Hati-Hati Bermain di Wahana Ekstrem Waspadai hal berikut sebelum menaiki wahana ekstrem. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

BAGI sebagian orang, mencoba wahana esktrem di taman hiburan merupakan tantangan tersendiri. Tentu saja sebagian yang lain sudah geleng-geleng kepala duluan tanda menolak. Berani mendobrak kegusaran serta mengasah adrenalin memang hal yang positif. Apalagi jika tadinya kamu menderita anxiety. Keberaniannya patut diacungi jempol.

Melansir dari themeparktourist.com, bukan hanya keamanan wahananya saja yang harus kamu pastikan terlebih dahulu. Kondisi kesehatan dan mental merupakan yang paling utama. Kamu bisa saja mengalami kerusakan pada organ vital. Beberapa orang bahkan sampai mengalami trauma jangka panjang. Apa saja bahaya bermain wahana ekstrem untuk kesehatan? Yuk simak ulasannya.

Baca juga:

Makan Siang di Meja Kantor Ternyata Tak Bagus

1. Mual

Hati-Hati Bermain di Wahana Ekstrem
Tubuh yang terombang-ambing akan mengalami mual. (Foto: Pinterest/etifrank.com)

Roller coaster merupakan salah satu wahana bermain yang cukup populer dan digemari. Antrian untuk bermain wahana ini hampir tak pernah sepi. Bagaimana tidak? Kamu bisa merasakan tubuhmu terombang-ambing seolah menembus langit.

Seperti naik kereta tanpa atap dan bergerak secara melingkar. Kondisi ‘melanggar’ gravitasi bumi ini akan membuat organ dalam manusia bergerak tak karuan. Akibatnya kamu akan merasa mual.

2. Pembuluh Darah Pecah

Hati-Hati Bermain di Wahana Ekstrem
Hentakan tiba-tiba bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah. (Foto: Pixabay/qimono)

Meskipun kamu menganggap dirimu sebagai orang paling berani bukan berarti kamu boleh menghiraukan hal ini. Ketika tubuh terlempar ke segala penjuru arah, kemungkinan besar arteri karotid akan pecah dan menyebabkan stroke. Pembuluh darah ini berfungsi membawa aliran darah menuju otak.

Baca juga:

Sederhana, Naik-Turun Tangga Bikin Otak Sehat

3. Serangan Jantung

Hati-Hati Bermain di Wahana Ekstrem
Orang dengan riwayat penyakit jantung dilarang naik wahana ekstrem. (Foto: Pixabay/Pexels)

Ketika menaiki wahana yang ektrem, otomatis detak jantung akan meningkat pesat. Kondisi seperti ini yang kemudian bisa menyebabkan serangan jantung mendadak.

Meski tidak memiliki riwayat atau latar belakang penyakit jantung, orang dewasa dengan kondisi jantung yang lemah tidak dianjurkan untuk main wahana ekstrem.

4. Trauma Otak

Hati-Hati Bermain di Wahana Ekstrem
Otak bisa mengalami trauma hebat. (Foto: Pixabay/VSRao)

Kamu mungkin merasa baik-baik saja setelah selesai bermain wahana ekstrem. Tetapi otakmu bisa jadi mengalami reaksi yang berbeda.

Tanpa disadari seseorang bisa mengalami trauma otak yang bisa memicu penyakit kronis lainnya. Gejalanya berupa mata yang dipenuhi darah hingga mengalami sakit kepala terus-menerus. (mar)

Baca juga:

Milennial, Generasi dengan Tingkat Obesitas Tertinggi Sepanjang Sejarah



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH