5 Film 'Sci-Fi' dengan Biaya Produksi Termahal Membutuhkan CGI Berat Sehingga Biaya Produksi Sangat Mahal (foto: Engadget)

FILM fiksi ilmiah. Dengan teknologi sangat canggih, kini bisa menghasilkan gambar yang sangat realistis. Dari kekuatan luar biasa hingga gaya bertarung apik. Tentunya semua itu membutuhkan biaya tidak sedikit. Dibutuhkan efek Computer Generated Imagery (CGI) yang rumit.

CGI akan memengaruhi pengeditan yang mulus agar gambar semakin realistis. Film bertemakan sci-fi sudah tidak terhitung jumlahnya. Mulai dari seri Star Wars hingga Marvel Cinematic Universe (MCU). Dilansir dari laman the richest, berikut lima film sci-fi dengan biaya produksi tertinggi.

Baca juga:

Film-Film DC Comics Terlaris, Mana Favoritmu?

1. Justice League

DC memang tidak seberuntung MCU yang mampu hasilkan satu miliar dolar dari satu film. Biaya Produksi Justice League mencapai Rp 4,3 triliun. Tetapi hanya menghasilkan uang senilai Rp 9,3 triliun.

Memang dua kali lipat. Namun jumlah tersebut tidak sebanding dengan biaya produksinya. Banyak penggemar sci-fi kecewa dengan efek yang 'biasa saja' dan alur cerita amburadul. Tetap saja film ini memiliki biaya produksi sangat tinggi.

2. Star Wars : The Last Jedi

Siapa yang tidak tahu Star Wars? Meski kurang suka, pasti jutaan orang di dunia tahu tentang seri film legendaris tersebut. Semua itu karena banyaknya karakter fiksional keren dan perjalanan luar angkasa menakjubkan. Membuat banyak orang menyukainya.

Beberapa film seri awal Star Wars memakan anggaran yang sangat kecil sekitar Rp 213 miliar. Film teranyar dari seri ini, The Last Jedi, mampu memecahkan rekor biaya produksi hingga Rp 4,5 triliun.

Semua masuk akal setelah menonton filmnya. Semuanya terasa begitu nyata. Mulai dari adegan pertarungan dan makhluk fantasi. Tidak heran seri film ini memiliki banyak penggemar.

3. Avengers : Infinity War

Tiga film dengan biaya produksi termahal merupakan franchise Marvel Avengers. Prekuel ini membuat kesuksesan besar dari Avengers: Endgame. Film ini memperkenalkan sang penjahat utama, Thanos.

Hebatnya film ini mampu membuat semua penggemarnya menantikan kelanjutan ceritanya. Film ini memakan biaya produksi sebesar Rp 4,6 triliun. Meski masih kalah dengan film berikutnya, Avengers: Infinity War juga sangat sukses.

Baca juga:

Avengers: Endgame Kalahkan Avatar Sebagai Film dengan Pendapatan Terbesar

4. Avengers : Endgame

Bukan hanya mengakhiri Marvel Avengers. Endgame adalah film yang mampu merebut gelar film terlaris sepanjang masa. Film ini sangat luar biasa dengan seluruh alur ceritanya.

Tidak heran jika semua orang yang menonton sangat menyukainya. Film ini membutuhkan Rp 5 triliun untuk biaya produksinya. Tetapi dengan kesuksesannya, membuat Duo Sutradara Russo Brothers sangat dikagumi.

5. Avengers : Age of Ultron

Age of Ultron merupakan film sci-fi termahal. Meski awal perilisannya tidak sehebat Endgame. Namun Age of Ultron masih menjadi salah satu film terlaris dari MCU. Dalam filmnya para Avengers melawan karakter Ultron yang bertujuan untuk menghancurkan dunia.

Film ini memiliki banyak sekali detail yang perlu diperhatikan. Tidak heran jika biaya produksinya menembus angka Rp 5,2 triliun. Memang sangat besar, tetapi adegan pertarungan pada penghujung film dianggap sebagai salah satu yang terbaik di MCU. (ape)

Baca juga:

5 Film Animasi Pixar Dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang Masa



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH