Anti CGI, Christopher Nolan 'Hancurkan' Pesawat 747 di Film 'Tenet' Christopher Nolar Hancurkan Pesawat 747 di Film Tenet (Foto: Youtube/Warner Bros)

FILM dengan sejuta teka-teki. Mungkin kata-kata tersebut dapat menggambarkan secara singkat mengenai film terbaru dari Christopher Nolan yang akan segera tayang pada 17 Juli mendatang. Sutradara asal Inggris ini kembali terlibat dalam produksi film Warner bros yang berjudul Tenet.

Mengutip laman Cinema Blend, film yang diperankan oleh John David Washington dan Robert Pattinson ini memiliki alur cerita yang sulit untuk ditebak. Jika melihat dari trailernya, film yang juga ditulis oleh Nolan tersebut menceritakan tentang perjalanan waktu yang akan dilakukan oleh Tenet, yaitu seorang mata-mata pemerintah untuk mencegah terjadinya perang dunia ke-3.

Baca juga:

Trailer World Premiere Film Tenet akan Tayang di Party Royale Fortnite

Ketika kebanyakan sutradara bergantung kepada Computer-Generated Imagery (CGI) untuk menghasilkan efek visual yang memukau, tapi tidak bagi sutradara Dunkirk ini. Ia mengaku tidak puas dengan adegan-adegan yang menggunakan CGI dalam film terbarunya.

Tenet diperankan oleh John David Washington dan Robert Pattinson (Foto: CinemaBlend)

Oleh karena itu, Nolan memilih cara lain dengan menghancurkan pesawat 747 sungguhan yang akan ditabrakan ke sebuah gedung. Nolan memiliki alasan tersendiri mengapa memilih membeli pesawat 747 yang kemudian dihancurkan hanya untuk sebuah adegan film. Fox News memberitakan Nolan merasa lebih efisien menggunakan pesawat sungguhan dan melakukan adegan ini secara nyata di depan kamera ketimbang menggunakan miniatur dan teknologi CGI.

Baca juga:

'Tenet', Film Terbaru Christopher Nolan yang Dinantikan Banyak Penonton

Tenet bukanlah satu-satunya film garapan Nolan yang tidak menggunakan CGI. Inception dan Dunkirk merupakan film garapan Nolan lainnya yang juga tidak menggunakan teknologi CGI untuk menghasilkan visual sesuai keinginannya. Bahkan, pada pembuatan film Inception, Nolan lebih memilih untuk membuat lorong yang bisa memutar untuk adegan pertarungan di filmnya daripada menggunakan CGI.

Film terbaru Christopher Nolan akan tayang pada 17 Juli mendatang (Foto: CinemaBlend)

Tak mengandalkan teknologi CGI sama sekali, tentunya membuat biaya produksi film Tenet ini jauh lebih mahal dibanding filmnya yang lain. Apalagi Nolan harus mengeluarkan uang untuk membeli pesawat 747.

Melansir laman IndieWire, anggaran produksi film Tenet lebih dari USD205 juta atau setara dengan Rp2,8 triliun. Ketelitiannya dalam membuat setiap adegan tanpa menggunakan teknologi CGI membuat Nolan menjadi salah satu sutradara yang paling disegani dan dihormati. (bel)

Baca juga:

'Tenet', Film Terbaru Christoper Nolan yang Penuh Teka-Teki



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH