Gagal Membuat Dalgona Coffee? Coba Lebih Teliti Tentang 4 Hal Ini Beberapa penyebab mengapa kamu gagal membuat kopi dalgona (Foto: HealthyLifeBoxx)

SEPERTI yang mungkin sudah kamu tahu, dalgona coffee lagi ngetren banget karena cara pembuatannya yang unik. Namun, tidak sedikit warganet yang gagal dalam proses pembuatannya. Nah, apakah kamu salah satunya? Mungkin kegagalanmu disebabkan oleh beberapa hal, coba untuk lebih teliti tentang hal-hal di bawah ini.

Baca juga:

Resep Dalgona Coffee, Minuman Hits di Instagram Cocok untuk #DiRumahAja

1. Penggunaan kopi instan 3 in 1

Gagal Membuat Dalgona Coffee? Coba Lebih Teliti Tentang 4 Hal Ini
Jangan buat kopi dalgona dengan kopi 3 in 1 (Foto: Pixabay/veerasantinithi)

Dilansir dari laman Yummy, banyak orang berpikir bahwa minuman ini bisa dibuat dari kopi sachet 3 in 1. Padahal bahan-bahan yang ada dalam kopi instan 3 in 1 ternyata juga berisi bahan lain yang enggak diperlukan dalam pembuatan kopi dalgona.

Makanya kemungkinan kamu bisa gagal dalam membuat kopinya. Jadi coba cari kopi instan yang enggak ada campuran lainnya ya. Jadi cukup kamu tambahkan gula dan air saja.

2. Salah takaran

Gagal Membuat Dalgona Coffee? Coba Lebih Teliti Tentang 4 Hal Ini
Pastikan takaran air, gula, dan kopinya tepat (Foto: Pixabay/ulleo)

Sebenarnya kopi yang satu ini sangat mudah dibuat. Namun kalau kamu tidak menakarnya dengan pas maka pasti kamu akan gagal. Kalau adonanmu gagal mungkin kamu terlalu banyak memberi air atau justru terlalu sedikit menggunakan air. Ada juga yang gagal karena gula yang dimasukkan tidak cukup.

Makanya Yummy menyarankan takaran yang paling pas yaitu 1 sendok makan kopi instan, 2 sendok makan air dingin, dan 8 sendok makan gula.

Berbeda banget kan sama resep kebanyakan? Tapi menurut Yummy, rasio ini yang paling tepat untuk membuat tekstur awan yang kamu inginkan. Jadi enggak ada salahnya deh kamu coba apalagi kalau selama ini kamu gagal membuat kopi hits yang satu ini.

Baca juga:

3 Sarapan Sehat yang Mudah Dibuat Saat 'Self Quarantine'

3. Tidak menggunakan pengocok

Gagal Membuat Dalgona Coffee? Coba Lebih Teliti Tentang 4 Hal Ini
Pakai alat pengocok agar berhasil membuat adonannya (Foto: Pixabay/moritz320)

Seperti yang kamu tahu cara membuat kopi ini adalah dengan mengocoknya. Tapi jangan asal mengocok pakai sembarang alat ya. Kamu perlu mwnggunakan whisk atau mixer biar adonannya bisa mengembang.

Kemudian, jangan sekali-kali mencoba mengocoknya pake blender ya. Soalnya blender malah akan memanaskan campuran kopimu sehingga malah membuatnya tidak bisa mengembang dengan baik kemudian gagal deh.

4. Enggak sabaran

Gagal Membuat Dalgona Coffee? Coba Lebih Teliti Tentang 4 Hal Ini
Agar bisa membuat tekstur yang diinginkan kamu harus sabar (Foto: Pixabay/stux)

Selain bentuknya yang estetik dan instagrammable, kopi dalgona ini jadi terkenal banget karena proses pembuatannya. Agar bisa menghasilkan kopi yang foamy ini kamu perlu mengocoknya ratusan atau bahkan mungkin ada yang ribuan kali.

Nah, makanya kunci dari cara pembuatan kopi dalgona terletak pada kesabaran. Banyak orang yang akhirnya gagal karena enggak sabaran. Mereka jadi berhenti mengocoknya sehingga akhirnya adonan yang tadinya cair jadi enggak bisa berubah deh.

Makanya kalau bahannya sudah tepat, takarannya juga sudah pas yang kamu butuhkan adalah kesabaran untuk membuatnya. Semoga kali ini kamu berhasil membuat kopi dalgona ya! (sam)

Baca juga:

5 'Challenge' Instagram Anti Mati Gaya saat #DiRumahAja



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH