Begini Efek Samping Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh! Buah sirsak kaya akan vitamin C. (alodokter.com)


BUAH sirsak memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan dipercaya mampu membunuh sel-sel kanker. Tanaman ini sering ditemukan di daerah tropis. Lumrahnya, Sirsak diolah menjadi minuman, baik jus atau cukup ditambahkan es dan sirup, juga bisa langsung dimakan dengan tambahan gula.

Banyak orang mengonsumsi sirsak karena tingginya kandungan Vitamin C, Folat, dan Mineral, dan Kalium berguna menjadi sumber nutrisi. Selain itu buah sirsak juga biasa dijadikan sebagai obat herbal atau tradisional.

Baca juga: Apa Benar 'Earphone' Bluetooth Menyebabkan Kanker?



Tak hanya buahnya, daun sirsak juga bisa dikonsumsi. Biasa daunnya akan dijadikan sebagai teh atau suplemen.

Buah ini juga berfungsi untuk mencegah penyakit, seperti infeksi, diabetes, batuk pilek, radang tenggorokan, dan menurunkan kadar gula darah berlebih.

Daun Sirsak
Daun sirsak bisa digunakan untuk menurunkane kadar gula. (alodokter.com)


Namun, di antara sejumlah manfaat, sirsak juga memiliki efek samping. Bila dikonsumsi secara berlebihan, daun sirsak dapat menimbulkan gangguan pada hati dan ginjal.

Efek samping lainnya juga bisa memunculkan kerusakan pada saraf otak dan menimbulkan gangguan pada kendali gerak tubuh dan halusinasi. Bisa juga gangguan otak ini menyerupai penyakit lain seperti penyakit Parkinson.

Baca juga: Makanan yang Baik Bagi Penderita Kanker Hati



Tidak semua orang boleh mengonsumsi daun sirsak, akan lebih baik kamu sedang tidak mengalami, pengobatan untuk diabetes, memiliki tekanan darah atau trombosit rendah, hndak menjalani pemeriksaan pencitraan dengan teknologi nuklir, menderita penyakit parkinson, serta gangguan ginjal dan hati.

Selain itu, ibu hamil dan menyusui juga sebaiknya tidak mengonsumsi daun sisrak. Akan lebih baik bila kamu mau mengonsumsi teh atau suplemennya dikonsultasikan dulu ke dokter untuk mengurangi risiko. (lio)

Baca juga: Kabar Baik! Kini Kanker Bisa Sembuh Dalam Sekejap


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH