Otomotif

Ini Penjelasan Mengapa Ukuran Ban Depan dan Belakang Sepeda Motor Berbeda

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 15 Desember 2020
Ini Penjelasan Mengapa Ukuran Ban Depan dan Belakang Sepeda Motor Berbeda
Band sepeda motor berbeda ukuran. (Foto: Unsplash/JanFillem)

PASTI pernah tercetus di benak kamu, mengapa ban sepeda motor pada bagian depan dan belakang berukuran berbeda. Mengapa ukurannya tidak sama?

Ban bagian depan cenderung lebih kecil ketimbang bagian belakang. Namun biasanya memiliki kembang yang sama. Ternyata ada penjelasannya tentang perbedaan ukuran ini.

Baca Juga:

Biar Ban Sepeda Motor Awet, Rawat dengan Cara Sederhana Ini

motor
Ban depan lebih kecil untuk memudahkan manuver. (Foto: Unsplash/Vlad Kutepov)

Sayangnya belakangan ini ada tren pengguna sepeda motor yang menggunakan ukuran ban depan dan belakang. Biasanya untuk motor matik dengan pelek ring 14 inci, pemakai sepeda motor menggunakan ban berukuran 80/80 untuk depan dan belakang. Atau menggunakan ukuran 90/80 di belakang dan depan.

Bagaimana dampaknya penggunaan ban dengan ukuran yang sama ini? Freddy Yohannes, Head of Promotion PT Banteng Pratama Rubber (BPR), produsen ban Mizzle di Indonesia menegaskan pada KabarOto, ban motor harusnya beda ukuran antara depan dan belakang.

"Karena, ban depan itu fungsinya mempermudah dalam mengendalikan atau manuver," terang Freddy. lalu kegunaan ban belakang yang harus lebih besar karena memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan.

Baca Juga:

Jangan Salah Pilih Ban Dalam Supaya Selamat di Jalan Raya!

motor
Sedang tren ban sepeda motor depan dan belakang berukuran sama. (Foto: Unsplash/Bayu Rivaldy)

"Kalau ukurannya sama pasti dalam pengendalian motor akan lebih berat. Susah (untuk) dikendalika.,Bbahaya! Tidak ada untungnya, buat gaya aja mungkin, biar pelek terlihat padat saja," kata Freddy.

Dia menyarankan, normalnya untuk sepeda motor matik hanya beda satu ukuran saja. Misal 80/80 untuk depan dan 80/90 untuk belakang. Bahaya karena motor susah untuk dikendalikan.

Namun berbeda jika digunakan untuk balapan, baik itu di sirkuit permanen atau dadakan, tidak perlu yang banyak ukuran. "Khususnya buat bebek atau matik ukuran CC kecil."

Ukuran pelek yang mereka pakai juga standar, 140 untuk depan dan 160 belakang. Menurut Freddy, ukuran ban yang dipakai balap sama yaitu 90/80 (baik ring 14/17). "Ini karena bobot mereka yang sudah cukup untuk ban ukuran segitu," jelasnya. (*)

Baca Juga:

Menjaga Ban Serep Siap Digunakan

#Otomotif #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan