Kesehatan

Cara Terbaik Redakan Sakit Menstruasi

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 31 Agustus 2021
Cara Terbaik Redakan Sakit Menstruasi
Diperkirakan, 50 persen perempuan yang mengalami menstruasi mengalami nyeri. (123RF/grinvalds)

KAMU bisa saja sih langsung menggunakan ibuprofen untuk meredakan nyeri yang menyertai datang bulan. Namun, ada beberapa pengobatan alami yang bisa kamu coba ketika gejala menstruasi berubah menjadi nyeri.

Kram, nyeri pinggang, dan sakit kepala hanyalah beberapa dari nyeri haid yang dialami perempuan setiap bulan. Nah, untuk sesuatu yang terjadi setiap 28 hingga 30 hari, siklus menstruasi masih bisa mengejutkan dengan sejumlah gejala tidak nyaman dan menyakitkan.

Nyeri haid, meskipun tidak menyenangkan, sangatlah umum dan biasanya dapat diobati--atau setidaknya dikurangi--dengan pengobatan alami di rumah. Namun, jika kamu mengalami gejala yang mengganggu hingga tidak dapat bekerja atau melakukan kegiatan sehari-hari, mungkin kondisinya lebih serius dan memerlukan bantuan medis.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, diperkirakan, 50 persen perempuan yang mengalami menstruasi mengalami nyeri haid setidaknya satu hingga dua hari per bulan. Tentu saja, intensitasnya bervariasi pada setiap orang, dengan beberapa mengalami kram atau sakit kepala ringan, sementara yang lain berjuang untuk bangun dari tempat tidur.

BACA JUGA:

Pola Makan yang Perlu Dihindari Saat Berusia 50 Tahun

Juga dikenal sebagai dismenore, nyeri haid sebagian disebabkan oleh pelepasan prostaglandin. Bahan kimia alami di lapisan rahim ini menyebabkan otot rahim dan pembuluh darah berkontraksi, jelas Alyssa Dweck, MD, seorang ginekolog dan pembawa acara podcast Business of the V.

"Kontraksi otot rahim terjadi sebentar-sebentar sebelum dan selama aliran, dan membantu peluruhan lapisan rahim yang menebal," jelasnya seperti diberitakan realsimple.com.

Ketika kontraksi ini terjadi, aliran darah terganggu, mengakibatkan rasa sakit. Kamu juga mungkin mengalami nyeri haid jika memiliki kondisi seperti fibroid rahim, kista ovarium, endometriosis, atau infeksi.

Singkatnya, selama kejadian bulanan ini, hormonmu meningkat yang dapat menyebabkan banyak gejala tidak nyaman yang berlalu setelah menstruasi selesai. Berikut empat gejala menstruasi yang menyakitkan dan cara meredakannya.

1. Sensitivitas Payudara

nyeri haid
Nyeri payudara disebabkan oleh kombinasi peradangan dan kelebihan estrogen. (123RF/orawanpat)


Selama siklus menstruasi, payudara bisa terasa sakit saat disentuh. Nyeri payudara disebabkan oleh kombinasi peradangan, kelebihan estrogen, dan ketidakseimbangan rasio natrium terhadap kalium dalam tubuh, jelas Dana Bruck, LAc, MSTCM, salah satu pendiri OVA MOON.

Untuk meredakannya, mulailah dengan memastikan kamu mendapatkan cukup yodium, meningkatkan asupan air, dan mengonsumsi makanan kaya kalium. "Yodium membantu meningkatkan metabolisme estrogen yang sehat dan menurunkan reseptor estrogen, yang penting karena kelebihan estrogen adalah penyebab utama nyeri payudara," kata Bruck. Makanan kaya yodium termasuk rumput laut dan makanan laut, sementara brokoli, bayam, pisang, dan jeruk mengandung kalium.

2. Keram

kram perut
Panas melemaskan otot-otot di tubuh, termasuk rahim, dan membantu meredakan keram. 123RF/kitzcorner


Kontraksi rahim dapat membuatmu merasa mual dan, dalam beberapa kasus, hampir membuat sesak napas. Untuk meredakan keram, kamu dapat menggunakan botol air panas atau bantal pemanas. Seperti yang dijelaskan Bruck, panas melemaskan otot-otot di tubuh, termasuk rahim, dan membantu meredakan keram dengan cepat. Cara lain untuk meredakannya adalah dengan mengonsumsi magnesium dan jahe, yang dapat mengendurkan otot-otot internal dalam dosis yang lebih tinggi, tambahnya. Kamu dapat mengonsumsi suplemen atau membuat teh jahe dengan madu untuk mendapatkan kenyamanan.

BACA JUGA:

Pendidikan Seks Jadi Kunci Hak Otonomi Tubuh

3. Nyeri Pinggang

nyeri haid
Banyak perempuan mengalami nyeri pinggang dan punggung bawah selama menstruasi. (123RF/milkos)


Banyak perempuan mengalami nyeri pinggang dan punggung bawah selama siklus menstruasi, dan pengobatan alami yang sama untuk keram bisa efektif. Seperti yang dikatakan Bruck, botol air panas dan krim arnica topikal adalah obat yang bagus untuk nyeri punggung bawah yang menyertai menstruasi. "Panas dapat memberikan relaksasi segera, dan krim arnica bekerja secara topikal untuk mengurangi peradangan. Memijat area ini juga dapat membawa bantuan yang sangat dibutuhkan," lanjutnya.

4. Sakit Kepala

nyeri haid
Coba oleskan kompres dingin di atas mata dan kepala yang terasa sakit. (123RF/torwai)


Jika kamu sepertinya tidak bisa fokus dan mengalami sakit kepala yang berdenyut-denyut selama periode menstruasi, itu bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin tertentu dalam tubuh. Brock merekomendasikan dosis tinggi jahe atau magnesium (ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, alpukat, pisang, dan banyak lagi), yang dapat membantu mengendurkan ketegangan di kepala yang disebabkan oleh peradangan.

Jika kamu merasa sensitif, coba oleskan kompres dingin di atas mata dan kepala yang terasa sakit. “Juga, pastikan kamu buang air besar secara teratur seminggu sebelum menstruasi karena ini dapat membantu kelebihan estrogen meninggalkan tubuh. Estrogen yang menempel di tubuh bisa menyebabkan sakit kepala saat menstruasi dan juga nyeri haid," demikian Brock.(aru)

BACA JUGA:

Bye-Bye Pipi Chubby

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan