Italia dan lebih sering dikonsumsi masyarakat. Rasanya yang manis membuat jenis kopi ini bisa diterima oleh lidah semua orang. Campurannya adalah espresso, susu dan foam dengan takaran 1/3 masing-masing bahan.

Baca Juga:

Puaskan Hasrat Manismu dengan Kue Nasional dari Negara Asia Ini

3. Latte

kopi
Ciri khas kopi latte adalah ukiran gambar pada foam. (Foto: Pixabay/FreePhotos)

Banyak orang salah mengira bahwa latte dan cappuccino memiliki bentuk dan tesktur yang mirip. Latte merupakan campuran dari kopi dan dominasi susu, sehingga disebut dengan cafe latte. Untuk secangkir latte terdiri dari 1/6 espresso, 4/6 susu cair, 1/6 busa susu. Busa susu pada latte juga sering digunakan barista untuk membuat ukiran unik pada bagian permukaan busa yang disebut dengan Latte Art.

4. Mochaccino

kopi
Mochaccino cocok bagi kamu pecinta kopi sekaligus cokelat. (Foto: coffeebeanmaster)

Sederhananya, mocchacino adalah cappucino yang ditambahkan dengan cokelat. Bagi kamu pecinta kopi sekaligus coklat, moccahino tampaknya menjadi sajian kopi yang cocok. Komposisi secara umum sama dengan cappucino dan latte, hanya saja ditambahkan dengan cokelat. Perlu diperhatikan, kopi ini akan mengandung banyak kalori karena kandungannya yang sangat manis. (And)

Baca Juga:

Nikmatnya Biji Kopi Nusantara, Indonesia Timur yang Paling Diburu


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH