Beberapa Fakta Tentang Ebay Situs E-Commerce Terbesar di Dunia eBay

Salah satu E-Commerce yang baru naik daun saat ini adalah eBay Indonesia. Bahkan sebenarnya sebelum memutuskan berkantor di Indonesia, Ebay sudah ada beberapa tahun belakangan ini dengan nama belanja[dot]com.

Sebenarnya apa itu Ebay? Ebay ini merupakan sebuah pasar online, tapi pasar online yang satu ini terbilang istimewa karena kemampuannya untuk mencakup pasar online dunia. Bisa dikatakan di sinilah tempatnya para penjual dan pembeli seluruh dinia berkumpul. (Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Situs Belanja Online)

Menariknya lagi, eBay ini adalah salah satu E-Commerce yang menjajakan barang yang diperdagangkan dengan nilai lebih dari US $1.840 setiap detiknya serta mempu menjangkau lebih dari 241 juta pembeli di seluruh dunia.

Sejarah eBay

Logo eBay. Foto: Marketplaces

E-Commerce yang satu ini tepatnya didirikan pada tahun 1995 oleh Pierre Omidyar sebagai AuctionWeb. Pada awalnya Ebay ini merupakan tempat untuk berdagang koleksi barang-barang yang sulit ditemukan.

Tetapi dalam perkembangannya Ebay kemudian berubah menjadi pasar online dimana segala sesuatu bisa diperjual belikan. Dengan daftar barang lebih dari 103,6 juta di seluruh dunia serta adanya penambahan daftar barang lebih dari 6,1 juta perharinya, membuatnya menjadi raksasa E-Commerce dunia.

Pasar online yang satu ini bisa dikatakan memiliki potensi yang sangat menggiurkan jika digunakan sebagai ladang bisnis jual beli. Hal ini disebabkan menawarkan kesempatan yang tak terhingga bagi semua orang untuk melakukan jual beli di seluruh dunia. (Baca: Memilih Marketplace Indonesia yang Bisa Dipercaya)

Siapa Saja yang Bisa Menjual di eBay?

Wajar saja jika kemudian Ebay memutuskan untuk membuat kantor di Indonenesia. Terlebih lagi perkembangan transaksi online di Indonesia beberapa tahun belakangan ini terbilang sangat luar biasa. Selain itu, beberapa tahun belakangan ini masyarakat Indonesia kebanyakan lebih memilih cara online dan perlahan mulai meninggalkan cara yang konvensional. Melihat potensi besar inilah yang kemudian membuat banyak E-Commerce kelas dunia memutuskan untuk melebarkan sayap bisnisnya di Indonesia.

Terlepas dari smua itu, sebenarnya siapa saja yang bisa menjual barangnya di Ebay Indonesia ini? Pada dasarnya siapa saja bisa menjual barangnya di Ebay, mulai dari grosir/distributor, pengecer domestik, manufaktur lokal, pedangan (impor/ekspor), wiraswasta/memulai bisnis, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu tunggu apa lagi, manfaatkan peluang bisnis yang lagi booming seperti ini. Jangan sampai Anda terlambat untuk memulainya. Tapi keputusan tetap ada di tangan Anda masing-masing.

Sistem Pembayaran di eBay

Setelah tahu siapa saja yang bisa menjual barangnya di Ebay, yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah seperti apa sistem pembayaran di Ebay? Sistem pembayaran yang ada di Ebay ini umumnya menggunakan Paypal, memangnya kenapa harus Paypal? Alasan terbesarnya adalah sistem pembayaran seperti ini dinilai lebih aman baik untuk pembeli maupun penjual serta sangat cocok untuk pembayaran lelang.

Kenapa demikian? Sebab para pemegang akun Paypal akan diverivikasi oleh pihak Paypal terlebih dahulu sehingga kemungkinan terjadinya penipuan bisa diminimalisir sekecil mungkin. Selain melalui Paypal, di Ebay juga terdapat cara pembayaran lain yang bisa Anda pilih, contohnya saja seperti moneybooker, egold, western union, transfer bank, tunia, dan cek. (Baca: Seberapa Perlu Payment Gateway Untuk Bisnis Kamu?)

credit: Image courtesy of eBay

Yang perlu Anda perhatikan di sini adalah saat bertransaksi di Ebay ini biaya pengiriman akan dibebankan kepada para pembeli dengan syarat dan ketentuan yang sudah dilakukan antara penjual dan pembeli, baik domestik maupun internasional.

Cara Kerja eBay

Setelah tahu sejarah, siapa saja yang bisa berjualan, dan seperti apa sistem pembayaran di Ebay, penting juga untuk tahu sebenarnya seperti apa cara kerja dari Ebay ini? Apakah sama saja dengan E-Commerce pada umumnya, ataukah ada perbedaannya? Dalam pasar online Ebay ini Anda tidak perlu mendaftar terlebih dahulu agar supaya bisa melihat barang-barang yang ingin Anda cari atau barang-barang yang dijual di Ebay.

Namun meskipun demikian, untuk bisa melakukan pembelian atau penjualan, Anda diharuskan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Nantinya Anda akan disuruh untuk memasukkan beberapa informasi mulai dari nama, email, dan Anda juga akan disuruh membuat password untuk akun Anda ini.

Barulah setelah itu Anda bisa memperoleh ID pengguna Ebay yang memiliki fungsi untuk transaksi serta proses yang ada di dalam Ebay itu sendiri. Nantinya setelah proses regristrasi akun/sign up selesai, barulah Anda bisa melakukan transaksi di Ebay.

Kelebihan E-Commerce eBay

Bagi Anda yang memilih melakukan transaksi jual beli dengan melalui Ebay, beberapa keunggulan atau keuntungan yang ditawarkannya adalah sebegai berikut ini:

1. Masih mempertahankan beberapa situs khusus yang sangat membantu, misalnya EBay Pulse yang bisa memberikan Anda informasi mengenai istilah pencarian populer, tren, serta item yang paling banyak dicari dan dilihat.

2. Proses pendaftarannya bisa dibilang sangat mudah. Selain itu, siapapun bisa berdagang di Ebay, kapanpun, dan dimananpun.

3. Ebay tidak memungut biaya keanggotaan di muka atau bahkan yang tersembunyi alias gratis untuk menjadi anggota eBay.

4. Resiko adanya kecurangan dan penipuan bisa diminimalisir lantaran adanya pusat keamanan, program sistem umpan balik, serta adanya perlindungan pembeli dari eBay dan juga PayPal.

5. Terdapat juga konten Ebay Komunitas lain, termasuk diantaranya Groups, Discussion Board, Answer Center, Reviews & Guides, dan Chat Rooms.

6. Dilengkapi dengan penawaran mobile yang cukup kuat, termasuk diantaranya SMS alert, Java ME client, situs WAP, serta aplikasi iPhone Apple tersedia di pasar tertentu.

7. Dilengkapi dengan pilihan untuk menampilkan berbagai jenis produk secara Grid atau List. Selain itu, tampilan Webnya terkesan simpel tapi elegan.

8. Memiliki rating lebih tinggi dengan Top rated seller. Menariknya, harga yang ditawarkan terkesan lebih murah.

9. Jenis produk yang ditawarkan sangatlah lengkap. Bahkan tidak hanya produk keluaran perusahaan saja, tapi produk-produk yang dijual kembali oleh pemiliknya juga banyak tersedia di sini.

10. Tersedia juga produk-produk langka yang sangat bernilai. Selain itu, sistem pembeliannya juga bisa dilakukan melalui sistem lelang.

Kekurangan E-Commerce eBay

Tidak bermaksud untuk menjelek-jelekkan Ebay, tapi memang benar adanya. Meskipun banyak yang mengakui jika Ebay memiliki banyak sekali keunggulan, tapi ada beberapa kekurangan yang dimilikinya, seperti:

1. Tampilan fiturnya masih kalah bagus jika dibandingkan dengan pesaing utamanya yaitu Amazon yang juga merupakan situs jual beli onlie yang cukup terkenal. Selain itu, tata layoutnya juga kurang terstruktur dengan baik.
2. Meskipun sitem keamanannya terbilang jempolan, tapi nyatanya ada beberapa kasus pembeli tertipu. Hal ini mungkin dikarenakan ada barang yang kosong atau tidak ada namun masih tetap ditawarkan, mungkin hal inilah yang membuat pembeli tertipu.
3. Ketika melakukan pencarian judul film di Ebay terbilang cukup membingungkan. Hal ini disebabkan pada situs tersebut tidak digolongkan film pada formatnya sehingga pada akhirnya terjadi kesemprawutan pada hasil pencarian.

Tetapi meskipun demikian, jika dibanding dengan keunggulannya, kekurangan Ebay di atas tidak ada apa-apanya. Itulah kenapa banyak masyarakat Indonesia yang tetap setia memanfaatkan Ebay Indonesia.



Teguh Riyanto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH