Cara Atasi Sakit Perut yang Kerap Datang Tiba-tiba

P Suryo RP Suryo R - Sabtu, 02 Desember 2023
Cara Atasi Sakit Perut yang Kerap Datang Tiba-tiba
Mulas, refluks asam lambung, IBS, intoleransi laktosa, merupakan kondisi-kondisi yang berkontribusi pada ketidaknyamanan perut. (freepik/stefamerpik)

BOLEH dikatakan kalau semua orang pernah mengalami sakit perut atau paling tidak gangguan kenyamanan pada perut. Datangnya tiba-tiba yang menghambat aktivitas kamu. Ketidaknyamanan pada perut, sakit yang umum terjadi dan dapat timbul dari berbagai hal.

Seperti dari makanan yang disantap dengan tergesa-gesa hingga kondisi yang lebih serius. Para ahli memberikan penjelasan mengenai ketidaknyamanan ini dan menawarkan solusi untuk dapat mengatasi sakit.

Baca Juga:

Sakit Perut Bagian Kiri Indikasi Gangguan Kesehatan pada Tubuh

sakit perut
Ketidaknyamanan pada perut, sakit yang umum terjadi dan dapat timbul dari berbagai hal. (freepik/lifestylememory)

Dikutip dari Womens Health Mag, ahli gastroenterologi di DHR Health Gastroenterology Henry Herrera, menjelaskan bahwa sakit perut umumnya terjadi karena iritasi lapisan perut. Meskipun sebagian besar akan hilang dengan sendirinya, namun untuk mengetahui frekuensi dan sifatnya sangat penting.

Kejadian ini disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin sering kita lakukan. Dr. Samantha Nazareth, ahli gastroenterologi, membedakan gejala keracunan makanan yang berkepanjangan dengan rasa sakit yang tiba-tiba dan intens yang menandakan radang usus buntu.

Kemudian Dr. Georgia Close yang berprofesi sama menyoroti dampak kecepatan dalam mengonsumsi makan, yang menyebabkan aerophagia. Sementara kista ovarium dan penyumbatan usus bermanifestasi secara berbeda tetapi memerlukan perhatian segera.

Mulas, refluks asam lambung, IBS, intoleransi laktosa, merupakan kondisi-kondisi yang berkontribusi pada ketidaknyamanan perut. Ini mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Dr. Close menekankan bahwa mengidentifikasi 'gejala-gejala peringatan' seperti kesulitan menelan atau darah dalam tinja memerlukan evaluasi medis yang cepat.

Baca Juga:

Kiat Atasi Sakit Perut Haid Hari Pertama

sakit perut
Jahe dikenal mampu meredakan sakit perut. (Pexels/Karolina Grabowska)

Untuk mengatasi ketidaknyamanan ini, para ahli menyarankan solusi yang sederhana namun efektif:

Mint

Dr. Herrera merekomendasikan spearmint atau peppermint karena sifatnya yang dapat merelaksasi otot, sehingga dapat meredakan sakit perut. Namun, hati-hati bagi kamu yang memiliki refluks asam lambung, karena dapat memperburuk gejala.

Jahe

Jahe dikenal mampu meredakan sakit perut. Profesor di bidang gastroenterologi, Dr. Charlene Prather, menyarankan seduhan jahe untuk meringankan rasa mual dan sakit perut. Meskipun kemungkinan besar dapat memberikan efek buang air besar.

Olahraga ringan

Olahraga ringan membantu pergerakan usus, meningkatkan gerakan peristaltik, seperti yang ditunjukkan oleh para ahli. Namun, olahraga berat setelah makan dapat menyebabkan kram dan mengalihkan aliran darah.

Lapar

Mendengarkan isyarat rasa lapar membantu mencegah kontraksi perut yang menyebabkan ketidaknyamanan, kata para ahli.

Makanan pedas

Menghindari makanan pedas dapat mengurangi risiko refluks asam lambung, penyebab umum ketidaknyamanan di malam hari, saran seorang ahli gastroenterologi, Dr. Minh Nguyen. Mungkin ini sukar bagi Indonesia yang sangat menyukai sambal.

Laman Verywell Health menekankan bahwa jika kamu merasakan sakit pada bagian perut yang perlu dilakukan adalah meminum air putih. Karena dehidrasi adalah salah satu penyebab umum sakit perut dan rehidrasi adalah cara tercepat untuk dapat mengatasinya.

Berlawanan dengan kepercayaan umum, obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti Ibuprofen tidak dianjurkan. Dr. Close memperingatkan adanya efek samping dari penggunaan obat itu justru akan memperburuk gangguan pencernaan.

Memahami sakit perut tentu memerlukan pengenalan dari penyebab dan penggunaan pengobatan yang sesuai. Mengubah gaya hidup, hindari pemicu, dan mencari bantuan profesional jika ketidaknyamanan terus terjadi. (nda)

Baca Juga:

Punya Riwayat Maag? 5 Makanan ini Perlu Dihindari

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan