Memilih Marketplace Indonesia yang Bisa Dipercaya Ilustrasi (Pixalbay)

JIKA jawaban atas pertanyaan di atas tidak, maka masih ada keraguan pada diri Anda terhadap beberapa marketplace Indonesia. Dan itu bukan hal yang salah. Sangat wajar. Semakin banyak bermunculan situs ecommerce membuat masyarakat kebingungan mana yang harus Anda percaya.

Mungkin untuk para pemain lama, sudah tidak perlu lagi untuk Anda ragukan. Namun, bagaimana dengan yang baru?

Tentu saja Anda punya alasan mengapa ingin mencoba melakukan transaksi dengan situs ecommerce yang baru. Mungkin alasannya adalah harga. Apalagi sekarang ini semakin banyak produsen produk atau pelaku UKM yang tidak hanya memasarkan produk mereka di satu marketplace saja, tapi banyak lagi. Bahkan, ada yang membuat sendiri. (Baca juga: Mungkinkah Rupiah Menjadi Mata Uang Dunia?)

Namun, pertanyaannya adalah apakah situs tersebut bisa dipercaya oleh calon konsumen, termasuk Anda? Belum tentu. Karena pada intinya, yang paling sulit dalam menjalankan bisnis online adalah mendapatkan kepercayaan. Bisnis ini sangat didasarkan pada kepercayaan mengingat antara pihak yang melakukan transaksi tidak saling bertemu bertatap muka secara langsung.

Terlepas dari hal tersebut, kehadiran marketplace Indonesia memberikan angin segar untuk para penjual dan pembeli online. Marketplace ini akan menjadi perantara terpercaya bagi kedua belah pihak. Tentunya untuk memudahkan dalam transaksi jual beli produk.

Sekilas Mengenai Marketplace

Marketplace
Ilustrasi. (Pixabay)

Marketplace dikenal sebagai pasar di dunia online. Keberadannya sama seperti pasar nyata yang mana sebagai penyedia tempat bagi penjual online. Bisa dikatakan jika marketplace adalah satu tempat untuk melangsungkan perdagangan melalui media elektronik.

Proses perdagangan berlangsung lantaran tersedianya lahan online yang disediakan oleh marketplace. Di sinilah para penjual online berdatangan dan mengambil tempat di dalamnya. Tentunya penjual online memanfaatkan ruang yang dikhususkan untuknya.

Setelah melalui proses verifikasi dari penyedianya, penjual online tinggal memasukkan beberapa kategori produk di lapak online. Kemudian, penjual hanya perlu menunggu calon pembeli yang mampir ke lapaknya.

Cara kerja tersebut tentu sangat memudahkan. Hal ini mengingat banyaknya masyarakat yang mulai bergantung pada kecanggihan teknologi. Contohnya adalah tinggal mengetikkan jenis produknya di marketplace.

Calon pembeli akan diberikan saran produk-produk ternama yang diperjualbelikan dalam marketplace Indonesia ini. Calon pembeli tinggal memilih produk, kemudian melakukan pembelian seperti biasanya.

Untuk memudahkan dalam hal transaksi, penyedia tempat telah memberikan jaminan transaksi yang aman. Jaminan transaksi ini dalam bentuk rekening bersama atau ecrow.

Rekening bersama (Rekber) dibuat oleh penyedia (marketplace) yang telah bekerjasama dengan pihak perbankan. Alurnya, pembeli akan mentransfer uang ke rekber yang disediakan saat membeli produk di penjual online yang ada di dalamnya.

Saat barang telah sampai di tangan konsumen, uang yang tersimpan dalam rekber baru diteruskan ke pihak penjual. Sebaliknya bila barang tidak dikirim oleh penjual, pihak pembeli bisa mengklaim pengembalian uang dengan mudah. (Baca juga: Seberapa Perlu Payment Gateway untuk Bisnis Kamu?)

Kelebihan Dan Kekurangan Marketplace Indonesia

Sebagai penjual online, ada beberapa keuntungan yang diberikan oleh pasar online Indonesia ini. Di lain sisi, ada kekurangannya.

marketplace
Ilustrasi. (Pixabay.com)

1. Kelebihan Marketplace

Marketplace hadir sebagai solusi untuk mendongkrak penjualan produk secara online. Ini biasanya dimanfaatkan oleh penjual online. Khususnya penjual yang tidak memiliki toko online sendiri.

Tergabungnya penjual di dalamnya memberikan banyak keuntungan. Pertama adalah marketplace ini menjadi tempat berkumpulnya para pedagang dan pembeli online.

Banyak sekali calon pembeli yang mampir untuk menemukan produk yang sedang dicarinya. Baik itu produk berupa barang elektronik, pakaian, asesoris sampai produk obat-obatan. Menariknya, penjual tidak perlu promosi karena promosi ini sudah dilakukan oleh pasar online tersebut.

Kedua adalah aman dalam proses transaksi jual beli. Ini terlihat jelas dengan adanya fitur rekber yang dijalankan oleh Marketplace Indonesia. Jadi, pembeli tidak akan tertipu mentransfer uang ke penjual.
Ketiga adalah banyak produk yang diperjualbelikan di dalamnya. Tentu saja, produknya beraneka ragam. Calon pembeli hanya perlu memanfaatkan fitur pencarian setelah memasuki marketplace tersebut.

2. Kekurangan Marketplace

Selain menawarkan kelebihan, ada juga kekurangannya. Salah satunya adalah persaingan antara penjual lebih sengit. Hal ini dikarenakan oleh persaingannya lebih terbuka dalam menjual produk yang sama.

Misalnya, calon pembeli mengetikkan jenis produk A, maka ada banyak rekomendasi yang diberikan pada calon pembeli. Rekomendasi ini bukan hanya untuk lapak Anda sendiri, namun lapak penjual lain yang bisa sampai puluhan.

Kekurangan yang kedua adalah iklan dari penjual lain masuk ke lapak Anda. Biasanya ini dilakukan oleh penjual yang tidak bertanggungjawab. Tapi jika Anda menjadi anggota di marketplace terpercaya dengan regulasi yang baik, iklan ini tidak akan muncul. Setidaknya, ada pemberitahuan yang akan membuat penjual lain bisa menghentikannya agar tidak merugikan yang lainnya.

Ketiga adalah keberlangsungan marketplace tidak diketahui. Ketika pembuat marketplace tidak memperoleh keuntungan dan kehabisan modal, tentu pasar online ini akan berhenti.

Kuncinya, ketersediaan modal dan keuntungan yang besar akan membuatnya tetap eksis. Dan penjual yang tergabung di dalamnya akan menikmati hasil kerjasamanya. (*)


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH