Cara Sederhana Putihkan Gigi, Halau Gigi Kuning Gigi putih mudah mendapatkannya. (Foto: Pixabay/geralt)

SIAPA sih yang enggak malu giginya terlihat kuning? Seiring bertambahnya usia, lapisan enamel gigi yang putih akan semakin tipis sehingga lapisan dentin yang berwarna kuning semakin terlihat.

Belum lagi makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat mempercepat perubahan warna gigi menjadi kuning. Hal ini karena adanya kandungan kromogen atau zat warna yang ada pada minuman atau makanan yang masuk lewat mulut. Jangan khawatir mudah saja kok mengatasinya!


Baca Juga:

Meski Sakit Gigi, Kamu Masih Bisa Menikmati 5 Makanan Ini


1. Rajin sikat gigi

gigi
Menyikat gigi cara paling mudah membuat gigi tetap putih. (Foto: Pixabay/Bru-nO)


Cara sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan sikat gigi secara teratur. Saat mandi dan sebelum tidur malam. Semua makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat mengubah warna gigi. Tidak ada cara lain yang lebih efektif untuk menjaga kebersihan dan kesegaran mulut selain menggosok gigi.

Gunakan pasta gigi yang mengandung fluorida untuk membantu membersihkan plak dan menyamarkan noda pada gigi. Cara menggosok giginya pun tidak asal gosok. Lakukan gerakan memutar dari ujung paling belakang ke depan. Jangan menggosok gigi secara keras yang dapat mengikis permukaan pada enamel gigi. Kamu juga bisa menggunakan benang agar menghilangkan sisa makanan pada celah gigi.

2. Baking soda

soda
Baking soda memiliki sifat abrasif. (Foto: Pexels/Kaboompicscom)

Cara ini mungkin salah satu cara yang paling populer. Baking soda termasuk bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Kandungan senyawa abrasif pada baking soda dapat mengikis, melunturkan, dan menyamarkan noda di permukaan gigi.

Alangkah baiknya jika ditambahkan dengan campuran jeruk nipis. Caranya, siapkan setengah sendok teh baking soda dan setengah sendok teh air perasan jeruk nipis. Aduk hingga merata. Setelah itu, taruh campuran tersebut pada sikat gigi dan sikat secara perlahan pada bagian gigi yang kuning selama satu menit dan kumur hingga bersih.

Baca Juga:

Ketika Anak Tumbuh Gigi, Begini Cara Menanganinya


3. Kulit jeruk

jeruk
Gunakan kulit jeruk untuk membersihkan gigi kuning. (Foto: Unsplash/Monika Grabkowska)

Kulit jeruk ternyata mampu membersihkan gigi kuning. Caranya, gosokan kulit jeruk ke bagian gigi secara merata. Lakukan hal ini setiap hari agar hasilnya maksimal.

4. Hindari minuman tertentu

soda
Soda adalah salah satu minuman yang harus dihindari. (Foto: Pexels/rawpixel)

Senyawa yang ada pada minuman ternyata menjadi penyebab mengapa gigi menjadi kuning. Seperti teh, kopi, wine, minuman bersoda, dan minuman manis lainnya. Setiap minuman yang mengadung kafein dan soda dapat mengikis enamel gigi jika dikonsumsi terus menerus. Mungkin sulit untuk menghentikan kebiasaan minum minuman seperti ini. Namun jika tidak dilakukan, maka gigimu akan semakin kuning. (And)

Baca Juga:

Mau Gigi Seputih Salju? Pakai Cara Ini



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH