Harison Chandra Berbagi Teknik Brewing Terkini di Acara Kisah Kopi Volume 2 Harison Chandra saat workshop tentang teknik brewing terbarunya (Foto: MP/Leonard GI)

KISAH Kopi Volume 2 kembali hadir sebagai festival kopi masa kini. Bertujuan untuk berbagi pengalaman baru kepada para kopi antusias dalam ruang lingkup brand kopi lokal.

Festival yang dihelat dari tanggal 20-23 Februari 2020 di Main Atrium Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan ini menghadirkan beragam brand kopi kekinian yang didominasi oleh brand lokal, berupa independent coffee shop maupun local coffee chain.

Baca juga:

Tak Cuma Bikin Kopi, Seorang Barista Juga Harus Punya 4 Skill Ini

Salah satu pesertanya yang sudah tidak asing lagi di telinga para pencinta kopi, yaitu Ottoman's Coffee, berkolaborasi dengan Beangasm yang berbagi tempat di booth yang sama.

Sebagai catatan, Ottoman's Coffee merupakan salah satu tempat ngopi di bilangan Jakarta Selatan yang dikomandoi oleh Harison Chandra. Dia memiliki segudang predikat, diantaranya juara 2 IBRC 2020, juara 3 IBRC 2018, dan juara pertama IBRC 2017.

Harison Chandra
Pengunjung terlihat antusias mengikuti workshop yang dibawakan Harison Chandra (Foto: MP/Leonard GI)

Saat ditemui merahputih.com, Minggu (23/2) di hari terakhir acara Kisah Kopi Volume 2, ia baru saja selesai meluncurkan roastery terbarunya lewat acara Coffee Manual Brewing Workshop. Saat workshop berlangsung, terlihat banyak pengunjung yang bersemangat mengikuti tahap demi tahap demo oleh Harison.

Selain berdemo sambil mempresentasikan, pengujung juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung melalui tanya jawab. Saat proses manual brewing selesai, para pengunjung yang beruntung dapat juga mencicipi kopi racikannya.

"Tujuan ikut acara Kisah Kopi Volume 2 selain untuk mempromosikan kafe kita, juga untuk menjaring customer maupun future client yang mencari supplier beans," ungkap Harison. Ia juga mengatakan, ikut dalam acara ini agar bisa membangun relasi dengan orang-orang yang bergerak di dunia perkopian.

Baca juga:

Bukan Cuma Jago Meracik Kopi, Seperti ini Sosok Barista Idaman

Harison Chandra mendemonstrasikan teknik brewing terbaru, yang menurutnya akan mudah dipraktikan oleh orang banyak. "Teknik terbaru tersebut bisa dikenal lewat tiga kata kunci, yaitu easy, consistent and repeatable," terangnya dengan antusias.

Acara Kisah Kopi Volume 2
Suasana saat acara Kisah Kopi Volume 2, Minggu 23-02-2020 di Kemang Village (Foto: MP/Leonard GI)

Ia juga menambahkan manual brewing adalah proses menyeduh kopi tanpa menggunakan mesin. Lebih tepatnya brewing natural, ekstraksinya menggunakan alam tanpa ekstra pressure, tergantung dari gaya gravitasi alami.

Harison juga membagikan tips bagi para pemula yang mau mendalami teknik manual brewing. "Pertama harus melihat roasting profile dan originnya serta roastingnya seperti apa," terangnya.

Dia juga menyarankan agar sering mencoba beragam kafe dan membeli beragam beans. Dengan begitu, lidah akan terkalibrasi dengan baik. Sama halnya seperti belajar sesuatu yang baru, Harison berpesan agar selalu rajin bertanya dan berlatih.

Menurutnya, pengunjung di hari ketiga dan keempat banyak didominasi oleh para coffee enthusiast. Tidak sedikit dari mereka banyak mencari green beans berkualitas yang disediakan langsung oleh Beansgasm. (lgi)

Baca juga:

Minum Kopi Kurang Lengkap Tanpa Camilan Lezat, Nih 4 Rekomendasinya!

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH