[HOAKS atau FAKTA]: Gegara Sepi Job Demo, Dua Pria Ini Jadi Kekurangan Gizi Tangkapan layar Facebook yang menceritakan tentang pria kekurangan gizi karena sepi pekerjaan demo bayaran. (Foto: MP/turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Akun Facebook Ali Imron membagikan gambar di grup Indonesia Raya pada 10 Agustus 2020 yang memperlihatkan dua orang laki-laki mengalami gizi buruk dengan narasi sebagai berikut:

“Kalau mau duit ya harus bekerja yang benar.
Masalah Negara sudah ada yang urus tidak usah ikut ikutan demo sana demo sini hanya untuk mengharapkan NASBUNG.

Kasihan kamu Drun, jadi kurus kering hampir mati kelapran karena sepi job demo.

Imam Besar Banget kadrun juga gak pulang-pulang, kasihan kroco kroconya terlantar."

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] BIN Ungkap Data Jakarta Jadi Zona Hitam COVID-19


FAKTA:

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), terdapat artikel yang memberitakan terkait dengan kondisi kedua laki-laki tersebut, Kompas.com dalam artikelnya yang berjudul “Derita Gizi Buruk, Tubuh Pemuda 24 Tahun Ini Susut dan Lumpuh…” tayang pada 24/08/2015.

Tangkapan layar Facebook yang menceritakan tentang pria kekurangan gizi karena sepi pekerjaan demo bayaran. (Foto: MP/turnbackhoax.id)
Tangkapan layar Facebook yang menceritakan tentang pria kekurangan gizi karena sepi pekerjaan demo bayaran. (Foto: MP/turnbackhoax.id)

Kedua laki-laki tersebut adalah Munija (24) dan Kardino (17) warga Desa Panguragan Wetan, kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat yang mengalami gizi buruk.

Munija dan Kardino merupakan kakak beradik yang mengalami gizi buruk sejak lulus sekolah dasar yang tiba-tiba mengalami sakit panas, akan tetapi setelah berobat ke puskesmas tidak juga kunjung sembuh.

Baca Juga:

Wakapolri Instruksikan Anak Buahnya Sikat Penyebar Hoaks COVID-19


KESIMPULAN:

Klaim tersebut tidak benar. Kedua laki-laki tersebut adalah Munija (24) dan Kardino (17) warga Desa Panguragan Wetan, kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat yang mengalami gizi buruk.

Informasi tersebut terdapat dalam artikel Kompas.com yang berjudul “Derita Gizi Buruk, Tubuh Pemuda 24 Tahun Ini Susut dan Lumpuh…” tayang pada 24/08/2015.

Dengan demikian, klaim narasi foto kadrun terancam mati kelaparan akibat sepinya job demo adalah konten yang salah. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Gantikan Ma'ruf Amin, Prabowo Bakal Jadi Wapres Dampingi Jokowi


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH