Sakit Perut Bagian Kiri Indikasi Gangguan Kesehatan pada Tubuh

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 08 Februari 2023
Sakit Perut Bagian Kiri Indikasi Gangguan Kesehatan pada Tubuh
Sakit perut bagian kiri tidak bisa disepelekan karena bisa saja menjadi tanda adanya penyakit yang serius. (freepik/stefamerpik)

TIBA-tiba saja kamu merasakan sakit perut sebelah kiri tidak seperti biasanya. Tahukah, sakit yang kamu rasakan itu disebabkan oleh kondisi ringan, misalnya perut kembung.

Meski sepertinya umum terjadi, sakit perut kiri tidak bisa disepelekan karena bisa saja menjadi tanda adanya penyakit yang serius, seperti batu ginjal atau kista ovarium. Sebenarnya, sakit perut sebelah kiri yang tergolong ringan biasanya akan reda sendiri dalam waktu 1–2 hari.

Bila dalam rentan waktu tadi kamu tidak juga sembuh, segeralah periksakan ke dokter. Ia biasanya akan dapat menduga penyebab sakit perut sebelah kiri dari letak munculnya rasa sakit.

Baca Juga:

Pendiri Spotify Bantu Kembangkan AI Pemindai Kesehatan

perut
Sakit perut bagian kiri ini dapat diringankan dengan perawatan di rumah dengan cara mengompres perut dengan handuk yang telah direndam air hangat. (Pixabay/cottonbro)

Melansir dari laman Alodokter, sakit perut bagian kiri ini terbagi menjadi dua, yaitu di sebelah kiri atas dan kiri bawah perut. Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri berdasarkan letak rasa sakitnya:

Sakit perut sebelah kiri bagian atas


Ada beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri bagian atas, yaitu:

- Serangan jantung

- Nyeri dada

- Perikarditis atau peradangan pada lapisan jantung

- Pankreatitis atau radang pankreas

- Pembesaran limpa

- Pneumonia

- Pleuritis atau peradangan pada lapisan pembungkus paru-paru

- Pneumothorax

- Kostokondritis atau peradangan di tulang rawan

- Tulang rusuk patah

- Cidera

- Endokarditis

- Penyakit usus buntu

Sakit perut sebelah kiri bagian bawah


Biasanya bisa disebabkan oleh beberapa kondisi berikut ini:

- Divertikulitis

- Hernia

- Cacar ular atau cacar api

- Gastroenteritis

- Irritable bowel syndrome (IBS)

- Kanker kolorektal

- Infeksi ginjal

- Penyakit Crohn

- Radang usus besar

- Aneurisma aorta abdominal atau pembengkakan pembuluh darah aorta di dalam perut

- Usus terpelintir

Khusus pada perempuan, sakit perut sebelah kiri bagian bawah bisa disebabkan oleh kista ovarium, kram menstruasi, endometriosis, ovarium terpelintir, kehamilan ektopik, radang panggul, infeksi pada tuba falopi, atau masalah pada leher rahim.

Selain itu, ada beberapa kondisi lain yang juga dapat menyebabkan kamu mengalami sakit perut sebelah kiri, baik di bagian atas maupun bawah. Beberapa kondisi tersebut meliputi konstipasi, keracunan makanan, dan alergi.

Baca Juga:

Kenali Arti Warna di Setiap Emosi

sakit
Kamu dapat mengonsumsi obat-obatan yang sesuai dengan keluhan dan aman dikonsumsi tanpa resep dokter. (freepik/dcstudio)

Penanganan

Penanganan terhadap keluhan sakit perut sebelah kiri harus disesuaikan dengan penyebabnya. Bila sakit perut sebelah kiri tergolong ringan, maka kamu bisa lakukan berikut ini:

- Perawatan di rumah dengan cara mengompres perut dengan handuk yang telah direndam air hangat dan memperbanyak minum air putih. Selain itu kamu harus mengonsumsi makanan bertekstur lembut dengan porsi sedikit tapi berulang, mengunyahnya secara perlahan dan hindari makanan pedas, asam serta berlemak. Saat melakukan perawatan di rumah, sebaiknya kamu juga menghindari konsumsi minuman berkafein, soda, dan alkohol.

- Selain beberapa cara sederhana di atas, untuk mengurangi atau mengatasi sakit perut sebelah kiri, kamu dapat mengonsumsi obat-obatan yang sesuai dengan keluhan dan aman dikonsumsibtanpa resep dokter. Konsumsilah obat Simethicon yang dapat menghilangkan gas di dalam perut, obat Antasida atau peredam asam yang berguna untuk mengatasi sakit perut akibat penyakit asam lambung.

Selain itu kamu dapat minum obat pencahar atau pelunak tinja yang berguna untuk mengatasi sakit perut akibat sembelit. Selanjutnya obat Loperamide atau bismuth subsalicylate, untuk menghilangkan kram perut akibat diare.

Hindari mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), seperti aspirin dan ibuprofen, karena dapat menyebabkan iritasi lambung. Perlu kamu ingat, sakit perut sebelah kiri akibat kondisi yang serius memerlukan penanganan dari dokter, meskipun nyerinya sudah berkurang dengan obat. (dgs)

Baca Juga:

Kehilangan Daya Tarik Seksual Terhadap Pasangan Itu Wajar

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan