Daun Sukun, Daun Sakti Banyak Khasiat Daun sukun memiliki kandungan yang bermanfaat besar bagi tubuh. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

BANYAK khasiat, gambaran yang tepat pada daun sukun. Daun ini diyakini menjadi obat herbal. Di dalam daun ini terdapat kandungan seperti falvonoid, kalium, polifenol, asam amino esensial, dan masih banyak lagi yang bermanfaat bagi tubuh.

Tumbuhan sukun atau yang biasa disebut artocarpus altilis masuk dalam kelompok tumbuhan mulberry yang banyak berkembaang di area tropis seperti Indonesia. Buah sukun bentuknya hampir mirip nangka, memiliki warna kulit hijau dengan daging berwarna putih dan tekstur seperti benang. Pohon sukun dapat tumbuh dengan subur di lingkungan tropis Indonesia.

Baca Juga:

Beberapa Fakta Menarik Tanaman Herbal, Dari Pengobatan Hingga Bahan Masakan!

1. Mengatasi sakit jantung

jantung
Kandungannya mencegah kerusakan sistem karduivaskular. (Foto: Pexels/Rick Gailer)

Daun sukun yang diolah seperti teh, memiliki kandungan flavonoid, riboflavin, dan sistosterol yang sudah diakui oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Ini diakui sebagai kandungan sehat yang mampu mencegah kerusakan sistem kardiovaskular, salah satunya karena paparan radikal bebas. Menurut pendapat dr. Karlina Lestari dari laman SehatQ daun sukun diakui dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

2. Menurunkan risiko kerusakan di dalam tubuh

daun
Anti oksidannya mampu menangkal kerusakan di dalam tubuh. (Foto: Pixabay/alexeva8)

Kaya akan antioksidan dapat mengurangi berbagai penyakit seperti kadar kolesterol. Selain itu menurut laman ALODOKTER, mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat mengurangi risiko kerusakan tersebut. Radikal bebas seperti asap kendaraan, asap rokok, dan makanan atau minuman yang terkontaminasi pestisida dapat merusak sel-sel dalam tubuh dan mimicu penyakit serius namun dengan adanya daun sukun yang kaya antioksidan mampu mencegah itu.

3. Mencegah tekanan darah tinggi dan diabetes

sukun
Mampu menurunkan risiko tekanan darah tinggi. (Foto: Pixabay/1643606)

Dengan cara menyeduh daun sukun dan meminumnya dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes. Tapi jangan kamu tambah apa-apa ya! Dengan minum secara teratur dan berkala kamu akan mendapat beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar badan tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga:

Begini Efek Samping Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh!

4. Mencegah peradangan hati, limpa dan ginjal

sukun
Kandungan flavonoidnya mampu mengatasi pembengkakan ginjal. (Foto: Pixabay/OpenClipart-Vectors)

Kandungan flavonoid merupakan kandungan yang serupa dengan antioksidan, memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Kandungan ini mampu memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas. Suplemen flavonoid kabarnya bisa mengurangi risiko kanker, hipertensi, dan diabetes. Daun sukun memiliki banyak kandugan ini. Karena kaya akan flavonoid daun sukun mampu mengatasi pembengkakan pada ginjal, pembengkakan limpa, dan meredakan peradangan hati (hepatitis).

5. Mempercepat penyembuhan luka

sukun
Daun sukun dapat mengobati luka karena mengandunng kandungan zat yang mempercepat proses penyembuhan. (Foto: Unsplash/Brian PatrickTag alog)

Kalau bagian dalam yang berupa sel saja mampu diobati apalagi bagian luar seperti kulit. Jika kamu ingin menggunakan daun sukun, kamu dapat membuatnya sebagai gel ekstrak yang bisa dioleskan ke bagian tubuh yang luka. Studi yang dipublikasikan majalah Kedokteran Gigi Universitas Airlangga menyebut bahwa salah satu manfaat daun sukun ialah mempercepat penyembuhan luka. Ini karena daun sukun kaya zat antioksidan, terutama polifenol, flavonoid, tannin, dan alkaloid yang mampu mempercepat proses penyembuhan. Daun sukun juga mampu meredakan sakit gigi. Caranya dengan diseduh tunggu sampai dingin kemudian kumur. (joe)

Baca Juga:

Daun Pepaya, Pahit Tapi Menyehatkan


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH