Meski Sakit Gigi, Kamu Masih Bisa Menikmati 5 Makanan Ini Lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. (Foto: Ask The Dentist)

SIAPA sih yang mau merasakan sakit gigi? Kondisi memang menjadi masalah umum yang menyebabkan rasa sakit dan membuat tidak nyaman, terutama ketika menguyah makanan. Kamu tidak bisa mengonsumsi semua jenis makanan. Belum lagi ketika kita sedang sakit gigi ada saja orang yang membuat kita jengkel. Pasti tambah sakit dan stres.

Dilansir dari laman Alodokter, sakit gigi dapat menjadi tanda adaya penyakit pada bagian tubuh lain yang menimbulkan nyeri yang menjalar ke sekitar gigi. Meskipun tidak mengancam nyawa, segera periksa ke dokter gigi untuk diobati. Bisa jadi itu disebabkan karena pembusukan gigi atau serangan jantung.

Baca juga:

Jangan Salah, Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar

Kondisi ini muncul karena berbagai faktor seperti gigi patah, gigi berlubang, pembusukan gigi, permasalahan pada kawat gigi, hingga kebiasaan menggeretakan gigi. Seseorang akan lebih berisiko terkena sakit gigi apabila sering merokok dan mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Sakit gigi juga membuat kita sulit mengonsumsi makanan, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi pada saat sakit gigi. Buat kamu yang sedang sakit gigi dan bingung mau makan apa, simak lima makanan yang bisa dikonsumsi seperti dilansir dari laman Best Toothache Cure.

1. Sup

Meski Sakit Gigi, Kamu Masih Bisa Menikmati 5 Makanan Ini
Sup bisa menghangatkan tubuhmu. (Foto: Pixabay/Couleur)

Ketika sakit gigi, kamu disarankan untuk tidak menguyah terlalu banyak dan membutuhkan makanan yang lembut. Karena itu, sup lezat menjadi makanan yang bisa kamu konsumsi.

Pastikan sup yang ingin kamu santap tidak terlalu panas karena itu akan memperburuk gigi yang sedang sakit. Nutrisi yang terkandung pada sup juga akan membuat tubuhmu menjadi lebih sehat dan hangat.

2. Kentang panggang atau rebus

Meski Sakit Gigi, Kamu Masih Bisa Menikmati 5 Makanan Ini
Jangan lupa untuk menghaluskannya terlebih dahulu. (Foto: Pixabay/RAMillu)

Jika kamu ingin memuaskan rasa lapar dengan cepat tanpa perlu menguyah secara agresif, kentang panggang atau rebus bisa jadi pilihannya.

Jika kentang sudah matang, kamu harus menghaluskannya terlebih dahulu. Teksturnya yang lembut cocok dikonsumsi selama sakit gigi. Kentang juga dapat meningkatkan energi dalam tubuh.

Baca juga:

Gusi Berdarah saat Sikat Gigi? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

3. Cengkeh

Meski Sakit Gigi, Kamu Masih Bisa Menikmati 5 Makanan Ini
Cengkeh mengandung banyak nutrisi yang baik untuk gigi. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

Cengkeh dianggap sebagai makanan yang menenangkan dan membantu meringankan sakit gigi. Itu karena cengkeh mengandung banyak asam lemak omega-3, mangan, vitamin K dan C, kalsium, serat, dan magnesium.

Selain itu, cengkeh juga memiliki sifat anti-inflamasi yang telah digunakan sejak lama untuk mengobati sakit gigi, kerusakan pada gigi, bahkan parasit pada usus.

4. Yogurt

Meski Sakit Gigi, Kamu Masih Bisa Menikmati 5 Makanan Ini
Yogurt menjadi cemilan yang cocok ketika sakit gigi. (Foto: Pixabay/ponce_photography)

Ingin nyemil tapi lagi sakit gigi? Cemilan dari bahan dasar susu ini bisa jadi pilihan kamu. Yoghurt memiliki tekstur yang lembut dan bisa langsung ditelan tanpa harus dikunyah. Selain aman untuk dikonsumsi, yoghurt juga mengandung kalsium yang baik untuk menyembuhkan gigi yang sakit.

5. Es krim

Meski Sakit Gigi, Kamu Masih Bisa Menikmati 5 Makanan Ini
Es krim selalu disarankan dokter gigi untuk dikonsumsi. (Foto: Pixabay/mp1746)

Es krim mungkin menjadi makanan terbaik untuk dikonsumsi selama sakit gigi. Bahkan setiap dokter gigi pasti memberi saran untuk mengonsumsi es krim.

Hal ini bertujuan agar mengurangi rasa sakit gigi. Es krim mengandung susu yang kaya akan kalsium untuk kesehatan gigi. (And)

Baca juga:

Makanan-Makanan Ini Mesti Dihindari kalau Kamu Pakai Kawat Gigi



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH