Kesehatan Mental

Pilih Jenis Meditasi yang Pas Untukmu

annehsannehs - Senin, 07 Juni 2021
Pilih Jenis Meditasi yang Pas Untukmu
Meditasi membuat Pikiranmu jadi lebih jernih. (Foto- Unsplash/Chelsea Gates)

MEDITASI telah menjadi salah satu kegiatan yang sudah dilakukan manusia sejak zaman dahulu. Meditasi telah menjadi bagian dari berbagai budaya di seluruh dunia yang efektif menciptakan rasa tenang di dalam diri manusia.

Walau sering kali dikaitkan dengan beberapa ajaran agama dan kepercayaan spiritual yang berbeda-beda, meditasi bukan tentang sebuah keyakinan tertentu. Dilansir dari Healthline, meditasi adalah tentang cara menemukan kesadaran dan mencapai kedamaian.

Meditasi bisa menenangkan jiwa. (Sumber- Freepik/alexeyzhilkin)
Meditasi bisa menenangkan jiwa. (Foto- Freepik/alexeyzhilkin)

Meski tidak ada cara yang benar atau salah dalam bermeditasi, penting untuk mengetahui meditasi yang sesuai kebutuhan dan bisa melengkapi dirimu. Sejauh ini, ada beberapa tipe meditasi yang paling populer antara lain mindfulness meditation, spiritual meditation, focused meditation, dan mantra meditation.

Baca juga:

Bekali Tubuh Perangi Virus Corona dengan 3 Zat Ini

Mindfulness meditation atau meditasi kesadaran merupakan salah satu meditasi yang paling populer di dunia bagian Barat. Meditasi yang berasal dari ajaran Buddha ini menggabungkan konsentrasi dengan kesadaran. Jenis meditasi ini cocok untuk mereka yang tidak memiliki guru untuk membimbing mereka karena bisa dilakukan sendiri.

Ada juga meditasi spiritual. Meditasi spiritual sering digunakan pada kepercayaan agama di bagian Timur seperti Hinduisme, Taoisme, dan pada kepercayaan Kristiani. Meditasi spiritual serupa dengan doa. Kita merenungkan keheningan dan mencari hubungan yang lebih dalam dengan Tuhan. Biasanya dibutuhkan beberapa jenis minyak. Beberapa yang kerap digunakan, seperti minyak atsiri, dupa, sage, dan kayu cendana. Meditasi spiritual bisa dilakukan di rumah atau tempat ibadah. Latihan ini bermanfaat bagi mereka yang ingin mencari pertumbuhan secara spiritual.

Mana tipe meditasi yang tepat untukmu?  (Foto- Pexels/Alexy Almond)
Mana tipe meditasi yang tepat untukmu? (Foto- Pexels/Alexy Almond)

Sementara itu, pada focused meditation, kamu harus melibatkan konsentrasi dengan memanfaatkan salah satu panca indera. Meditasi terfokus biasanya melibatkan kegiatan menghitung mote-mote mala, mendengarkan gong, atau menatap lilin yang menyala. Walau terkesan sederhana, praktik ini sulit bagi pemula, terutama ketika hendak mempertahankan fokus mereka setelah beberapa menit. Latihan ini cocok bagi mereka yang membutuhkan fokus lebih di dalam hidup.

Baca juga:

Yuk Sembuhkan Penyakit dengan Terapi Pasir Pantai

Selanjutnya ada mantra meditation. Meditasi mantra sangat menonjol di berbagai ajaran kepercayaan, terutama tradisi Hindu dan Buddha. Jenis meditasi ini menggunakan suara berulang untuk menjernihkan pikiran. Suara tersebut bisa berupa frasa, kata, atau suara 'Om' yang populer.

Meditasi. Pikiranmu bisa jadi lebih jernih. (Foto- Unsplash/Chelsea Gates)
Meditasi membuat pikiranmu jadi lebih jernih. (Foto- Unsplash/Chelsea Gates)

Mantra yang diucapkan bisa dengan suara keras ataupun pelan. Setelah mengucapkan mantra selama beberapa waktu, kamu akan merasa lebih waspada dan selaras dengan lingkungan. Jenis meditasi ini memungkinkanmu untuk mengalami tingkat kesadaran yang lebih dalam.

Dari beberapa tipe meditasi tersebut, mana yang paling pas untukmu?(SHN)

Baca juga:

Kecemasan Sosial, Fenomena yang Muncul Setelah Pandemi

#Kesehatan #Kesehatan Mental
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan