Otomotif

Biar Ban Sepeda Motor Awet, Rawat dengan Cara Sederhana Ini

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 24 Februari 2020
Biar Ban Sepeda Motor Awet, Rawat dengan Cara Sederhana Ini
Merawat ban sepeda motor sangat mudah (Foto: Pexels/Artem Beliaikin)

JANGAN sampai salah merawat ban sepeda motor. Bagian motor ini sangat penting untuk membuat sepeda motormu melaju dengan nyaman. Oleh karena itu, penting sekali untuk memberikan perhatian lebih terhadap ban sepeda motor.

Merawat ban sepeda motor tidaklah sulit. Melansir KABAROTO, Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) berbagi tips bagaimana cara merawat ban sepeda motor. Menurutnya, ban sepeda motor terbagi ke dalam dua jenis, tube tire dan tubeless yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca juga:

Ban Kempis Salah Pelek?

Tube tire menggunakan ban dalam. Kelebihan ban ini cocok digunakan untuk berbagai macam jenis pelek, mau itu yang cast wheel (CW) atau spoke wheel (SW). Sementara ban tubeless lebih awet untuk digunakan walau tak memiliki ban dalam. "Ban Tubeless memiliki keunggulan lebih awet, tahan bocor dan daya cengkram yang lebih baik,” terang Ade.

Rutinlah memeriksa tekanan angin ban (Foto: Pexels/Mohsan Ali Mirza)

Untuk menjaga performa ban, Ade menyarankan agar kamu rutin memeriksa tekanan angin. Jangan sampai tekanan angin kelebihan, apalagi kurang. Sepeda motor akan tidak stabil dan ban bisa tidak awet. "Diwajibkan juga untuk rutin melakukan pengecekan tekanan angin sesuai dengan standar yang ditentukan," jelas Ade.

Baca juga:

Biar Cutting Sticker Awet, Jangan Dilap!

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan usia ban. Lanjut Ade, idealnya ban motor harus sudah diganti setiap empat tahun atau setelah pemakaian di atas 40.000 km. "Setiap ban sepeda motor diberi indikasi Tread Wear Indicator (TWI) yang merupakan tanda batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap dipakai, jika kembang ban sudah menyentuh tanda segitiga TWI, maka sangat disarankan untuk segera diganti," ungkap Ade.

Cuci ban kalau sudah kotor (Foto: Pexels/Tobit Nazar)

Kebersihan ban juga harus selalu dijaga. Rutinlah mencuci ban kalau sudah kotor. Boleh menggunakan cairan pengkilap ban asal tidak berlebihan.

Ukuran ban pun beragam. Selain merawat ban, Ade juga menyarankan agar kamu cermat saat memilih ban sepeda motor baru. Jangan sampai salah memilih ukuran ban yang tidak sesuai dengan ukuran pelek atau sepeda motormu.

"Jangan sampai menggunakan ban bagian depan untuk belakang dan begitu sebaliknya. Berpengaruh terhadap handling, kenyamanan, keamanan dan keselamatan pada saat berkendara," tukas Ade. (ikh)

Baca juga:

Cegah Helm Bau saat Musim Hujan Sangat Mudah

#Sepeda Motor
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan