[HOAKS atau FAKTA]: Gantikan Ma'ruf Amin, Prabowo Bakal Jadi Wapres Dampingi Jokowi Tangkapan layar Youtube tentang "detik-detik Ma'ruf Amin mundur". (Foto: MP/turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Kanal Youtube Rahasia Politik mengunggah video yang menceritakan bahwa Wakil Presiden Ma'ruf Amin bakal digantikan oleh Prabowo Subianto mendampingi Presiden Jokowi.

Video tersebut berjudul “DETIK DETIK MA’RUF AMIN MUNDUR & DIGANTI DENGAN PRABOWO SEBAGAI WAKIL PRESIDEN DAMPINGI JOKOWI”. Berdurasi 9:31 menit.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Pabrik ESEMKA Tutup Gegara Seluruh Karyawan Positif COVID-19


FAKTA:

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), isi dalam video tersebut tidak terdapat pernyataan Wakil Presiden Maruf Amin mundur dan diganti dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Setelah mendengarkan seluruh isi video, diketahui bahwa video tersebut merupakan pembacaan dua artikel yang berasal dari gelora.co dan cnnindonesia.com.

Tangkapan layar Youtube tentang "detik-detik Ma'ruf Amin mundur". (Foto: MP/turnbackhoax.id)
Tangkapan layar Youtube tentang "detik-detik Ma'ruf Amin mundur". (Foto: MP/turnbackhoax.id)

Artikel gelora.co yang dibacakan dalam video tersebut berjudul “Maruf Amin Akan Diganti Prabowo?” yang tayang pada 10 Agustus 2020.

Artikel tersebut diketahui merupakan artikel opini dari Tony Rosyid. Dalam artikel opininya, Tony hanya memberikan pendapat dan prediksi, bukan pemberitaan Wapresi Maruf Amin akan mundur.

Artikel kedua yang dibacakan dalam video ialah artikel cnnindonesia.com berjudul “Presiden Jokowi Buka Suara Soal Ekonomi Minus 5,32 Persen” yang tayang pada 6 Agustus 2020. Dalam artikel tersebut tidak ditemukan pernyataan Wapres Maruf Amin akan mundur.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Menangkan Jokowi, Burhanuddin Muhtadi Dapat Rp450 Miliar

KESIMPULAN:

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka tidak ditemukan konten yang menyatakan detik-detik Maruf Amin mundur dan diganti oleh Prabowo. Oleh sebab itu, konten video tersebut masuk ke dalam kategori Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Tak Perlu Vaksin, Tingkat Kesembuhan COVID-19 Capai 99 Persen


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH