Puaskan Hasrat Manismu dengan Kue Nasional dari Negara Asia Ini Kue-kue dari negara Asia menawarkan cita rasa manis menggoda. (foto: Pixabay/congerdesign)

ENGGAK ada yang bisa menolak manisnya kue atau cake. Rasanya sepotong cake bisa dengan mudah menceriakan hari ketika mood-mu tengah kacau. Jadi enggak mengherankan jika cake manis nan lezat bisa jadi favorit di berbagai negara, bahkan hingga jadi kue nasional.

Berikut 4 kue nasional dari negara-negara di Asia, seperti dilansir CNN Travel.

1. Pandan Cake, Singapura dan Malaysia

pandan cake
Pandan cake favorit warga Singapura dan Malaysia. (foto: Instagram @windynjoo)

Warga Singapura dan Malaysia amat menggemari chiffon cake satu ini. Satu hal yang membuat pandan cake spesial ialah aroma pandan yang khas.

Meskipun punya aroma dan rasa woodsy yang khas, daun pandan sejatinya enggak memberi warna hijau mencolok pada cake ini. Warnanya cenderung hijau muda nan lembut, selembut tekstur kue ini.

Kamu mungkin sudah akrab dengan cake ini karena di Indonesia pun kue ini amat digemari. Sepotong kue ini sanggup bikin kamu meleleh dalam kelembutannya.

BACA JUGA: Mau Hidangan Lele Lezat? Ini Aturan ketika Kamu Membelinya

2. Ma Lai Go, Hong Kong

ma lai go
Di Hong Kong, ma lai go jadi menu sarapan. (foto: Instagram @eastmeetkitchn)


Kalau di daerah lain cake merupakan camilan, di Hong Kong, kue manis jadi pilihan menu sarapan. Ma lai go merupakan sponge cake yang dikukus dalam keranjang bambu. Kue ini jadi bagian dari sajian dim sum gaya Kanton yang jamak disajikan saat sarapan.

Ma lai go dibuat dari tepung, telur, butter, lemak hewani dan gula cokelat. Adonan kue ini difermentasi sehingga menghasilkan tekstur yang empuk. Dengan cita rasa karamel yang khas, ma lai go dijamin bikin ketagihan.

BACA JUGA: Jangan Lewatkan Oleh-Oleh Ikan Khas Nusantara, Ikan Asin Jadi Favorit

3. Lapis Legit, Indonesia

lapis legit
Enggak akan ada yang menolak manisnya lapis legit. (foto: Instagram @byd.lico)


Enggak cuma satu, orang Indonesia menumpuk 18 lapis sponge cake empuk lalu memadatkannya menjadi lapis legit.

Seperti namanya, kue ini memang legit dan manis. Bahannya terdiri dari jumlah banyak butter dan kuning telur. Selain itu, campuran rempah-rempah seperti cengkih, kayu manis, dan pala, membuat kue ini wangi. Beberapa resep lapis legit juga menambahkan plum kering di antarlapisnya.

Lapis legit pertama kali dibuat pada masa kolonial Belanda. Inspirasinya berasal dari kue lapis Eropa. Dengan tambahan ciri khas Asia, dihasilkanlah kue yang manis, lembut, dan padat.

Membuat lapis legit butuh keahlian baking dan ketekunan. Bayangkan saja, kamu mesti sabar menyusun kue ini lapis demi lapis. Enggak mengherankan jika kue ini dianggap sajian bernilai tinggi bagi orang Indonesia.

4. Dorayaki, Jepang

dorayaki
Dua potong pancake dan isian pasta kacang merah bikin dorayaki terkenal enaknya. (foto: Instagram @tsubuannosuke)


Ada alasan khusus kenapa Doraemon amat terobsesi dengan kue satu ini. Rasanya benar-benar enak. Dorayaki menggabungkan dua Castella sponge cake dalam bentuk pancake. Di dalamnya, ada pasta kacang merah yang manis dan legit. Butuh 4-5 jam untuk mengukus kacang merah sebelum dijadikan pasta.

Nama dora berarti gong. Hal itu mengacu pada kisah pasangan tua yang membuat kue ini. Diceritakan, mereka memasak pancake menggunakan sebuah gong peninggalan ksatria samurai yang terluka yang sempat mereka rawat selama masa Edo.

Sekarang, kue dorayaki jadi camilan manis ternama enggak hanya di Jepang, tapi juga seluruh dunia.(dwi)

BACA JUGA: Yuk, Isi Pekan Terakhir Libur Sekolah dengan Glamping Dekat Ibu Kota

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH