Green Screen, Teknologi Di Balik Suksesnya Film Hollywood Teknologi Green Screen menjadi salah satu rahasia di balik suksesnya film Hollywood (Foto: NYFA)

BERKEMBANGNYA teknologi dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam bidang. Salah satunya dalam dunia perfilman. Layar hijau atau green screen menjadi salah satu wujud penerapannya di dunia film. Tak lain, green screen didukung dengan teknologi canggih untuk menghasilkan adegan gambar realistis. Seperti apa teknologi green screen bekerja?

Green screen digunakan untuk memanipulasi latar belakang sebuah objek. Dengan ini, sineas film dapat menambahkan atau mengubah gambar sesuai keinginan. Efek visualisasi yang dihasilkan disebut sebagai virtual background, manipulasi gambar secara digital.

Baca juga:

5 Film 'Sci-Fi' dengan Biaya Produksi Termahal

Contohnya seperti menambahkan Menara Eiffel, zombi, laut, langit, dan efek-efek lainnya sesuai kebutuhan gambar. Penataan green screen juga sangat berpengaruh dalam proses editing. Hal ini untuk menojolkan obyek utama sekaligus melakukan blocking, sehingga pembuat film dapat mengganti green screen dengan obyek lain.

Green Screen, Teknologi Di Balik Suksesnya Film Hollywood
Michael Jordan dalam proses pembuatan film Space jam sebelum dan sesudah (Foto: imgur)

Kenapa harus warna hijau? Penggunaan warna hijau adalah untuk memudahkan identifikasi dan memodifikasi obyek. Selain hijau, warna biru juga sering digunakan dalam proses pembuatan film. Diantara warna lainnya, hijau merupakan warna yang paling mudah dimanipulasi ketika proses editing.

Baca juga:

Dengan Teknologi, 4 Film Animasi Disney Ini akan Menarik Dibuat Versi 'Live-Action'

Green Screen, Teknologi Di Balik Suksesnya Film Hollywood
Penggunaan kostum green screen dalam pembuatan film The Guardians of The Galaxy (Foto: looper)

Lalu bagaimana cara menghilangkan objek green screen? Proses editing yang dilakukan bisa menggunakan berbagai aplikasi termasuk Adobe Premiere, Adobe After Effect, Sony Vegas, ataupun software lainnya. Salah satu cara untuk mengambil subjek dari dunia nyata dan menempatkannya pada area digital disebut dengan chromakeying.

Green Screen, Teknologi Di Balik Suksesnya Film Hollywood
Proses pembuatan flm Game of Thrones. (Foto: Pinterest)

Keying adalah proses mengisolasi satu warna atau nilai kecerahan dalam gambar elektronik untuk membuat gambar menjadi transparan. Sedangkan, lumakeying adalah proses dimana mengganti background yang kita inginkan.

Industri film Hollywood merupakan salah satu yang sering menggunakan green screen. Efek yang dihasilkan pun membuat para penonton terpukau. Membuat film dengan genre apapun menjadi laris manis. Selain dunia perfilman, green screen juga bisa digunakan untuk kebutuhan fotografi ataupun video lainnya. (and)

Baca juga:

Deretan Film Hollywood dengan Biaya Produksi yang Fantastis, Sangat Mahal!



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH