Pendidikan Seks Jadi Kunci Hak Otonomi Tubuh

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 30 Agustus 2021
Pendidikan Seks Jadi Kunci Hak Otonomi Tubuh
Pendidikan seks adalah kunci dari penegakan hak otonomi tubuh bagi perempuan. (Foto: Unsplash/Sonnie Hiles)

PELECEHAN seksual terhadap perempuan kerap kali muncul di zaman yang sudah modern ini. Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengatakan pendidikan seks adalah kunci dari penegakan hak otonomi tubuh bagi perempuan.

Seseorang punya kuasa menentukan apa yang terjadi dengan tubuhnya tanpa ada risiko kekerasan dan paksaan.

“Padahal tidak ada manfaatnya dan merugikan, kalau pada lelaki manfaatnya jelas,” kata Hasto dalam webinar Otonomi Tubuh: Tubuhku adalah Milikku, mengutip ANTARA.

Hasto menyebutkan kurangnya pengetahuan mengenai kesehatan, khususnya perempuan, membuat hak otonomi tubuh kaum hawa dilanggar. Dia mencontohkan praktik sunat perempuan yang dilakukan sebagian orang karena minimnya pengetahuan.

Baca juga:

Dr. Boyke Jagoan Pendidikan Seks Meski Dianggap Tabu

Pendidikan Seks Jadi Kunci Hak Otonomi Tubuh
Seseorang punya kuasa menentukan apa yang terjadi dengan tubuhnya. (Foto: Unsplash/Vinicus Wiesehofer)


Menurut Hasto, jika masyarakat sejak dini diajari tentang tubuh masing-masing, mereka bisa punya pengetahuan mengenai apa yang terbaik untuk diri mereka sendiri. Termasuk praktik pernikahan pada anak yang sistem reproduksinya belum sempurna justru akan merugikan kesehatan, seperti risiko kanker serviks.
Sayangnya, pendidikan seks masih sering diterjemahkan hanya melulu soal hubungan seksual dan kerap masih jadi perbincangan tabu.

Setiap orang, lanjut Hasto, memiliki hak atas otonomi tubuh dan juga berhak untuk membuat pilihan terkait dengan dirinya. Sayangnya, perempuan-perempuan di negara berkembang masih banyak yang belum bisa menggunakan hak tersebut. Tidak semua perempuan tahu dan mengerti bahwa dia berhak memilih urusan kontrasepsi, menikah, hingga urusan mengandung.

“Otonomi tubuh sebagau suatu hak universal tentu ini menjadi bagian yang perlu diperhatikan,” katanya.

Baca juga:

Edukasi Seks Kurang, Angka HIV/AIDS di Indonesia Bertambah

Pendidikan Seks Jadi Kunci Hak Otonomi Tubuh
Masyarakat harus diajari sejak dini. (Foto: Unsplash/freestocks)


Bila hak dan masalah terkait gender telah diatasi, akan tercipta dukungan besar terhadap perwujudan kualitas kesehatan perempuan serta anak perempuan. Jika perempuan berhak untuk menentukan kapan dirinya akan menikah, perkawinan di bawah umur bisa dihindari sehingga masalah-masalah seperti kematian ibu dan bayi akibat kondisi fisik yang belum matang untuk menikah dan melahirkan bisa ditekan.

“Kita masih tetap harus berjuang untuk itu, derajat kesehatan bangsat tentu sangat erat sekali hubugannya kematian ibu dan bayi serta kekerasan pada perempuan. Ini satu hal yang sangat penting untuk kita perhatikan bersama,” tutupnya. (and)

Baca juga:

Jumlah Penderita AIDS di Indonesia Tinggi, Pendidikan Seks Rendah

#Kesehatan #Pendidikan Seksual
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan