Developer Banyak Kembangkan Hunian Bernuansa Bali di Jabodetabek Bali Resort Bogor (Foto: Istimewa)

ADA banyak faktor yang melatar belakangi seseorang dalam memilih tempat tinggal idamannya. Tidak hanya dari faktor harga dan keterjangkauan kawasan hunian, aspek arsitektur dan lingkungan pun secara khusus dipertimbangkan oleh mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah masyarakat di kota-kota besar seperti di Ibukota mendambakan tinggal di hunian-hunian bergaya atau bernuansa Bali. Selain unik dan khas, nuansa Bali sering dikaitkan dengan hunian yang mengutamakan faktor keasrian dan ketenangan.

Baca juga:

Properti di Parung Panjang Banyak Diincar di Sepanjang Tahun 2020

Melihat kemunculan segmen pencarian properti ini, tidak sedikit developer yang membawa nuansa Bali tersebut dalam proyek-proyek huniannya. Saat ini, kawasan DKI Jakarta diketahui yang paling banyak menghadirkan perumahan bergaya Bali dibandingkan beberapa kota besar di Indonesia maupun di Jabodetabek

Tidak hanya pengembangan dari sisi arsitektur dengan berbagai ornamen dan material khas rumah tradisional bali, pengembangan kawasan hunian dengan orientasi penghijauan dan keasrian diketahui merupakan focal point dalam menghadirkan nuansa Bali ke dalam perumahan-perumahan yang dikembangkan di Ibukota.

Kemunculan Perumahan Nuansa Bali di Bogor

Perumahan bernuansa Bali hadir Bogor (Foto: Istimewa)

Dalam beberapa tahun terakhir, pengadopsian nuansa bali dalam desain hunian tapak atau perumahan diketahui tidak hanya diaplikasikan pada kawasan perkotaan selayaknya Jakarta.

Di kawasan satelit Ibukota atau Bodetabek, Bogor diketahui yang gencar menyediakan nuansa tersebut dalam 5 tahun terakhir. Uniknya, sejumlah perumahan bernuansa bali di kawasan Bogor tidak banyak terletak di pusat Kota Bogor melainkan di kawasan Kabupaten Bogor ataupun Depok.

Baca juga:

Apa Saja Keuntungan Memiliki Rumah Toko di BSD City

Mengambil contoh salah satu perumahan bernuansa bali terbaru di Bogor yakni perumahan Bali Resort Bogor. Dikembangkan oleh developer terpercaya MASGROUP pada lahan seluas 13 hektar, perumahan Bali Resort Bogor mengkolaborasikan unsur-unsur arsitektur rumah minimalis dengan ornamen-ornamen tradisional khas rumah dijual di Bali. Tidak hanya dari sisi arsitektur khas Bali, perumahan Bali Resort Bogor juga dikembangkan dengan konsep resort bintang lima di Pulau Dewata.

Novriyadi, Head of Property Research Lamudi.co.id, menyebutkan pengadopsian nuansa Bali pada sektor perumahan di Bogor seperti Bali Resort Bogor menjadi terobosan yang menarik untuk para pencari tempat tinggal yang mendambakan tinggal selayaknya di Pulau Bali.

'Pengadopsian nuansa Bali merupakan usul yang inovatif pada sektor perumahan di Bogor yang banyak didominasi dengan sistem cluster dengan bangunan berdesain minimalis modern.' ujar Novri.

Ia menambahkan, dibandingkan di Ibukota, nuansa keasrian dan ketenangan yang hadir di kawasan Bogor selaras dengan keadaan di Pulau Bali, dimana para pemukim akan lebih maksimal merasakan nuansa saat bermukim disana. (ikh)

Baca juga:

Kawasan Perbatasan Ibu Kota Ini Masih Sediakan Hunian Harga Terjangkau untuk Milenial

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH