Bersihkan Gawai, Droplet COVID-19 Bisa Bertahan Selama Lima Hari Hati-hati ponsel kamu dapat menjadi sarang virus, kuman dan bakteri. (Foto: Unsplash/Olia Nayda)

DOKTER spesialis penyakit dalam Edward Faisal mengungkapkan di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada Rabu (17/6) lalu, bahwa virus corona dapat bertahan di ponsel selama lima hari.

"Saat virus menempel di gawai kita, bisa bertahan sempai lima hari," ungkap Faisal.


Baca Juga:

Jadi Sarang Bakteri, inilah 5 Hal Terjorok di Sekitarmu


Faisal mengatakan bahwa virus bisa menempel di gawai karena kita berpergian ketempat umum seperti kereta commuter line (KRL). Berikut beberapa tips agar pengguna bisa meminimalisir jumlah virus dan bakteri yang menempel di ponsel.

Alkohol dicampur air

ponsel
Ponsel dibawa kemana-mana sudah seharusnya dibersihkan dengan benar. (Foto: Pixabay/rawpixelcom)


Dengan menyampurkan alkohol isopropil dan air lalu menaruhnya ke dalam botol semprot, gunakan pada ponsel lalu dilap dengan kain microfiber. Ini dapat membunuh virus yang menempel pada ponsel kita. Tisu basah biasanya juga mengandung alkohol yang efektif membunuh virus dan bakteri. Pembersih ponsel dapat pula menggunakan lap yang sudah dibasahi antibakteri.


Bersihkan ponsel

ponsel
Selalu bersihkan pula bagian-bagian yang sulit dijangkau pada ponsel. (Foto: Unsplash/Charles)


Pada ponsel banyak sisi-sisi kecil yang sulit dijangkau dengan menggunakan lap. Untuk itu gunakanlah tusuk gigi kayu untuk membersihkan celah-celah kecil. Setelah itu bersihkan dengan kapas kering. Untuk beberapa detail serperti lensa kamera kamu dapat menggunakan kapas yang telah dicelupkan kedalam larutan pembersih dan memutarnya di lensa kamera. Bersihkanlah dengan teliti namun lembut, karena jika kamu bersihkan dengan cara yang kasar dapat menggores ponsel kamu. Membersihkan dengan alkohol bercampur air efektif menyingkirkan virus dan bakteri.


Baca Juga:

Bahaya, Jangan Pernah Bawa Ponsel ke Toilet


Cuka putih

ponsel
Dibersihkan dengan cuka putih efektif membunuh virus dan bakteri. (Foto: Unsplash/Eirik Solheim)


Pakailah cuka putih untuk membersihkan ponsel hasilnya efektif membunuh virus dan bakteri. Campurkan cuka putih dan air dengan komposisi 50:50. Basahilah kain mikrofiber dan cotton bud lalu lakukan pembersihan dengan teliti pada seluruh badan ponsel.

Ponsel di toilet

toilet
Bukan tindakan pintar membawa ponsel ke toilet. (Foto: Unsplash/Ante Hamersmit)


Toilet sudah dimaklumi menjadi sarang bakteri dan virus. Tak mengherankan bila ruangan ini memiliki jadwal pembersihan paling ketat. Untuk itu tak ada salahnya meminimalisir penggunaan ponsel selama di toilet. Ini untuk mencegah paparan bakteri dan virus pada ponsel.

Jamin Brahmbhatt, MD, seorang urolog di Pusat Medis Orlando, Florida, mengonfirmasi bahwa menggunakan ponsel di toilet bukanlah tindakan yang pintar. Mengingat toilet merupakan tempat yang amat kotor.

"Bakteri tersebar di seluruh toilet. Mulai dari penyiram, gagang pintu, hingga dudukan toilet. Kamu mungkin mencuci tangan, tapi kamu tidak mencuci ponselmu kan," ujar Brahmbhatt kepada Health. (ray)


Baca Juga:

Cara Membersihkan Smartphone Agar Terbebas dari Kuman


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH