Makan Siang di Meja Kantor Ternyata tak Bagus Kenali beberapa dampak negatif makan siang di meja kantor (Foto: ironegategroup)

MESKI pekerjaanmu sangat banyak dan cukup menyita waktu, makan siang di meja kantor bukanlah sebuah pilihan yang baik. Karena, kebiasaan itu dapat menimbulkan masalah kesehatan loh.

Nah, berikut ini beberapa dampak negatif yang bisa terjadi akibat kamu sering makan siang di meja kantor.

Baca Juga:

Awas! Depresi Bisa Bikin Ukuran Otak Menyusut


1. Otak Tak Beristirahat

Pentingnya mengistirahatkan otak sejenak di jam makan siang (Foto: pixabay/thedigitalartist)

Usai bekerja selama sekitar 8 jam setiap hari. Tentunya dapat membuat otak kamu merasa penat. Nah waktu jam makan siang lah saat yang tempat untuk beristirahat sejenak. Tapi, jika kamu makan siang di meja kantor, apalagi bekerja seraya makan siang, lantas kapan otak kamu bisa beristirahat?.

2. Makanan Jadi Tak Bersih

Meja kantor sejatinya tak di desain untuk digunakan sebagai temapt makan. Selain itu, meja kantor juga kerap kali lupa untuk dibersihkan. Hal tersebut membuatnya menjadi salah satu tempat yang paling kotor dan sarang berbagai kumat penyakit. Apabila kamu sembarang meletakan makanan di meja yang kotor, risiko makanan mu tak bersih pun akan lebih besar. Pastinya kamu akan lebih rentan terkena masalah pencernaan seperti diare.

Baca Juga:

Penelitian Menyebutkan, Anggur Merah Ternyata Bisa Mengurangi Depresi dan Kecemasan

3. Memperlambat Metabolisme

Duduk dalam waktu yang lama bisa memperlambat proses metabolisme tubuh (Foto: pixabay/lukasbieri)

Kebiasaan duduk dalam waktu lama tidak baik untuk kesehatan. Karena selain bisa memperlambat proses metabolisme. Kebiasaan ini pun bisa meningkatkan risiko munculnya menyakit diabetes dan jantung. Akibat berkurangnya kemampuan tubuh untuk memecah lemak, mengatur tekanan darah serta mengendalikan kadar gula darah. So, untuk mengurangi durasi duduk selama di kantor, kamu perlu beranjak dari meja kerja ketika waktu makan siang tiba. Setidaknya tubuh kamu jadi lebih aktif bergerak.

4. Mata Lelah

Terlalu lama didepan komputer akan membuat mata kamu lelah (Foto: pixabay/kaboompics)

Saat kamu makan siang di meja kantor, biasanya akan membuatmu melihat layar komputer. Padahal, terlalu lama menatap layar komputer, tak baik untuk kesehatan matamu, karena bisa menyebabkan mata lelah dan kering. Tak hanya itu, jika kamu makan seraya mengetik atau mengerjakan tugas, maka akan membuatmu rentan mengalami nyeri otot dan carpal tunnel syndrome (CTS).


5. Hubungan Dengan Rekan Kerja Kurang Baik

Hubungan dengan rekan kerja kurang baik karena ruang gerakmu dibatasi (Foto: pixabay/stratupstockphotos)

Dengan makan siang di meja kantor, maka kamu membatasi ruang gerakmu untuk bersosialisasi dengan rekan-rekan kerjamu. Padahal, meluangkan waktu untuk sekedar berbincang dengan teman bisa mengusir stres kanrea pekerjaan.

So, mulai sekarang gunakan waktu makan siangmu sebaik mungkin ya gengs. Makan sianglah di kantin atau ruang makan kantor bersama teman-teman kerja. Dengan begitu, pikiran kamu akan kembali fresh untuk memulai pekerjaan usai makan siang. (Ryn)

Baca Juga:

Awas! Keseringan Main Gadget Bisa Bikin Anak Depresi

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH