Sederhana, Naik-Turun Tangga Bikin Otak Sehat Kenali berbagai manfaat dahsyat naik-turun tangga bagi kesehatan (Foto: pixabay/free-photos)

NAIK-TURUN tangga rupanya punya banyak manfaat bagi kesehatan gengs. Tak hanya itu, naik-turun tangga pun dapat menjadi cara efektif untuk mengganti waktu olahraga yang terlewatkan.

Badan kesehatan Dunia WHO, menganjurkan setiap orang untuk berolahraga minimal 150 menit dalam seminggu. Total waktu tersebut bisa dibagi menjadi beberapa sesi dalam seminggu, setidaknya 30 menit setiap hari.

Baca Juga:

Makan Siang di Meja Kantor Ternyata tak Bagus

Kendati demikian, tak semua orang mempunyai waktu untuk berolahraga setiap hari. Nah, untuk kamu yang tak punya waktu untuk berolahraga setiap hari, kamu bisa menyiasatinya dengan cara lain.

Salah satunya dengan membiasakan diri menggunakan akses tangga di berbagai fasilitas umum. Seperti halnya kantor, pusat perbelanjaan, jembatan penyebrangan atau naik-turun tangga dirumah.

Adapun deretan manfaat dahsyat naik-turun tangga bagi kesehatan seperti yang dilansir dari laman Alodokter berikut ini.

1. Menguatkan Jantung dan Paru-Paru

Naik turun tangga bermanfaat bagi kesehatan jantung (Foto: photomix-company)

Berbagai studi sudah membuktikan, jika kebiasaan naik-turun tangga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Karena aktivitas itu termasuk dalam latihan kardio, yang bisa meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru. sehingga aliran darah oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar. Alhasil, orang yang sering turun tangga akan terhindari dari risiko penyakit jantung serta hipertensi.

2. Menguatkan Otot dan Tulang

Naik-turun tangga membuat otot dan tulang jadi lebih kuat dan sehat (Foto: pixabay/silviarita)

Ketika naik-turun tangga, otot dan tulang diseluruh tubuh kamu akan ikut bergerak aktif. Mulai dari otot kaki, paha, lengan, hingga punggung. Pergerakan itu membuat otot dan tulang menjadi lebih kuat dan sehat. Kepadatan tulang pun akan meningkat. Hingga bisa mencegah risiko osteoporosis.

Baca Juga:

Awas! Depresi Bisa Bikin Ukuran Otak Menyusut

3. Menurunkan Risiko Stroke

Naik turun tangga bisa turunkan risiko stroke (Foto: pixabay/mohammed_hassan)

Sebuah studi menyebutkan jika aktivitas fisik seperti naik tangga, bisa menurunkan risiko munculnya stroke. Karena pada studi itu diketahui, bahwa orang yang membiasakan diri naik turun tangga hingga 3-5 kali seminggu. Memiliki risiko terkena stroke 30% lebih rendah, ketimbang orang yang jarang berolahraga.

4. Mengendalikan Gula Darah

Cegah diabetes dengan naik-turun tangga (Foto: pixabay/isucc)

Naik-turun tangga rupanya baik diterapkan oleh para penderita diabetes. Karena saat kamu naik-turun tangga. Otot rangka bergerak aktif dan menggunakan gula sebagai energi. Hingga kadar gula darah kamu bisa menjadi lebih stabil. Selain menjaga stabilnya gula darah, naik-turun tangga juga bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Hal itu tentunya baik untuk mencegah penyakit kardiovaskuler.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Studi mengungkapkan jika kebiasaan naik turun tangga bisa optimalkan kesehatan otak (Foto: pixabay/geralt)

Sebuah studi terbaru mengungkapkan, bahwa kebiasaan naik-turun tangga bisa mengoptimalkan kesehatan otak. Hasil studi itu menunjukan. Jika orang yang sering naik-turun tangga. Akan mengalami penuaan otak lebih lambat ketimbang orang yang jarang naik-turun tangga.

Akibatnya, orang yang sering naik turun tangga atau ruti berolahraga, juga terlihat bisa terhindar dari kepikunan dan memiliki konstrensi serta daya ingat yang lebih baik. (Ryn)

Baca Juga:

Awas! Keseringan Main Gadget Bisa Bikin Anak Depresi

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH