Daun Pepaya, Pahit Tapi Menyehatkan

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 28 Februari 2020
Daun Pepaya, Pahit Tapi Menyehatkan
Daun pepaya punya banyak manfaat (Foto: Pixabay/Vijayanarasimha)

DIBANDINGKAN buahnya, daun pepaya memang terasa pahit, rasanya akan semakin tajam jika pengolahannya kurang tepat. Namundibalik itu, ia terkenal karena manfaat kesehatannya. Daun pepaya adalah obat luar biasa yang dapat membantu mengelola beberapa kondisi seperti demam berdarah, nyeri haid dan peradangan.

Menurut sebuah penelitian, daun pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain. Ia bertanggung jawab untuk meningkatkan kesehatan keseluruhan seseorang. Daun pepaya juga dikemas dengan phytochemical, vitamin dan mineral.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini sederet manfaat yang akan kamu terima ketika rutin mengonsumsi daun pepaya.

Baca juga:

Mengenal Terapi Chiropractic, Menghilangkan Cedera Punggung

1. Mengobati demam berdarah

Mengobati demam berdarah (Foto: Pixabay/skeeze)
Mengobati demam berdarah (Foto: Pixabay/skeeze)

Demam berdarah adalah penyakit menular yang ditularkan melalui nyamuk. Penyakit ini memengaruhi sekitar 50-200 juta orang di seluruh dunia per tahun. Menurut sebuah penelitian, ekstrak daun pepaya berpotensi meningkatkan jumlah trombosit pada orang yang terinfeksi demam berdarah dan mengurangi demam.

2. Mudah gangguan menstruasi

mengobati gangguan menstruasi (Foto: Pixabay/nastya_gepp)
mengobati gangguan menstruasi (Foto: Pixabay/nastya_gepp)


Daun pepaya merupakan keajaiban bagi perempuan yang sedang menstruasi. Mereka membantu meringankan kembung selama kram menstruasi. Biasanya, teh atau ramuan yang terbuat dari daun pepaya sangat membantu mengobati gejala PMS seperti sakit kepala, sakit perut, gangguan pencernaan dan mual.

Baca juga:

Hati-Hati, Ini Dampak Negatif Ambisius

3. Obati masalah kulit

Obat kanker kulit (Foto: Pixabay/PDPics)
Obat kanker kulit (Foto: Pixabay/PDPics)


Menurut sebuah penelitian, rebusan daun pepaya memiliki kemampuan penyembuhan terhadap kanker, khususnya kanker kulit. Daun pepaya memiliki efek sitotoksik yang kuat sehingga membantu untuk membunuh sel kanker manusia lebih baik daripada obat tradisional lainnya.

4. Menjaga kesehatan hati

Menjaga kesehatan hati (Foto: Pixabay/Elionas2)
Menjaga kesehatan hati (Foto: Pixabay/Elionas2)


Stres oksidatif dapat menyebabkan banyak kerusakan pada hati yang mengarah pada hepatitis dan sirosis terkait HCV. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa mengonsumsi daun pepaya dapat memberikan dukungan potensial bagi hati karena sifat antioksidan dan vitamin E.


5. Obati malaria

Obat malaria (Foto: Pixabay/qimono)
Obat malaria (Foto: Pixabay/qimono)


Malaria adalah salah satu penyakit menular paling mematikan yang disebabkan oleh parasit bernama Plasmodium. Menurut sebuah penelitian, konsumsi daun pepaya pada pasien malaria membantu meningkatkan sel darah merah dan mengurangi beban parasit dalam tubuh mereka. Hal ini dapat menyebabkan pemulihan hati yang cepat dari parasit malaria. (Yni)

Baca juga:

Tipe-Tipe Tongkrongan Anak Muda Jakarta yang Harus Kamu Tahu

#Info Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan